Pengkhianatan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
HsfBot (bicara | kontrib)
k v2.04b - Fixed using Wikipedia:ProyekWiki Cek Wikipedia (Kesalahan pranala pipa)
Baris 1: Baris 1:
{{otheruses}}
{{otheruses}}


'''Pengkhianatan''' adalah bentuk pemutusan, perusakan, atau [[wiktionary:violation|pelanggaran]] terhadap suatu [[kontrak]] praduga, persetujuan, kerja sama, [[kepercayaan]], atau [[Kepercayaan|keyakinan]], yang menciptakan konflik secara [[moral]] dan psikologis dalam hubungan antarindividu, antarorganisasi, atau antara individu dan organisasi. Sering kali pengkhianatan dapat berupa tindakan untuk mendukung kelompok musuh atau saingan, atau juga berupa bentuk pemutusan hubungan kerja sama secara penuh dengan mengabaikan aturan atau [[Norma sosial|norma]] yang sebelumnya diputuskan atau disepakati bersama. Seseorang yang mengkhianati orang lain disebut '''pengkhianat'''. Pengkhianatan juga merupakan salah satu elemen sastra yang umum digunakan, yang juga digunakan dalam karya fiksi seperti film dan serial TV, dan sering dikaitkan dengan atau digunakan sebagai [[Plot twist|''plot twist'']].
'''Pengkhianatan''' adalah bentuk pemutusan, perusakan, atau [[wiktionary:violation|pelanggaran]] terhadap suatu [[kontrak]] praduga, persetujuan, kerja sama, [[kepercayaan]], atau [[Kepercayaan|keyakinan]], yang menciptakan konflik secara [[moral]] dan psikologis dalam hubungan antarindividu, antarorganisasi, atau antara individu dan organisasi. Sering kali pengkhianatan dapat berupa tindakan untuk mendukung kelompok musuh atau saingan, atau juga berupa bentuk pemutusan hubungan kerja sama secara penuh dengan mengabaikan aturan atau [[Norma sosial|norma]] yang sebelumnya diputuskan atau disepakati bersama. Seseorang yang mengkhianati orang lain disebut '''pengkhianat'''. Pengkhianatan juga merupakan salah satu elemen sastra yang umum digunakan, yang juga digunakan dalam karya fiksi seperti film dan serial TV, dan sering dikaitkan dengan atau digunakan sebagai ''[[plot twist]]''.


== Lihat juga ==
== Lihat juga ==

Revisi per 6 Agustus 2021 02.36

Pengkhianatan adalah bentuk pemutusan, perusakan, atau pelanggaran terhadap suatu kontrak praduga, persetujuan, kerja sama, kepercayaan, atau keyakinan, yang menciptakan konflik secara moral dan psikologis dalam hubungan antarindividu, antarorganisasi, atau antara individu dan organisasi. Sering kali pengkhianatan dapat berupa tindakan untuk mendukung kelompok musuh atau saingan, atau juga berupa bentuk pemutusan hubungan kerja sama secara penuh dengan mengabaikan aturan atau norma yang sebelumnya diputuskan atau disepakati bersama. Seseorang yang mengkhianati orang lain disebut pengkhianat. Pengkhianatan juga merupakan salah satu elemen sastra yang umum digunakan, yang juga digunakan dalam karya fiksi seperti film dan serial TV, dan sering dikaitkan dengan atau digunakan sebagai plot twist.

Lihat juga

Referensi

Daftar pustaka

  • Robin Marie Kowalski (2009). "Betrayal". In Harry T. Reis; Susan Sprecher; Susan K. Sprecher (eds.). Encyclopedia of Human Relationships. 1. SAGE. pp. 174–176. ISBN 978-1-4129-5846-2.
  • James Allen Grady (2008). "Betrayal". In Yudit Kornberg Greenberg (ed.). Encyclopedia of love in world religions. 1. ABC-CLIO. pp. 74–76. ISBN 9781851099801.
  • Freyd, Jennifer J. (2008). "Betrayal trauma". In G. Reyes; J.D. Elhai; J.D.Ford (eds.). Encyclopedia of Psychological Trauma. New York: John Wiley & Sons. p. 76.
  • Nachman Ben-Yehuda (2001). Betrayal and treason: violations of trust and loyalty. Crime & society. Westview Press. ISBN 978-0-8133-9776-4. 
  • Gilbert Reyes; Jon D. Elhai & Julian D. Ford (2008). "Betrayal trauma". The Encyclopedia of Psychological Trauma. John Wiley and Sons. ISBN 978-0-470-44748-2.
  • Alan L. Hensley (2009). "Betrayal Trauma: Insidious Purveyor of PTSD". In George W. Doherty (ed.). Return to Equilibrium: The Proceedings of the 7th Rocky Mountain Region Disaster Mental Health Conference. Loving Healing Press. ISBN 978-1-932690-86-6.
  • Malin Åkerström (1991). Betrayal and betrayers: the sociology of treachery. Transaction Publishers. ISBN 978-0-88738-358-8. 
  • Warren H. Jones; Laurie Couch; Susan Scott (1997). "Trust and Betrayal". Dalam Robert Hogan; John A. Johnson; Stephen R. Briggs. Handbook of personality psychology. Gulf Professional Publishing. ISBN 978-0-12-134646-1.