Penggalan kehidupan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Bruh
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: menambah {{Authority control}}
Baris 14: Baris 14:


{{Genre film}}
{{Genre film}}
{{Authority control}}


[[Kategori:Genre sastra]]
[[Kategori:Genre sastra]]

Revisi per 27 Juli 2021 01.23

Potongan kehidupan atau penggalan kehidupan (Inggris: slice of life) menggambarkan penampilan pengalaman sehari-hari dalam seni dan hiburan.[1] Dalam teater, istilah ini merujuk pada naturalisme, sementara dalam bahasa sastra istilah itu adalah teknik naratif yang urutan peristiwanya tampaknya berpengaruh dalam kehidupan karakter yang disajikan, sering kali kurang pengembangan pada alur, konflik dan eksposisi, dan memiliki akhir yang terbuka.

Film dan teater

Dalam bahasa sastra, istilah ini merujuk pada representasi naturalistik kehidupan nyata, terkadang digunakan sebagai kata sifat, seperti di dalam drama dengan dialog "potongan kehidupan". Istilah ini berasal dari tahun 1890 dan 1895 sebagai calque dari frasa bahasa Prancis tranche de vie, yang dikreditkan kepada dramawan Prancis, Jean Jullien (1854–1919).[2]

Animasi dan komik Jepang

Dalam buku Robin E. Brenner tahun 2007 yang berjudul "Understanding manga and anime" memperlihatkan bahwa dalam anime dan manga, "slice of life" merupakan sebuah genre yang mirip dan dekat dengan melodrama dibandingkan dengan drama, yang berbatasan absurd karena sejumlah besar peristiwa dramatis dan komedi terjadi dalam rentang yang sangat singkat. Genre ini menguasai sebagian besar dari pasar manga Jepang dan biasanya berfokus pada sekolah, yang merupakan kekuatan paling dominan dalam kehidupan anak muda, termasuk hubungan interpersonal, baik di dalam maupun di luar keluarga mereka.[3] Temanya biasanya berkisar dari remaja, hubungan antarpribadi, keluarga, romansa, hingga fantasi dan fiksi ilmiah.[3] Pengaturan narasi sering kali mencakup pada suasana kafe dan restoran dan juga memperkenalkan tren atau kelompok tertentu, yang sering kali berasal dari luar masyarakat.[3]

Referensi

  1. ^ Jewell, Elizabeth J. & Abate, Frank R. (editors) (September 2001). "Slice of Life". The New Oxford American Dictionary (edisi ke-1). Oxford University Press. ISBN 0-19-511227-X. 
  2. ^ "Slice of life". Random House Unabridged Dictionary. 2006. 
  3. ^ a b c Brenner, Robin (2007). Understanding Manga and Anime. Westport, CT: Greenwood Publishing Group. hlm. 112. ISBN 978-1-59158-332-5. 

Pranala luar