Efek khusus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
InternetArchiveBot (bicara | kontrib)
Rescuing 0 sources and tagging 1 as dead.) #IABot (v2.0.8
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Special Effects''' atau '''Efek Spesial''' Dalam bahasa Indonesia bisa disebut Efek Khusus (sering disingkat sebagai '''SFX''', '''SPFX''', atau '''FX''' saja) adalah Ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam [[film]], televisi, teater, video game, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa yang digambarkan dalam cerita atau dunia maya.
'''Efek spesial''' atau '''efek khusus''' ({{lang-en|Special Effects}}, sering disingkat sebagai '''SFX''', '''SPFX''', atau '''FX''' saja) adalah ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam [[film]], acara televisi, teater, permainan video, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa yang digambarkan dalam cerita atau dunia maya.


Efek Khusus dibagi dalam dua bagian yaitu: [[Efek Visual]] dan [[Efek Khusus Praktis]]
Efek Khusus dibagi dalam dua bagian yaitu: [[Efek Visual]] dan [[Efek Khusus Praktis]]

Revisi per 29 Juni 2021 07.22

Efek spesial atau efek khusus (Inggris: Special Effects, sering disingkat sebagai SFX, SPFX, atau FX saja) adalah ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam film, acara televisi, teater, permainan video, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa yang digambarkan dalam cerita atau dunia maya.

Efek Khusus dibagi dalam dua bagian yaitu: Efek Visual dan Efek Khusus Praktis

Berbeda dengan VF?X atau efek visual yang lebih mengandalkan CGI (Computer Generated Imagery). Efek Khusus praktis menggunakan cara manual atau teknik-teknik yang dibuat secara langsung ketika dilakukan proses ambil gambar / syuting (shooting).

Sejak 1990, Computer generated imaginery (CGI) telah memulai ke garis depan dari teknologi efek khusus. Ini memberikan kontrol yang lebih besar dalam membuat film, dan memungkinkan banyak efek yang akan dicapai lebih aman dan meyakinkan dan dengan biaya lebih rendah. Pada perkembangannya kemudian efek khusus praktis digabungkan dengan efek visual untuk dapat menyempurnakan hasil akhirnya.

Pranala luar