Vasily Karazin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi '{{short description|Russian scientist}} {{Use dmy dates|date=December 2016}} {{Infobox person | name = Vasily Karazin | image = Karazin - En...'
 
InternetArchiveBot (bicara | kontrib)
Rescuing 1 sources and tagging 0 as dead.) #IABot (v2.0.8
Baris 72: Baris 72:
{{Commons category|Vasilij Karazin}}
{{Commons category|Vasilij Karazin}}
*{{in lang|uk|ru}} "An Enthusiastic 'Ukrainian Lomonosov'", ''[[Zerkalo Nedeli]]'', #1(376), 5 January 2002 Available online [http://www.zerkalo-nedeli.com/ie/show/376/33410/ in Russian] and [http://www.zn.kiev.ua/ie/show/376/33410/ in Ukrainian].
*{{in lang|uk|ru}} "An Enthusiastic 'Ukrainian Lomonosov'", ''[[Zerkalo Nedeli]]'', #1(376), 5 January 2002 Available online [http://www.zerkalo-nedeli.com/ie/show/376/33410/ in Russian] and [http://www.zn.kiev.ua/ie/show/376/33410/ in Ukrainian].
*{{in lang|uk}} [http://korolenko.kharkov.com/karazin.htm Vasyl Karazin. Bibliography]
*{{in lang|uk}} [http://korolenko.kharkov.com/karazin.htm Vasyl Karazin. Bibliography] {{Webarchive|url=https://web.archive.org/web/20110713145321/http://korolenko.kharkov.com/karazin.htm |date=2011-07-13 }}
*{{in lang|ru}} [http://az.lib.ru/b/baratynskij_e_a/text_0101.shtml A.M Peskov ''Boratynsky'']
*{{in lang|ru}} [http://az.lib.ru/b/baratynskij_e_a/text_0101.shtml A.M Peskov ''Boratynsky'']



Revisi per 25 Juni 2021 20.12

Vasily Karazin
Lahir(1773-01-30)30 Januari 1773
Desa Kruchyk di Kegubernuran Ukraina Sloboda di Kekaisaran Rusia (hari ini Ukraina)
Meninggal4 November 1842(1842-11-04) (umur 69)
Nikolaev dari Kegubernuran Rusia Baru di Kekaisaran Rusia (hari ini Ukraina)
KebangsaanRussian
Warga negaraKekaisaran Rusia
Dikenal atasPendiri dari Universitas Kharkov

Vasily Nazarovich Karazin (Rusia: Васи́лий Наза́рович Кара́зин; 30 Januari 1773 – 4 November 1842) adalah seorang tokoh, intelektual, penemu, pada masa Pencerahan Rusia juga pendiri Kementerian Pendidikan Nasional di Kekaisaran Rusia dan penerbit ilmiah. Dia adalah pendiri Imperial Universitas Kharkov (sekarang Universitas Nasional V. N. Karazin Kharkiv).

Biografi

Vasily Karazin

Karazin lahir di desa Kruchik, Kegubernuran Kharkov di Kekaisaran Rusia (sekarang Ukraina). Ayahnya adalah Nazary Aleksandrovich Karazin, seorang perwira Rusia Tentara Kekaisaran yang terkenal karena keterlibatannya dalam pemberontakan Pârvu Cantacuzino tahun 1769 di Wallachia . Ibu Karazin, Varvara, berasal dari bangsawan Rusia dan sebagian keturunan Cossack starshyna.[1] Vasily Karazin menganggap dirinya sebagai etnis Serbia, meskipun keluarga pihak ayah awalnya dikenal sebagai Karadji, yang berasal dari Yunani.[2] Ia menikah dengan Alexandra Karazina (née Mukhina) dari Moskow, yang dikenal sebagai salah satu penerjemah lepas sastra Prancis ke [[bahasa Rusia|Rusia] ]; ayah tirinya adalah mayor Jenderal Kekaisaran Rusia Egor von Blankennagel.

Karazin dididik di sekolah-sekolah untuk kaum bangsawan di Kharkov dan kemudian di Kremenchug. Pada usia delapan belas tahun, ia berangkat ke Saint Petersburg, dan menjalani pelatihan militer di Resimen Senapan Independen Semyonovsky ke-1. Dia juga belajar di School of Mines, salah satu institusi pendidikan terbaik di Kekaisaran Rusia pada waktu itu. Karazin tidak senang di lingkungan ini, dan sering bereaksi terhadap sopan santun dan adat istiadat yang dibenarkan oleh kaum bangsawan pada masa itu. Tidak puas dengan dinas militernya, ia pindah kembali ke desanya dan menikahi seorang gadis budak berusia empat belas tahun.

Pada tahun 1798, Karazin berusaha meninggalkan Rusia karena penentangannya terhadap kebijakan Kaisar Rusia Paul I, tetapi ditolak paspor. Setelah dia berusaha melintasi perbatasan secara ilegal, dia dengan cepat ditangkap.

Ketika Alexander I mengambil alih kekuasaan, Karazin mulai mengajukan petisi kepadanya dengan pandangannya tentang pembangunan pemerintah, menunjukkan kebutuhan negara untuk berinvestasi dalam pendidikan. Pada tahun 1802 ia memperoleh izin tsar untuk membuka universitas di Kharkov. Pada 1 September tahun itu, selama pertemuan bangsawan Kharkov, dia memberikan pidato terkenal tentang manfaat memiliki universitas, meminta sumbangan sukarela. Karena kekurangan dana dan perlengkapan akademik, Karazin berjuang untuk mencapai prioritas pendidikannya. Elit lokal lebih suka memiliki perguruan tinggi militer di kota.[1]

Pelukis dan penulis Rusia Nikolay Karazin adalah cucunya.

Referensi

  1. ^ a b What Makes Kharkiv Ukrainian, The Ukrainian Week (23 November 2014)
  2. ^ Solovyev, Sergey (1976). History of Russia, Volume 46. Academic International Press. hlm. 210. ISBN 9780875691282. 

Pranala luar