IndiHome: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
AdhiOK (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Pengembalian manual Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
AdhiOK (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 31: Baris 31:
[[Kategori:Teknologi informasi]]
[[Kategori:Teknologi informasi]]
[[Kategori:Telkom Indonesia]]
[[Kategori:Telkom Indonesia]]
[[Kategori:Penyelenggara jasa internet Indonesia]]
[[Kategori:Penyedia televisi berlangganan di Indonesia]]
[[Kategori:Penyedia televisi berlangganan di Indonesia]]

Revisi per 17 Juni 2021 06.37

Logo dari Indihome

Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.[1]

Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.[2] Sejak diluncurkannya IndiHome, pelanggan yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih menggunakan IndiHOME, karena layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.[3]

IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015.[2] IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015.[2] Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng sejumlah pengembang teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.[2]

Perkembangan

Telkom mengklaim produk Indihome telah dipesan sebanyak 2000 setiap harinya pelanggan sepanjang tahun 2015.[4] Pelanggan dengan respon terbaik berada di Jabodetabek.[4] Dan, hingga Mei 2015, jumlah pelanggan IndiHOME telah mencapai 350 ribu pelanggan di seluruh Indonesia.[3] Lalu, pada 20 Mei, Telkom menghadirkan teknologi 4K TV untuk IPTV.[5]

Paket dan Layanan

Saat ini Indihome menyediakan beberapa paket layanan antara lain paket Single Play, Dual Play dan Triple Play[6].

  • Single Play menyediakan koneksi Fiber Optik dengan layanan Internet dengan atau tanpa telepon rumah.[7]
  • Dual play menyediakan koneksi Fiber Optik dengan layanan internet dan telepon rumah.
  • Triple Play menyediakan koneksi Fiber Optik dengan layanan internet, telepon rumah, dan IPTV UseeTV.

Sementara untuk layanan telepon rumah saja, pelanggan harus lebih dulu mendatangi Plasa Telkom setempat, untuk ketersediannya.

Kontroversi

Pemblokiran Netflix oleh IndiHome

Menyusul masuknya Netflix di Indonesia pada bulan Januari 2016, Grup Telkom, termasuk IndiHOME memblokir layanan tersebut.[8] Beberapa pengguna yang ingin mengakses Netflix kemudian memindahkan penyedia layanan pada perusahaan lain, dan mendapati bahwa nomor telepon rumahnya yang telah digunakan selama puluhan tahun ikut dicabut.[9]. Namun sebagai Jawaban atas kontroversi ini, kini IndiHome menyediakan layanan DUAL PLAY dan TRIPLE PLAY.[6] Per Juli 2020, Netflix kini bisa diakses melalui layanan IndiHome dan melalui beberapa layanan milik Telkom Group yang lainnya.

Paket internet tak terbatas yang dibatasi

Per 1 Februari 2016 Telkom menerapkan kebijakan FUP (Fair Usage Policy) kepada pelanggannya.[1] Kebijakan FUP merupakan pembatasan kecepatan akses data/internet berdasarkan penggunaan layanan akses internet setelah mencapai jumlah, atau volume data tertentu dalam rentang waktu tertentu.[1] Hal ini menjadi masalah karena layanan yang diterapkan FUP adalah layanan tanpa batas (unlimited).[1] Walaupun banyak penyedia internet lain menerapkan FUP, IndiHOME tidak mengkomunikasikan hal ini pada awal layanan dijual, melainkan diterapkan kemudian tanpa banyak sosialisasi sebelumnya.[1]

Rujukan

  1. ^ a b c d e Berita Tagar: FUP dan Kuota Internet Tak Terbatas
  2. ^ a b c d "Telkom Solution | Sukseskan Indonesia Digital Network 2015, Telkom luncurkan 'IndiHome Ready'". telkomsolution.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  3. ^ a b "Telkom Speedy Dihentikan, Pelanggan Dirayu Pindah ke IndiHome". cnnindonesia.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  4. ^ a b "Tiap Hari, 2.000 Pelanggan Antre Pasang IndiHome". detik.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  5. ^ "Telkom persenjatai Indihome dengan teknologi 4K TV – ANTARA News". antaranews.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk meningkatkan kualitas layanan Indihome Fiber dengan menggelar teknologi 4K TV yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati siaran televisi beresolusi tinggi serta internet dengan kecepatan akses hingga lebih dari 50 Mbps. 
  6. ^ a b "INDIHOME FIBER PACKAGE | IndiHome Fiber | Internet Cepat". www.indihome.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-20. Diakses tanggal 2017-01-26. 
  7. ^ "Harga Paket Indihome Perbulan Unlimited 2018 - ITnesia.com". ITnesia.com (dalam bahasa Inggris). 2018-08-16. Diakses tanggal 2018-08-16. 
  8. ^ "Telkom Group Blokir Netflix". detik.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. Layanan video streaming Netflix dipastikan tak akan bisa diakses melalui broadband Indihome, WiFi.id, dan akses seluler Telkomsel karena telah resmi diblokir oleh Telkom Group. 
  9. ^ "Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Rumah Juga Dicabut?". kompas.com. Diakses tanggal 2 Februari 2016. Layanan Indihome Telkom kini seolah menjadi bumerang bagi pengguna yang ingin berhenti berlangganan. Pasalnya, jika ingin berhenti layanan internetnya, maka semua produk Telkom yang ada akan dicabut, termasuk telepon rumah. 

Pranala luar