Wikipedia:EUforia Wiki4HumanRights/Tanya jawab&tutorial: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Elis (WMID) (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Elis (WMID) (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
 
Baris 158: Baris 158:
#*Sistem hierarki judul yang baik; serta
#*Sistem hierarki judul yang baik; serta
#*Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan (lihat [[Bantuan:Bagian|bantuan bagian]])
#*Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan (lihat [[Bantuan:Bagian|bantuan bagian]])
#Memiliki gambar yang tepat untuk subjek, disertai dengan keterangan gambar dan status hak cipta yang dapat diterima. (Bobot nilai 10%)
#Memiliki gambar yang tepat untuk subjek, disertai dengan keterangan [[Wikipedia:Pedoman_gaya/Gambar|gambar]] dan status [[Wikipedia:Hak_cipta|hak cipta]] yang dapat diterima. (Bobot nilai 10%)
#Fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detail yang tidak perlu (lihat [[Wikipedia:Gaya_ringkasan|gaya ringkasan]]) .
#Fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detail yang tidak perlu (lihat [[Wikipedia:Gaya_ringkasan|gaya ringkasan]]) .
#Minimal 50.000 bita (karakter).
#Minimal 50.000 bita (karakter).

Revisi terkini sejak 10 Juni 2021 03.25


1 Juni - 14 Juli 2021

Halaman utama

Teknis kompetisi

Tanya jawab & tutorial

Daftar artikel

Tanya komunitas


Tentang Teknis Wikipedia
Saya mengalami kesulitan ketika ingin masuk log (log in) di Wikipedia bahasa Indonesia. Apa yang harus saya lakukan?
Pastikan Anda telah mengikuti prosedur di video tutorial yang bisa Anda akses di sini. Selain itu, pastikan nama pengguna yang akan anda buat belum ada di Wikipedia.


Ketika mendaftarkan akun di Wikipedia, saya tidak bisa melakukannya, karena akses diblokir. Bagaimana caranya?
Kemungkinan alamat IP yang Anda gunakan diblokir oleh salah satu pengurus Wikipedia atau Meta (yang mengurus situs web Wikimedia secara global) karena digunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Solusinya, ketika ingin mendaftar akun, Anda bisa gunakan koneksi internet lain terlebih dahulu. Setelah terdaftar, Anda dapat masuk log (log in) dan menyunting menggunakan koneksi internet semula.


Rujukan mana saja yang bisa digunakan sebagai referensi?
Rujukan yang digunakan di Wikipedia haruslah dari sumber-sumber tepercaya. Situs yang digunakan wajib memiliki dewan redaksi, bukan situs abal-abal, blog pribadi, atau situs user generated content. Wikipedia bahasa lainnya tidak dapat digunakan sebagai rujukan. Jurnal pun diusahakan, sebisa mungkin, yang merupakan akses terbuka (open access) agar pengguna lain juga bisa mengecek keabsahan referensi tersebut. Jurnal predator tidak diperbolehkan untuk digunakan.


Apakah saya wajib memberikan rujukan?
Anda wajib memberikan rujukan untuk setiap konten yang Anda tambahkan. Konten yang ditambahkan tanpa rujukan tidak dapat diverifikasi kebenaran informasinya dan dapat dihapus oleh pengurus atau pengguna Wikipedia lainnya.


Apa yang dimaksud dengan “bita”?
Bita dalam Wikipedia adalah satuan jumlah karakter yang ada pada artikel Wikipedia. Satuan ini juga dapat digunakan untuk melihat seberapa lengkap atau seberapa komprehensifnya pembahasan artikel tersebut. Misalnya ada artikel dengan ukuran 20.000 bita, maka artikel tersebut memiliki 20.000 karakter. Anda dapat melihat ukuran “bita” di halaman Versi Terdahulu artikel Anda.


Saya menambahkan konten pada artikel, namun tidak muncul. Apa yang terjadi?”?
Saat ini, Wikipedia Bahasa Indonesia memberlakukan validasi artikel pada sebagian artikel yang dirasa penting. Apabila Anda pengguna yang baru bergabung menyunting artikel tersebut, maka akan muncul sebagai revisi tertunda. Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat melaporkan hal tersebut melalui surel euforia@wikimedia.or.id. Selama suntingan Anda membangun, panitia akan menyetujui suntingan Anda. Namun, pastikan Anda telah menambahkan informasi yang signifikan agar Anda tidak perlu berulang kali mengajukan penyetujuan suntingan.


Tentang Teknis Kompetisi
Apabila setelah saya mengumpulkan artikel, ada yang merusak (vandalisme) artikel saya, apakah suntingan saya tetap akan dihitung oleh panitia?
Seluruh suntingan di Wikipedia akan tercatat, suntingan vandal atas nama pengguna lain tidak akan memberatkan pengguna yang menyunting dengan benar.


Apakah saya boleh menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain?
Anda tidak diperbolehkan menerjemahkan dari Wikipedia lain dan harus menulis sendiri.


Bagaimana jika terjadi suntingan yang dilakukan oleh pengguna lain dalam artikel yang berusaha saya tulis?
Untuk mencegah hal tersebut, tambahkan templat {{sedang ditulis}} di dalam artikel Anda sebagai notifikasi bagi pengguna lain untuk sementara tidak menyunting artikel tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Two column edit conflict (Konflik penyuntingan dua kolom) pada menu Beta untuk berjaga-jaga apabila terjadi konflik suntingan dengan pengguna lain.


Tentang Teknis Penulisan
Apa saja syarat artikel kelas B dan artikel bagus?
Syarat artikel kelas B dan artikel bagus adalah sebagai berikut:

Artikel kelas B

  • Subjudul minimal 5 buah (selain referensi/catatan kaki/daftar rujukan/pranala luar)
  • Minimal 25.000 bita (karakter)
  • Minimal 8 referensi


Artikel bagus

  1. Ditulis dengan baik, luas, memiliki fakta akurat, netral, tetap fokus pada topik dan stabil. (Bobot nilai 55%)
    • "Ditulis dengan baik" yang artinya prosanya memiliki alur dan perumusan kalimat yang baik.
    • "Luas" berarti bahwa artikel membahas semua aspek utama.
    • "Fakta akurat" berarti bahwa pernyataan-pernyataan dapat dipastikan (lihat pemastian) ke sumber tepercaya dan secara akurat merepresentasikan materi pengetahuan yang terpublikasi. Pernyataan didukung dengan bukti spesifik dan kutipan luar; mencakup pengisian bagian "Referensi" yang mencantumkan sumber dan jika memungkinkan dilengkapi dengan kutipan dalam badan artikel. Bentuk catatan kaki dianjurkan untuk ini.
    • "Netral" berarti bahwa artikel mewakili pandangan secara adil dan tanpa bias (lihat sudut pandang netral). Namun, artikel tidak harus memberikan liputan terhadap pandangan minoritas secara berimbang.
    • "Stabil" berarti bahwa artikel bukan merupakan bahan perang suntingan dan bahwa isinya tidak berubah secara berarti dari hari ke hari; pembalikan vandalisme dan pengembangan berdasarkan usulan peninjau tidak termasuk dalam pengertian ini.
  2. Sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya (Bobot nilai 15%), termasuk:
    • Bagian pembuka yang menyimpulkan seluruh topik dan menyiapkan pembaca untuk detail lebih lanjut dalam bagian-bagian berikutnya;
    • Sistem hierarki judul yang baik; serta
    • Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan (lihat bantuan bagian)
  3. Memiliki gambar yang tepat untuk subjek, disertai dengan keterangan gambar dan status hak cipta yang dapat diterima. (Bobot nilai 10%)
  4. Fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detail yang tidak perlu (lihat gaya ringkasan) .
  5. Minimal 50.000 bita (karakter).