Nabi-nabi besar: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Perubahan kosmetika
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Daniel Ezekiel Jeremiah Isaiah Gesu Rome.jpg|jmpl|''Fresco'' "Daniel, Yehezkiel, Yeremia dan Yesaya" di Gereja [[Church of the Gesu]] ]]
[[Berkas:Daniel Ezekiel Jeremiah Isaiah Gesu Rome.jpg|jmpl|''Fresco'' "Daniel, Yehezkiel, Yeremia dan Yesaya" di Gereja [[Church of the Gesu]] ]]
'''Nabi-nabi Besar''' adalah suatu bagian dalam [[Tanakh|Kitab Suci Ibrani]] dan bagian [[Perjanjian Lama]] di [[Alkitab]] [[Kristen]]. Istilah "Nabi Besar" lebih dipakai oleh orang Kristen, karena [[Alkitab Ibrani]] tidak mengelompokkan kitab-kitab ini bersama-sama dan juga tidak memasukkan [[Kitab Barukh]]. Pengelompokan yang mirip dalam Alkitab Ibrani adalah [[Nevi'im]]. Urutan nabi-nabi besar dalam Alkitab Kristen adalah:
'''Nabi-nabi besar''' adalah salah satu pembagian yang termasuk dalam kelompok [[kitab-kitab kenabian]] di [[Perjanjian Lama]] [[Alkitab]] [[Kristen]], yang tidak digunakan dalam [[Alkitab Ibrani]]. Istilah "nabi-nabi besar" dipakai oleh Alkitab Kristen, karena tidak semua kitab dalam kelompok ini dikategorikan dalam kelompok yang sama dalam [[Alkitab Ibrani]]. Istilah "besar" di sini merujuk pada isi kitab yang lebih tebal atau panjang daripada [[kitab-kitab kenabian]] yang lebih pendek yang dikelompokkan dalam [[nabi-nabi kecil]], bukan pada nilai kepentingan atau pencapaian dari nabi yang disebutkan oleh kitab tersebut. Urutan nabi-nabi besar dalam Alkitab Kristen adalah:


* [[Kitab Yesaya]]
* [[Kitab Yesaya]], termasuk dalam [[Nevi'im]] di Alkitab Ibrani.
* [[Kitab Yeremia]]
* [[Kitab Yeremia]], termasuk dalam Nevi'im di Alkitab Ibrani.
* [[Kitab Ratapan]], juga disebut Ratapan Yeremia (dimasukkan ke dalam [[Ketuvim]] di Alkitab Ibrani)
* [[Kitab Ratapan]], juga disebut "Ratapan Yeremia" dalam beberapa versi; termasuk dalam [[Ketuvim]] di Alkitab Ibrani
* [[Kitab Barukh]], tergolong [[deuterokanonika]]; ada versi yang menempatkan sebelum Kitab Ratapan. Termasuk dalam kanon [[Alkitab Katolik]] dan [[Kekristenan Timur]]. Tidak termasuk dalam Alkitab Ibrani, juga tidak masuk dalam [[Alkitab Protestan]].
* [[Kitab Barukh]], tergolong [[deuterokanonika]]; termasuk dalam kanon [[Alkitab Katolik]] dan [[Kekristenan Timur]], dan biasanya ditempatkan sebelum Kitab Ratapan dalam kanon; tidak termasuk dalam Alkitab Ibrani dan [[Alkitab Protestan]].
* [[Kitab Yehezkiel]]
* [[Kitab Yehezkiel]], termasuk dalam Nevi'im di Alkitab Ibrani.
* [[Kitab Daniel]] (dimasukkan ke dalam [[Ketuvim]] di Alkitab Ibrani)
* [[Kitab Daniel]], termasuk dalam Ketuvim di Alkitab Ibrani.

Istilah "besar" merujuk kepada panjang kitab, bukan nilai pentingnya. Nubuat nabi-nabi yang pendek-pendek digolongkan ke dalam kitab [[Nabi-nabi Kecil]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 11 Mei 2021 10.37

Fresco "Daniel, Yehezkiel, Yeremia dan Yesaya" di Gereja Church of the Gesu

Nabi-nabi besar adalah salah satu pembagian yang termasuk dalam kelompok kitab-kitab kenabian di Perjanjian Lama Alkitab Kristen, yang tidak digunakan dalam Alkitab Ibrani. Istilah "nabi-nabi besar" dipakai oleh Alkitab Kristen, karena tidak semua kitab dalam kelompok ini dikategorikan dalam kelompok yang sama dalam Alkitab Ibrani. Istilah "besar" di sini merujuk pada isi kitab yang lebih tebal atau panjang daripada kitab-kitab kenabian yang lebih pendek yang dikelompokkan dalam nabi-nabi kecil, bukan pada nilai kepentingan atau pencapaian dari nabi yang disebutkan oleh kitab tersebut. Urutan nabi-nabi besar dalam Alkitab Kristen adalah:

Lihat pula