Grup Lie: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
123569yuuift (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
123569yuuift (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 154: Baris 154:


Peta eksponensial dari aljabar Lie ke grup Lie tidak selalu [[Fungsi ekspresif|ekspresif]], bahkan jika grup tersebut terhubung yang memetakan ke grup Lie untuk grup terhubung yang kompak atau nilpoten.
Peta eksponensial dari aljabar Lie ke grup Lie tidak selalu [[Fungsi ekspresif|ekspresif]], bahkan jika grup tersebut terhubung yang memetakan ke grup Lie untuk grup terhubung yang kompak atau nilpoten.

=== Subgrup Lie ===
'''Subgrup Lie''' <math>H</math> dari grup Lie <math>G</math> adalah grup Lie [[himpunan bagian]] dari <math>G</math> dan [[peta inklusi]] dari <math>H</math> ke <math>G</math> yang merupakan [[injektif]] [[Perendaman (matematika)|pencelupan]] dan [[homomorfisme grup]]. Menurut [[Teorema subgrup tertutup|teorema Cartan]], [[subgrup]] tertutup dari <math>G</math> mengetahui struktur halus unik yang menjadikannya sebuah subgrup [[penyematan|tancapan]] Lie dari <math>G</math>, yaitu sebuah subgrup Lie sedemikian rupa sehingga peta inklusi adalah penyematan mulus.

Banyak contoh subgrup non-tertutup; misalnya mengambil <math>G</math> sebagai torus berdimensi 2 atau lebih besar, dan <math>H</math> sebagai [[subgrup satu parameter]] dari ''lerengan irasional'', yaitu salah satu dalam ''G''. Maka grup Lie [[homomorfisme]] <math>\varphi:\mathbb{R}\to G</math> dengan <math> \mathrm{im}(\varphi) = H</math>. [[Penutupan (topologi)|penutupan]] dari <math>H</math> sebagai sub-torus <math>G</math>.

[[Peta eksponensial (teori Lie) | peta eksponensial]] menghasilkan [[korespondensi aljabar Lie–grup Lie#Korespondensi|korespondensi satu-ke-satu]] antara subgrup Lie terhubung dari grup Lie yang terhubung <math>G</math> dan subaljabar dari aljabar Lie <math>G</math>.<ref>{{harvnb|Hall|2015}} Teorema 5.20</ref> Biasanya, subgrup yang sesuai dengan subaljabar bukanlah subgrup tertutup. Tidak ada kriteria yang didasarkan pada struktur <math>G</math> untuk menentukan subaljabar, dimana yang sesuai dengan subgrup tertutup.


== Sejarah awal ==
== Sejarah awal ==

Revisi per 23 April 2021 06.26


Dalam matematika, grup Lie (/l/ "Lee") adalah grup yang merupakan lipatan berjenis. Lipatan adalah ruang lokal ruang Euclidean, sedangkan grup mendefinisikan abstrak, konsep umum perkalian dan pengambilan invers (pembagian). Menggabungkan dua ide ini, kita akan mendapatkan grup kontinu dimana poin dikalikan secara kebersamaan dan kebalikannya dapat diambil. Jika, sebagai penambahan, perkalian, dan pengambilan invers didefinisikan sebagai halus (terdiferensiasi), maka kita mendapatkan rumus grup Lie.

Grup Lie diberikan sebuah model alami untuk konsep simetri kontinu, contohnya adalah simetri rotasi dalam tiga dimensi (diberikan oleh grup ortogonal khusus ). Grup Lie sering digunakan di banyak bagian matematika dan fisika modern.

Grup Lie pertama kali ditemukan dengan mempelajari subgrup matriks dalam or , grup dari matriks inver di atas atau . Ini disebut sebagai grup klasik, karena konsepnya telah diperluas jauh melampaui asal-usulnya. Grup Lie dinamai menurut matematikawan asal Norwegia yaitu Sophus Lie (1842–1899) yang memberikan dasar teori grup transformasi kontinu. Motivasi asli Lie untuk memperkenalkan grup Lie adalah untuk model kesimetrian kontinu dengan persamaan diferensial yang sama bahwa grup hingga digunakan dalam teori Galois untuk model simetri diskrit persamaan aljabar.

Ikhtisar

Himpunan semua bilangan kompleks dengan nilai absolut 1 (terkait dengan titik-titik pada lingkaran dari pusat 0 dan jari-jari 1 di medan kompleks) adalah grup Lie dalam perkalian kompleks: grup lingkaran.

Grup Lie adalah lipatan berjenis halus dan dengan demikian dapat dipelajari menggunakan kalkulus diferensial berbeda dengan grup topologi umum. Salah satu ide kunci dalam teori grup Lie adalah mengganti objek global grup dengan versi lokal atau linierisasi. Grup Lie sendiri disebut sebagai "grup infinitesimal" dan dikenal sebagai aljabar Lie.

Grup Lie memainkan peran yang sangat besar dalam geometri modern unruk beberapa tingkatan yang berbeda. Felix Klein berpendapat dalam program Erlangen dapat mempertimbangkan berbagai "geometri "dengan menentukan grup transformasi yang sesuai yang menghilangkan sifat geometris invarian. Jadi geometri Euklides dengan pilihan grup E(3) dari transformasi jarak ruang Euklides R3 konformal geometri dengan memperbesar grup ke grup konformal, sedangkan dalam geometri proyektif tertarik pada sifat invarian di bawah grup proyektif. Ide ini kemudian mengarah pada gagasan tentang sebuah struktur-G, dimana G adalah grup Lie dari simetris "lokal" dari lipatan.

Grup Lie dan aljabar Lie memainkan peran utama dalam fisika modern, dengan grup Lie biasanya memainkan peran sebagai simetri sistem fisik. Di sini, wakilan dari grup Lie atau aljabar Lie sangat penting untuk penggunaannya. Teori representasi digunakan secara luas dalam fisika partikel. Grup wakilannya sangat penting untuk digunakan grup rotasi S(3) atau penutup ganda SU(2), grup satuan khusus SU(3) dan grup Poincaré.

Pada tingkat "global", setiap grup Lie aksi pada objek geometris, yaitu Riemannian atau lipatan simplektis, aksi ini memberikan ukuran dan menghasilkan struktur aljabar yang banyak. Adanya simetri kontinu yang diekspresikan melalui grup Lie aksi pada lipatan menempatkan batasan yang kuat pada geometrinya dan memfasilitasi analisis pada lipatan. Grup Lie aksi sangat penting dalam penggunaannya, dan dipelajari dalam teori wakilan.

Pada 1940-an-1950-an, Ellis Kolchin, Armand Borel, dan Claude Chevalley menyadari bahwa banyak hasil dasar mengenai grup Lie yang dikembangkan sepenuhnya secara aljabar sebagai teori grup aljabar yang ditentukan melalui sembarang medan. Wawasan ini membuka kemungkinan baru dalam aljabar murni, dengan memberikan konstruksi seragam untuk sebagian besar grup sederhana hingga serta dalam geometri aljabar. Teori bentuk automorfik, cabang penting dari teori bilangan modern, berurusan secara ekstensif dengan analogi grup Lie selama gelanggang Adele; bilangan p-adik grup Lie memainkan peran penting dengan melalui koneksi dengan representasi Galois dalam teori bilangan.

Definisi dan contoh

Grup Lie riil adalah grup merupakan berdimensi riil hingga lipatan halus, dimana operasi grup perkalian dan inversi adalah peta halus. Maka perkalian grup, adalah

jadi μ adalah pemetaan halus dari produk berjenis G × G sebagai G. Kedua persyaratan ini dapat digabungkan menjadi satu persyaratan yaitu pemetaan

sebagai pemetaan mulus dari produk berjenis yaitu G.

Grup Matriks Lie

Maka sebagai grup matriks invers dengan entri dalam . Subgrup tertutup dari adalah grup Lie[1] yang disebut matriks grup Lie Karena sebagian besar contoh dari grup Lie direalisasikan sebagai matriks grup Lie, beberapa buku teks membatasi perhatian pada kelas ini, termasuk yang ada dalam Hall[2] dan Rossmann.[3] Membatasi sebuah matriks grup Lie dengan cara menyederhanakan definisi aljabar Lie dan peta eksponensial. Berikut ini adalah contoh standar grup matriks Lie.

  • Grup linear khusus di atas dan yaitu dan terdiri dari matriks dengan determinan satu dan entri dalam atau
  • Grup unital dan grup uniter khusus yaitu dan , terdiri dari matriks kompleks (dan dalam kasus )
  • Grup ortogonal dan grup ortogonal khusus yaitu dan , terdiri dari matriks (dan dalam kasus )

Semua contoh sebelumnya termasuk dalam tajuk grup klasik.

Konsep terkait

Grup Lie kompleks didefinisikan dengan cara yang sama menggunakan lipatan kompleks yang sebenarnya (contoh: ), dan menggunakan alternatif penyelesaian metriks dari , grup topologi dimana setiap titik memiliki lingkungan p-adik.

Masalah kelima Hilbert menanyakan apakah untuk mengganti lipatan yang dibedakan dengan topologi atau analitik dapat menghasilkan contoh baru. Jawaban atas pertanyaan ini ternyata negatif: pada tahun 1952 matematikawan Gleason, Montgomery dan Zippin menunjukkan bahwa jika G adalah lipatan topologi, maka tepat satu struktur analitik pada G yang mengubah menjadi grup Lie (lihat pula Konjektur Hilbert–Smith). Jika lipatan dasar yang berdimensi tak hingga (misalnya, lipatan Hilbert), maka sampai pada gagasan tentang grup Lie berdimensi tak hingga. Dimungkinkan untuk mendefinisikan analogi dari banyak grup Lie di atas bidang hingga, dan memberikan sebagian besar contoh grup sederhana hingga.

Definisi topologi

Grup Lie dapat didefinisikan sebagai (Hausdorff) grup topologi dimana elemen tersebut adalah identitas, terlihat seperti grup transformasi, tanpa referensi ke lipatan yang dibedakan.[4] Pertama, definisikan grup Lie linear jauh menjadi subgrup G dari grup linear umum maka

  1. untuk beberapa lingkungan V dari elemen identitas e dalam G, topologi V adalah topologi subruang dan V sebagai penutupan dalam .
  2. G memiliki hitung komponen yang terhubung.

Misalnya, subgrup tertutup dari ; yaitu, matriks grup Lie memenuhi kondisi di atas.

Maka grup Lie didefinisikan sebagai grup topologi (1) secara lokal isomorfik dekat identitas ke grup Lie linear dan (2) memiliki banyak komponen yang terhubung. Menunjukkan definisi topologi ekuivalen dengan yang biasa bersifat teknis (dan pembaca pemula harus melewatkan yang berikut) tetapi dilakukan sebagai berikut:

  1. Diberikan grup Lie G dalam arti berjenis biasa, korespondensi grup Lie–aljabar Lie (atau versi teorema ketiga Lie) membentuk subgrup Lie terbenam maka dibagikan aljabar Lie yang sama; dengan demikian, isomorfik secara lokal. Oleh karena itu, G memenuhi definisi topologi di atas.
  2. Maka G sebagai grup topologi yang merupakan grup Lie dalam pengertian topologis di atas dan grup Lie linear lokal isomorfik ke G. Kemudian, dengan versi teorema subgrup tertutup, adalah lipatan analitik-riil dan isomorfisme lokal, G memperoleh struktur lipatan ganda dekat elemen identitas. Maka ditunjukkan hukum grup G diberikan deret pangkat formal;[5] jadi operasi grup adalah analitik-riil dan G adalah lipatan analitik-riil.

Definisi topologi sebagai dua grup Lie isomorfik sebagai grup topologi, maka isomorfik adalah grup Lie. Faktanya, prinsip umum bahwa untuk sebagian besar, topologi grup Lie dengan hukum grup menentukan geometri grup.

Contoh pertama

  • Matriks riil 2 × 2 sebuah grup dalam perkalian, dilambangkan dengan GL(2, R) atau dengan GL2(R):
Ini disebut sebagai grup Lie riil empat dimensi non-kompak adalah himpunan bagian dari . Grup ini menghubungkan dua komponen diantara nilai positif dan negatif dari determinan.
  • Matriks rotasi sebagai subgrup dari GL(2, R) yang dilambangkan dengan SO(2, R). Ini disebut sebagai grup Lie dalam sendiri: khususnya, grup Lie menghubungkan kompak satu dimensi difeomorfik ke lingkaran. Menggunakan sudut rotasi sebagai parameter, grup ini dapat berupa parametrized sebagai berikut:
Penjumlahan sudut sesuai dengan perkalian elemen SO(2, R), dan mengambil sudut berlawanan sesuai dengan inversi. Jadi perkalian dan inversi adalah peta yang dapat dibedakan.
  • Grup affin satu dimensi adalah grup Lie matriks dua dimensi yang terdiri dari matriks segitiga atas dengan entri diagonal pertama positif dan entri diagonal kedua adalah 1. Jadi, grup tersebut terdiri dari matriks formulir

Bukan contoh

Untuk contoh grup dengan elemen tak terhitung yang bukan grup Lie di bawah topologi tertentu. Grup diberikan oleh

dengan sebuah bilangan irasional adalah subgrup dari torus yang bukan grup Lie diberikan oleh topologi subruang.[6] Jika mengambil lingkungan dari sebuah titik dengan : contoh, bagian dari dalam adalah terputus. Grup dengan rotasi di sekitar torus tanpa mencapai titik spiral sebelumnya dan dengan demikian sebagai .

Sebagian dari grup dalam . Lingkungan kecil dari elemen terputus dalam himpunan bagian topologi dengan

Grup diberikan topologi yang berbeda, dimana jarak antara dua titik didefinisikan sebagai panjang dari jalur terpendek dalam grup sebagai gabungan dengan . Dalam topologi ini, diidentifikasi secara homeomorfis dengan garis riil untuk mengidentifikasi setiap elemen dengan bilangan dalam definisi . Dengan topologi ini, sebagai grup bilangan riil yang ditambahkan, oleh karena itu merupakan grup Lie.

Grup adalah contoh gelanggang dari "subgrup Lie" dari grup Lie yang tidak tertutup. Lihat pembahasan subgrup Lie di bawah ini pada bagian tentang konsep dasar.

Lebih banyak contoh dari grup Lie

Grup Lie terdapat di seluruh materi matematika dan fisika. Grup matriks atau grup aljabar adalah grup matriks, misalnya: ortogonal dan grup simplektis, dan ini memberikan sebagian besar yang umum contoh dari Lie.

Dimensi satu dan dua

Salah satu grup Lie yang terhubung dengan dimensi satu adalah garis riil dengan operasi grup menjadi penjumlahan dan grup lingkaran bilangan kompleks dengan nilai absolut satu dengan operasi grup menjadi perkalian. grup dilambangkan sebagai sebagai grup matriks uniter .

Dalam dua dimensi, jika membatasi hanya pada grup yang terhubung, maka diklasifikasikan oleh aljabar Lie. Ada (hingga isomorfisme) hanya dua aljabar Lie berdimensi dua. Grup Lie yang terhubung secara sederhana adalah dengan operasi grup sebagai penjumlahan vektor dan grup affin dalam dimensi satu, dijelaskan di sub-bagian sebelumnya di bawah "contoh pertama".

Contoh tambahan

  • Grup SU(2) adalah grup matriks uniter dengan determinan . Secara topologis, adalah bola- oleh ; sebagai grup diidentifikasikan dengan grup unit kuaternion.
  • Grup Heisenberg adalah grup dimensi nilpoten menghubungkan yang memainkan peran kunci dalam mekanika kuantum.
  • Gru0 Lorentz adalah grup Lie 6 dimensi dari isometri dari ruang Minkowski.
  • Grup Poincaré adalah grup Lie 10 dimensi dari isometri affin dari ruang Minkowski.
  • Grup Lie eksepsional tipe G2, F4, E6, E7, E8 memiliki dimensi 14, 52, 78, 133, dan 248. Dengan deret A-B-C-D grup Lie sederhana, grup eksepsional melengkapi daftar grup Lie sederhana.
  • Grup simplektik terdiri dari semua matriks mempererat bentuk simplektis dalam . Ini disebut sebagai grup dimensi Lie yang menghubungkan .

Konstruksi

Ada beberapa cara standar untuk membentuk grup Lie yang baru dari lama:

  • Produk dari dua grup Lie adalah grup Lie.
  • Setiap subgrup topologi tertutup dari grup Lie adalah grup Lie. Ini dikenal sebagai Teorema subgrup tertutup atau teorema Cartan.
  • Hasil bagi dari grup Lie oleh subgrup normal tertutup adalah grup Lie.
  • Sampul universal dari grup Lie yang terhubung adalah grup Lie. Misalnya, grup adalah sampul universal grup lingkaran . Faktanya, setiap simpul dari lipatan yang dapat dibedakan juga merupakan lipatan yang dapat dibedakan, tetapi dengan menentukan sampul universal untuk struktur grup (kompatibel dengan struktur lainnya).

Pengertian terkait

Beberapa contoh grup yang bukan grup Lie (kecuali dalam pengertian solvabel bahwa setiap grup banyak dapat dilihat sebagai grup Lie 0 dimensi, dengan topologi diskrit), adalah:

  • Gugus berdimensi tak hingga merupakan grup aditif ruang vektor riil berdimensi tak hingga, atau ruang fungsi halus dari lipatan ke grup Lie , . Ini bukan grup Lie karena bukan lipatan "berdimensi-hingga".
  • Beberapa grup total putusan merupakan grup Galois dengan ekstensi tak hingga bidang, atau grup aditif dari bilangan p-adik. Ini bukan grup Lie karena ruang dasarnya bukan lipatan riil. Beberapa dari grup ini adalah "grup Lie p-adik". Secara umum, l grup topologi yang memiliki kesamaan sifat lokal Rn untuk beberapa bilangan bulat positif n dapat berupa grup Lie (tentu harus memiliki struktur yang dibedakan).

Konsep dasar

Peta eksponensial

Peta eksponensial untuk aljabar Lie dari grup linear umum ke ditentukan dengan matriks eksponensial yang diberikan oleh deret pangkat biasa untuk matriks :

Jika adalah subgrup tertutup dari , maka peta eksponensial mengambil aljabar Lie dari menjadi ; dengan demikian, memiliki peta eksponensial untuk semua grup matriks. Setiap elemen yang hampir dekat dengan identitas adalah eksponensial matriks dalam aljabar Lie.[7]

Definisi di atas mudah digunakan, tetapi tidak ditentukan untuk grup Lie yang bukan grup matriks, dan tidak jelas bahwa peta eksponensial grup Lie tidak bergantung pada wakilannya. Kita dapat menyelesaikan kedua masalah tersebut menggunakan definisi yang abstrak dari peta eksponensial yang berfungsi untuk semua grup Lie, sebagai berikut.

Untuk setiap vektor dalam aljabar Lie dari yaitu ruang bersinggungan pada identitas, yang membuktikan bahwa subgrup satu parameter unik dirumuskan . Bahwa adalah subgrup satu parameter berarti adalah peta mulus dan untuk semua dan :

Operasi di sisi kanan adalah perkalian grup dalam . Kesamaan formal rumus ini dengan yang valid untuk fungsi eksponensial membenarkan definisi tersebut

Ini disebut peta eksponensial, dan memetakan aljabar Lie dalam grup Lie . Ini memberikan diffeomorfisme antara lingkungan dari 0 dan lingkungan dalam . Peta eksponensial ini merupakan generalisasi dari fungsi eksponensial untuk bilangan riil, maka adalah aljabar Lie dari kelompok Lie bilangan riil positif dengan perkalian, untuk bilangan kompleks, maka adalah aljabar Lie dari grup Lie dari bilangan kompleks bukan nol dengan perkalian) dan untuk matriks (karena dengan komutator biasa adalah aljabar Lie dari grup Lie dari semua matriks invers).

Karena peta eksponensial bersifat konjektur di beberapa lingkungan dari adalah hal umum untuk elemen aljabar Lie infinitesimal generator dari grup . Subgrup sebagai adalah komponen identitas .

Peta eksponensial dan aljabar Lie menentukan struktur grup lokal dari setiap grup Lie yang terhubung, karena rumus Baker–Campbell–Hausdorff: lingkungan dari elemen nol yang dirumuskan , maka

dimana istilah yang dihilangkan diketahui dan melibatkan kurung Lie dari empat elemen atau lebih. Jika dan komutator, rumus tersebut direduksi menjadi hukum eksponensial yang dikenal sebagai

Peta eksponensial menghubungkan homomorfisme grup Lie. Artinya, jika adalah homomorfisme grup Lie dan peta induksi aljabar Lie yang tepat, maka untuk semua yaitu

Dengan kata lain, diagram berikut komutatif,[Catatan 1]

Singkatnya, exp adalah transformasi alami dari functor Lie ke identitas funktor pada kategori grup Lie.

Peta eksponensial dari aljabar Lie ke grup Lie tidak selalu ekspresif, bahkan jika grup tersebut terhubung yang memetakan ke grup Lie untuk grup terhubung yang kompak atau nilpoten.

Subgrup Lie

Subgrup Lie dari grup Lie adalah grup Lie himpunan bagian dari dan peta inklusi dari ke yang merupakan injektif pencelupan dan homomorfisme grup. Menurut teorema Cartan, subgrup tertutup dari mengetahui struktur halus unik yang menjadikannya sebuah subgrup tancapan Lie dari , yaitu sebuah subgrup Lie sedemikian rupa sehingga peta inklusi adalah penyematan mulus.

Banyak contoh subgrup non-tertutup; misalnya mengambil sebagai torus berdimensi 2 atau lebih besar, dan sebagai subgrup satu parameter dari lerengan irasional, yaitu salah satu dalam G. Maka grup Lie homomorfisme dengan . penutupan dari sebagai sub-torus .

peta eksponensial menghasilkan korespondensi satu-ke-satu antara subgrup Lie terhubung dari grup Lie yang terhubung dan subaljabar dari aljabar Lie .[8] Biasanya, subgrup yang sesuai dengan subaljabar bukanlah subgrup tertutup. Tidak ada kriteria yang didasarkan pada struktur untuk menentukan subaljabar, dimana yang sesuai dengan subgrup tertutup.

Sejarah awal

Menurut sumber paling otoritatif pada sejarah awal kelompok Lie (Hawkins, p. 1), Sophus Lie sendiri menganggap musim dingin tahun 1873–1874 sebagai tanggal lahir teorinya tentang grup berkelanjutan. Namun, Hawkins menyatakan bahwa "aktivitas penelitian Lie yang luar biasa selama periode empat tahun dari musim gugur 1869 hingga musim gugur 1873" yang mengarah pada penciptaan teori ( ibid ). Beberapa ide awal Lie dikembangkan dalam kolaborasi erat dengan Felix Klein. Lie bertemu dengan Klein setiap hari dari Oktober 1869 hingga 1872: di Berlin dari akhir Oktober 1869 hingga akhir Februari 1870, dan di Paris, Göttingen dan Erlangen dalam dua tahun berikutnya ( ibid , hal. 2). Lie menyatakan bahwa semua hasil utama diperoleh pada tahun 1884. Tetapi selama tahun 1870-an semua makalahnya (kecuali catatan pertama) diterbitkan di jurnal Norwegia, yang menghambat pengakuan atas karya tersebut di seluruh Eropa ( ibid , hal 76). Pada tahun 1884, seorang matematikawan muda Jerman, Friedrich Engel, datang untuk bekerja dengan Lie pada risalah sistematis untuk mengekspos teorinya tentang kelompok berkelanjutan. Dari upaya ini dihasilkan tiga jilid Theorie der Transformationsgruppen, diterbitkan pada tahun 1888, 1890, dan 1893. Istilah groupes de Lie pertama kali muncul dalam bahasa Prancis pada tahun 1893 dalam tesis murid Lie, Arthur Tresse.[9]

Ide Lie tidak terpisah dari matematika lainnya. Faktanya, ketertarikannya pada geometri persamaan diferensial pertama kali dimotivasi oleh karya Carl Gustav Jacobi, pada teori persamaan diferensial parsial orde pertama dan pada persamaan mekanika klasik. Banyak dari karya Jacobi diterbitkan secara anumerta pada tahun 1860-an, membangkitkan minat yang sangat besar di Prancis dan Jerman (Hawkins, p.43). Idée fixe Lie adalah untuk mengembangkan teori kesimetrian persamaan diferensial yang akan menyelesaikannya apa yang telah dilakukan Évariste Galois untuk persamaan aljabar: yaitu, untuk mengklasifikasikannya dalam teori kelompok. Lie dan ahli matematika lainnya menunjukkan persamaan yang paling penting untuk fungsi khusus dan polinomial ortogonal cenderung muncul dari kesimetrian teoretis grup. Dalam karya awal Lie, idenya adalah untuk membangun teori grup berkelanjutan , untuk melengkapi teori kelompok diskrit yang telah dikembangkan dalam teori bentuk modular, di tangan Felix Klein dan Henri Poincaré. Aplikasi awal yang ada dalam pikiran Lie adalah teori persamaan diferensial. Pada model teori Galois dan persamaan polinomial, konsep penggeraknya adalah teori yang mampu menyatukan, dengan mempelajari simetri, seluruh luas persamaan diferensial biasa. Namun, harapan bahwa Teori Kebohongan akan menyatukan seluruh bidang persamaan diferensial biasa tidak terpenuhi. Metode simetri untuk ODE terus dipelajari, namun tidak mendominasi materi. Ada teori Galois diferensial, tetapi dikembangkan oleh orang lain, seperti Picard dan Vessiot, dan ini memberikan teori kuadratur, integral tak hingga.

Dorongan tambahan untuk mempertimbangkan kelompok berkelanjutan berasal dari gagasan Bernhard Riemann, pada dasar-dasar geometri, dan pengembangan lebih lanjut mereka di tangan Klein. Jadi tiga tema utama dalam matematika abad ke-19 digabungkan oleh Lie dalam menciptakan teori barunya: ide simetri, seperti yang dicontohkan oleh Galois melalui pengertian aljabar dari grup; teori geometri dan solusi eksplisit dari persamaan diferensial mekanika, dikerjakan oleh Poisson dan Jacobi; dan pemahaman baru tentang geometri yang muncul dalam karya Plücker, Möbius, Grassmann dan lainnya, dan berpuncak pada visi revolusioner Riemann tentang subjek tersebut.

Meskipun saat ini Sophus Lie diakui sebagai pencipta teori kelompok berkelanjutan, langkah besar dalam pengembangan teori struktur mereka, yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan matematika selanjutnya, dibuat oleh Wilhelm Killing, yang pada tahun 1888 menerbitkan makalah pertama dalam seri berjudul Die Zusammensetzung der stetigen endlichen Transformationsgruppen (Komposisi grup transformasi hingga kontinu) (Hawkins, hlm. 100). Pekerjaan Pembunuhan, kemudian disempurnakan dan digeneralisasikan oleh Élie Cartan, mengarah ke klasifikasi aljabar Lie setengah sederhana, Teori Cartan tentang ruang simetris, dan deskripsi Hermann Weyl tentang representasi dari grup Lie yang kompak dan setengah sederhana.

Pada tahun 1900 David Hilbert menantang ahli teori Lie dengan Masalah Kelima yang dipresentasikan pada Kongres Internasional Ahli Matematika di Paris.

Weyl membawa periode awal perkembangan teori kelompok Lie membuahkan hasil, karena tidak hanya dia mengklasifikasikan representasi tak tersederhanakan dari kelompok Lie semisimple dan menghubungkan teori grup dengan mekanika kuantum, tetapi dia juga menempatkan teori Lie itu sendiri pada pijakan yang lebih kokoh dengan secara jelas menyatakan perbedaan antara grup sangat kecil Lie (yaitu, Lie algebras) dan grup Lie yang sesuai, dan mulai menyelidiki topologi grup Lie.[10] Teori kelompok Lie secara sistematis dikerjakan ulang dalam bahasa matematika modern dalam sebuah monograf oleh Claude Chevalley.

Lihat pula

Catatan

Catatan penjelasan

  1. ^ "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-09-28. Diakses tanggal 2014-10-11. 

Kutipan

  1. ^ Hall 2015 Corollary 3.45
  2. ^ Hall 2015
  3. ^ Rossmann 2001
  4. ^ T. Kobayashi–T. Oshima, Definition 5.3.
  5. ^ Ini adalah pernyataan bahwa grup Lie adalah grup Lie formal. Untuk konsep terakhir, untuk saat ini, lihat F. Bruhat, Ceramah tentang Grup Lie dan Grup Wakilan Lokal.
  6. ^ Rossmann 2001, Chapter 2.
  7. ^ Hall 2015 Theorem 3.42
  8. ^ Hall 2015 Teorema 5.20
  9. ^ Arthur Tresse (1893). "Sur les invariants différentiels des groupes continus de transformations". Acta Mathematica. 18: 1–88. doi:10.1007/bf02418270alt=Dapat diakses gratis. 
  10. ^ Borel (2001).

Referensi