Lompat ke isi

Sungai Okavango: Perbedaan antara revisi

76 bita ditambahkan ,  1 tahun yang lalu
Rescuing 0 sources and tagging 1 as dead.) #IABot (v2.0.8
(Rescuing 2 sources and tagging 0 as dead.) #IABot (v2.0.8)
(Rescuing 0 sources and tagging 1 as dead.) #IABot (v2.0.8)
 
'''Sungai Okavango''' (sebelumnya dieja Okovango atau Okovanggo) adalah sungai yang terletak di [[Afrika]] barat daya. Sungai ini adalah sungai terpanjang keempat di [[Afrika bagian selatan]]. Dengan panjang sekitar 1.600 km, sungai ini mengalir ke arah selatan dari [[Angola]] (dan di situ sungai ini dikenal dengan nama Portugisnya, '''Rio Cubango'''). Di selatan, sungai ini membentuk perbatasan antara Angola dengan [[Namibia]], dan kemudian mengalir ke [[Botswana]].
 
Sebelum memasuki Botswana, terdapat perbedaan ketinggian sebesar 4 m yang menghasilkan air terjun yang disebut "air terjun Popa". Air terjun ini dapat terlihat saat permukaan sungai dangkal pada musim kemarau.<ref>Siyabona Africa Travel (Pty) Ltd, "Popa Falls | Okavango River | Botswana" webpage: [http://www.travel.za.net/africa_popa_falls.html TravelZA-PopaFalls]{{Pranala mati|date=April 2021 |bot=InternetArchiveBot |fix-attempted=yes }}</ref>
 
Sungai ini tidak mengalir ke laut, tetapi berakhir di kawasan rawa-rawa di [[Gurun Kalahari]] yang disebut [[delta Okavango]].
260.123

suntingan