Pembicaraan Wikipedia:ProyekWiki Matematika: Perbedaan antara revisi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
123569yuuift (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Gombang (bicara | kontrib)
→‎Nice!: bagian baru
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
Baris 49: Baris 49:
:: Sudah saya terjemahkan sebagian😁.~[[Pengguna:123569yuuift|123569yuuift]] ([[Pembicaraan Pengguna:123569yuuift|bicara]])
:: Sudah saya terjemahkan sebagian😁.~[[Pengguna:123569yuuift|123569yuuift]] ([[Pembicaraan Pengguna:123569yuuift|bicara]])
::: Wah, terima kasih banyak! [[Pengguna:Kekavigi|keka.vigi]] ([[Pembicaraan Pengguna:Kekavigi|bicara]]) 3 Maret 2021 11.22 (UTC)
::: Wah, terima kasih banyak! [[Pengguna:Kekavigi|keka.vigi]] ([[Pembicaraan Pengguna:Kekavigi|bicara]]) 3 Maret 2021 11.22 (UTC)

== Nice! ==

Saya baru lihat ada ProyekWiki ini. Saya tidak yakin bisa ikut, sementara memantau dulu. [[Pengguna:Gombang|Gombang]] ([[Pembicaraan Pengguna:Gombang|bicara]]) 9 Maret 2021 08.33 (UTC)

Revisi per 9 Maret 2021 08.33


1.462 artikel Wikipedia berkaitan dengan proyek ini.
Arsip

Salam kenal!

Permisi semuanya.

Saya bisa dikatakan pengguna baru di Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI). Belakangan ini, saya bersemangat untuk melakukan alih bahasa artikel-artikel bertopik matematika dari Wikipedia Bahasa Inggris. Alasannya karena jumlah dan kualitas artikel matematika di WBI yang sangat kurang; dan menurut saya, alih bahasa adalah cara tercepat untuk memperbaiki keadaan ini. Selain itu, dapat ikut berkolaborasi dalam ProyekWiki ini juga cara yang efisien, untuk menilai kualitas hasil alih bahasa yang saya lakukan.

Saat ini saya tidak yakin bahwa ProyekWiki ini masih aktif (mungkin hanya karena saya belum banyak tahu cara bernavigasi di halaman-halaman ProyekWiki ini). Namun saya melihat banyak teman-teman yang aktif dan ingin berkontribusi mengembangkan artikel-artikel matematika di WBI. Karenanya saya ingin mencoba menghidupkan/mengembangkan ProyekWiki ini, sebagai bentuk salam hangat bagi teman-teman kita yang tertarik berkolaborasi. Saya tidak tahu ingin menuliskan apa lagi. Untuk itu, mohon kritik, saran, maupun bantuannya ya! Anda dapat meninggalkan balasan disini, atau lewat halaman pengguna saya.

keka.vigi (bicara) 27 Januari 2021 16.59 (UTC)[balas]

Perawatan ProyekWiki (2020 Februari)

Permisi semuanya.

Belakangan ini saya melanjutkan proses perbaikan dan alih bahasa ProyekWiki ini dari versi Bahasa Inggrisnya, en:Wikipedia:WikiProject Mathematics. Namun, belakangan semakin sulit untuk melakukan semuanya secara sendiri. Saya membuat daftar beberapa halaman di ProyekWiki ini yang setidaknya menurut saya perlu dibahas/dikerjakan:

  1. Di halaman utama, bagian Hal yang perlu dikerjakan perlu disesuaikan dengan keadaan di ProyekWiki saat ini.
  2. Halaman konten yang diakui sepertinya berisi artikel/berkas matematika kategori pilihan dan bagus. Apa yang perlu kita lakukan untuk mengisi halaman tersebut? Atau, apakah kita tidak perlu halaman tersebut untuk ProyekWiki ini?
  3. Halaman penilaian memerlukan beberapa perbaikan, namun kebanyakan semua berfokus pada templat:
    1. Templat {{maths rating}} perlu memiliki dokumentasi, khususnya untuk jenis artikel seperti Kategori, Disambig, Berkas, Portal, Proyek, Pengalihan, dan Templat. Saat ini WP:SKALA tidak menjelaskan hal-hal tersebut, sehingga agak sulit bagi saya mengembangkan tabel penilaian.
    2. Bicara tentang {{maths rating}}, sepertinya saya secara tidak sengaja membuat beberapa halaman kategori yatim/ tidak terpakai. Apakah ada cara bagi saya untuk mencari dan menghapus halaman-halaman tersebut? Kita juga memerlukan kategori yang berpadanan dengan kategori "Mathematics articles by priority" dan kategori "Mathematics articles by quality", apakah ada yang dapat membuatnya?
  4. Halaman daftar perlengkapan memerlukan banyak perbaikan pranala:'(
    1. Untuk bagian Menulis artikel matematika yang bagus, [karena WBI belum memilikinya] apakah kita memerlukan pedoman gaya menulis matematika? Jika iya, bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan? Selain itu, ternyata Wikipedia:Artikel yang sempurna berisi konsensus yang ditolak. Apakah ada yang dapat menambahkan saran-saran menulis di Wikipedia?
    2. Untuk bagian Standar Wikipedia, WBI sepertinya juga tidak memiliki padanan untuk en:Wikipedia:Scientific citation guidelines yang berfokus membahas kutipan untuk artikel-artikel ilmiah, apakah kita perlu membuatnya?
    3. Perbaikan padanan pranala-pranala merah, contohnya seperti en:WP:AN3, en:WP:BRD, dan en:WP:ANI.
  5. Untuk bagian Konvensi matematika, apakah sebaiknya digabungkan dengan pedoman gaya menulis matematika (jika ada)?
  6. Tabel navigasi halaman perlu diperbaiki:
    1. Pada bagian Subhalaman dan subproyek. Apakah kita memerlukan halaman untuk 'Ilustrasi matematika' dan 'Tipografi dalam matematika'?
    2. Mungkin lebih penting, apakah /Indeks, /Kategori, /Daftar matematikawan (A) perlu diikutkan ke dalam tabel navigasi? Jika iya, di bagian apa?

Silakan memberikan tanggapan ya, dan, terima kasih banyak! keka.vigi (bicara) 23 Februari 2021 10.49 (UTC)[balas]

Poin ketiga saya anggap sudah selesai. Tentu saja, siapapun tetap bisa mengembangkan {{maths rating}} dan dokumentasinya lebih lanjut. Terima kasih banyak bantuannya! keka.vigi (bicara) 25 Februari 2021 11.30 (UTC)[balas]
Saya mengerjakan perbaikan untuk poin pertama, yang dapat dilihat di [1]. Silahkan mengatur daftar (atau mendiskusikannya) jika ada hal yang terlewat atau ternyata ada hal tidak perlu diikutkan dalam daftar. Saat ini, saya menganggap poin pertama sudah "aman". keka.vigi (bicara) 5 Maret 2021 13.13 (UTC)[balas]

Mengembangkan templat navigasi untuk matriks

Permisi semuanya.

Saat ini saya sedang melakukan alih bahasa artikel tentang jenis-jenis matriks. Melihat ke Wikipedia bahasa Inggris, mereka memiliki templat en:Template:matrix_classes sebagai kotak navigasi artikel terkait matriks. Barusan, saya melakukan salin-tempel templat tersebut ke Templat:kelas matriks. Jika anda memiliki waktu luang, mohon bantuan untuk melakukan alih bahasa atau penyesuaian pranala-pranala artikel matriks ke bahasa Indonesia. Hal ini dapat membantu untuk melacak letak kekurangan artikel terkait matriks. Jika ada tanggapan, silahkan sampaikan balasan disini, atau di halaman pembicaraan templat. Atas perhatiannya, terima kasih banyak.~ keka.vigi (bicara) 2 Maret 2021 12.23 (UTC)[balas]

Sudah saya terjemahkan sebagian😁.~123569yuuift (bicara)
Wah, terima kasih banyak! keka.vigi (bicara) 3 Maret 2021 11.22 (UTC)[balas]

Nice!

Saya baru lihat ada ProyekWiki ini. Saya tidak yakin bisa ikut, sementara memantau dulu. Gombang (bicara) 9 Maret 2021 08.33 (UTC)[balas]