Zaman Atom: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Glorious Engine (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi 'thumb|Sebuah [[pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang memakai tenaga atom untuk membangkitkan listrik]] '''Zaman Atom''', juga dikenal seba...'
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
 
Glorious Engine (bicara | kontrib)
Baris 17: Baris 17:


[[Category:sejarah nuklir]]
[[Category:sejarah nuklir]]

[[en:Atomic Age]]

Revisi per 8 Maret 2021 21.59

Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang memakai tenaga atom untuk membangkitkan listrik

Zaman Atom, juga dikenal sebagai Era Atom, adalah periode sejarah menyusul peledakan senjata nuklir pertama, The Gadget dalam uji coba Trinity di New Mexico, pada 16 Juli 1945, pada Perang Dunia II. Meskipun reaksi rantai nuklir telah dihipotesakan pada 1933 dan reaksi rantai nuklir buatan pertama (Chicago Pile-1) telah dilakukan pada Desember 1942,[1] uji coba Trinity dan pengeboman atom Hiroshima dan Nagasaki yang mengakhiri Perang Dunia II mewakili pemakaian skala besar pertama teknologi nuklir dan menimbulkan perubahan menonjol dalam pemikiran sosiopolitik dan ranah pengembangan teknologi.

Referensi

  1. ^ Holl, Jack (1997). Argonne National Laboratory, 1946–96. University of Illinois Press. ISBN 978-0-252-02341-5. 

Bacaan tambahan

  • "Presidency in the Nuclear Age", conference and forum at the JFK Library, Boston, October 12, 2009. Four panels: "The Race to Build the Bomb and the Decision to Use It", "Cuban Missile Crisis and the First Nuclear Test Ban Treaty", "The Cold War and the Nuclear Arms Race", and "Nuclear Weapons, Terrorism, and the Presidency".

Pranala luar