Penambat rel: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Coris (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''Penambat rel''' adalah pengikat rel ke bantalan rel kereta api, dibuat sedemikian sehingga kuat dan elastis terhadap getaran yang terjadi. Penambat rel dib...'
 
Baris 7: Baris 7:
====Penambat e====
====Penambat e====
[[Image:Pandrol-on-concrete.jpg|thumb|Penambat '''Pandrol E-clip''' ]]
[[Image:Pandrol-on-concrete.jpg|thumb|Penambat '''Pandrol E-clip''' ]]
Disebut juga sebagai e clip karena bentuknya seperti huruf e kecil. Merupakan penambat yang pertama sekali dikembangkan oleh Pandrol sehingga disebut juga sebagai Pandroll Clip.
Disebut juga sebagai e clip karena bentuknya seperti huruf e kecil dan berbentuk seperti klip kertas sehingga disebut sebagai klip. Digunakan di [[Indonesia]] sejak penggunaan [[bantalan rel]] beton. Merupakan penambat yang pertama sekali dikembangkan oleh Pandrol sehingga disebut juga sebagai Pandroll Clip. Salah satu kelemahan dari sistem ini mudah untuk dicuri, cukup dengan menggunakan [[palu]] sudah bisa mencabut klip ini, untuk menghindari permasalahan ini dipasang suatu anti vandalisme.


====Penambat type F====
====Penambat type F====
Adalah penambat yang di baut ke bantalan rel, banyak digunakan di [[Jepang]].
Adalah penambat yang di baut ke bantalan rel, bentuknya sederhana karena pelat besi di tempelkan diatas kaki rel ke bantalan dan diikat dengan baut. Penambat ini banyak digunakan di [[Jepang]].


====KA Klip====
====KA Klip====
Dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia, yang mudah dipasang ataupun dibongkar, merupakan pengembangan dari F Type dan dibuat oleh PT [[Pindad]].
Dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia, yang mudah dipasang ataupun dibongkar dengan alat yang diciptakan khusus untuk itu. Penambat ini merupakan pengembangan dari F Type dan dibuat oleh PT [[Pindad]].


====Penambat kupu-kupu====
====Penambat kupu-kupu====
Merupakan penambat yang dikembangkan belakangan ini berbentuk seperti kupu-kupu.
Merupakan penambat yang dikembangkan belakangan ini berbentuk seperti kupu-kupu, belum digunakan di Indonesia.


====DE Clip====
====DE Clip====

Revisi per 9 November 2008 23.20

Penambat rel adalah pengikat rel ke bantalan rel kereta api, dibuat sedemikian sehingga kuat dan elastis terhadap getaran yang terjadi. Penambat rel dibuat dari baja dengan tingkat elastisitas yang tinggi atau dikenal sebagai spring steel.

Jenis penambat

Penambat elastis

Penambat e

Penambat Pandrol E-clip

Disebut juga sebagai e clip karena bentuknya seperti huruf e kecil dan berbentuk seperti klip kertas sehingga disebut sebagai klip. Digunakan di Indonesia sejak penggunaan bantalan rel beton. Merupakan penambat yang pertama sekali dikembangkan oleh Pandrol sehingga disebut juga sebagai Pandroll Clip. Salah satu kelemahan dari sistem ini mudah untuk dicuri, cukup dengan menggunakan palu sudah bisa mencabut klip ini, untuk menghindari permasalahan ini dipasang suatu anti vandalisme.

Penambat type F

Adalah penambat yang di baut ke bantalan rel, bentuknya sederhana karena pelat besi di tempelkan diatas kaki rel ke bantalan dan diikat dengan baut. Penambat ini banyak digunakan di Jepang.

KA Klip

Dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia, yang mudah dipasang ataupun dibongkar dengan alat yang diciptakan khusus untuk itu. Penambat ini merupakan pengembangan dari F Type dan dibuat oleh PT Pindad.

Penambat kupu-kupu

Merupakan penambat yang dikembangkan belakangan ini berbentuk seperti kupu-kupu, belum digunakan di Indonesia.

DE Clip

Merupakan penambat elastis yang dikembangkan di Belanda dan di Indonesia dibuat juga oleh PT Pindad

Penambat paku ulir

Paku ulir yang digunakan untuk mengikat rel ke bantalan

Merupakan penambat yang digunakan pada bantalan kayu, yang berupa paku ulir yang disekrup diatas pelat baja kedalam bantalan kayu sehingga mengikat rel ke bantalan.

Lihat pula

Pranala luar

  • Perlengkapan rel kereta [1]

Galeri