Henk Sneevliet: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  12 tahun yang lalu
Namun demikian, iklim politik yang makin memburuk di luar dan di dalam negeri, dan perjuangan terus-menerus melawan partai-partai [[stalinisme|Stalinis]] dan sosial demokrat, serta melawan campur tangan pemerintah, sangat merugikan Sneevliet dan kelompoknya. Ketika perang pecah pada [[10 Mei]] [[1940]], Sneevliet segera membubarkan RSAP.
 
Beberapa bulan kemudian ia mendirikan sebuah kelompok perlawanan terhadap pendudukan Jerman, bersama-sama dengan [[Willem Dolleman]] dan [[Ab Menist]], ''[[Front Marx-Lenin-Luxemburg]]'' (Front MLL). Kelompok ini terutama terlibat dalam menghasilkan propaganda untuk sosialisme dan melawan pendudukan Nazi atas Belanda, dan dengan demikian sangat terbliatterlibat dalam [[pemogokan Februari]] pada [[1941]].
 
Karena terkenal sebagai seorang komunis, Sneevliet harus bersembunyi bahkan sebelum ia memulai kegiatan perlawanannya. Selama dua tahun ia berhasil menghindari tangan-tangan Nazi, namun pada April 1942, mereka akhirnya menangkap dia dan sisa pimpinan Front MLL. Mereka dihukum mati pada 12 April 1942. Menurut laporan, mereka menjalani hukuman mati mereka sementara menyanyikan lagu ''[[The Internationale]]'', mars Komunis Internasional.
940

suntingan

Menu navigasi