Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Mohd Zaenuri untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 135: Baris 135:
[[Pengguna:Medelam|Medelam]] ([[Pembicaraan Pengguna:Medelam|bicara]]) 15 Januari 2021 09.14 (UTC)
[[Pengguna:Medelam|Medelam]] ([[Pembicaraan Pengguna:Medelam|bicara]]) 15 Januari 2021 09.14 (UTC)
: Terimakasih. [[Pengguna:Mohd Zaenuri|<span style="font-variant:small-caps;color:#44a;text-shadow:2px 2px 3px DimGray;">Mohd</span>]] [[Pembicaraan Pengguna:Mohdzaenuri|<span style="font-variant:small-caps;color:#272;text-shadow:2px 2px 3px DimGray;">Zaenuri</span>]] 15 Januari 2021 09.57 (UTC)
: Terimakasih. [[Pengguna:Mohd Zaenuri|<span style="font-variant:small-caps;color:#44a;text-shadow:2px 2px 3px DimGray;">Mohd</span>]] [[Pembicaraan Pengguna:Mohdzaenuri|<span style="font-variant:small-caps;color:#272;text-shadow:2px 2px 3px DimGray;">Zaenuri</span>]] 15 Januari 2021 09.57 (UTC)

=== Dimas Laksani ===
Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.
#{{PP pertanyaan
|T= Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
|J=
}}
#{{PP pertanyaan
|T= Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
|J=
}}
#{{PP pertanyaan
|T= Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
|J=
}}
Terima kasih. Salam. <span style="background-color:#FF69B4;border-radius:8px;padding:0px 2px;">[[Pengguna:Dimas Laksani|<span style="color:#000000;font-weight:medium;font-family:Georgia;"> ✿Dimas Laksani✿ </span>]]</span>[[Pembicaraan pengguna:Dimas Laksani|<span style="color:#000000;font-weight:bold;">☏</span>]] 16 Januari 2021 02.01 (UTC)


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 16 Januari 2021 02.01

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, Mohd Zaenuri (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan

Rachmat04

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Saya sangat antusias terhadap Wikipedia, karena disinilah satu-satunya tempat bagi saya berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama insan, ilmu pengetahuan yang bisa merubah peradaban manusia menjadi lebih baik. Dan masalah yang perlu saya hadapi nanti mungkin saya akan mendapat sumpah serapah dari anonim /user ketika saya membalikkan suntingan vandal, halaman tak layak ataupun menghapus berkas yang bermasalah dengan lisensi yang diunggah oleh mereka :).
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Saya ingin sebisa mungkin semua artikel di Wikipedia bebas dari tag pemeliharaan dan minimal lolos kriteria artikel kelas awal. Dan tentunya juga melaksanakan tugas-tugas pokok pengurus yang telah ditentukan.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.18 (UTC)[balas]

Matur nembah nuwun. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 11.47 (UTC)[balas]

Johnstad Di Maria

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Jika menemukan pengguna yang terindikasi ABK, terlebih dahulu saya akan melakukan pendekatan persuasif supaya mengetahui berkebutuhan khusus seperti apa yang mereka alami agar saya bisa menentukan batuan atau bimbingan seperti apa yang mereka perlukan.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Sudah pasti tidak setuju dan menolak karena suntingan berbayar hampir pasti tidak lepas dari konflik kepentingan yang jelas2 melanggar pedoman kebijakan. Memang suntingan pengguna berpengalaman agak sulit di identifikasi sebagai suntingan berbayar tetapi tetap ada celah untuk mencurigai suntingan berbayar yang dilakukan oleh mereka seperti kebiasaan menyunting artikel dengan topik korporasi-korporasi, tokoh politik ataupun lembaga profit. Jika ada perubahan terbaru dari artikel seperti tersebut diatas kita harus segera meninjau untuk menganalisa siapa penyunting tersebut, anonim kah, pengguna baru kah atau pengguna berpengalaman.
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Jujur, saya merasa belum punya kontribusi apa-apa yang bisa saya banggakan di Wikipedia apatahlagi seperti poin-poin yang anda sebutkan diatas, tetapi saya bangga bisa meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk berkontribusi di Wikipedia ditengah kesibukan saya bekerja.
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Jika ada kesempatan dan waktu luang saya pasti bersedia.

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.38 (UTC)[balas]

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 12.12 (UTC)[balas]

Hanamanteo

  1. Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, tetapi Anda tergolong jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi. Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?
    Tanggungjawab menjadi seorang pengurus tentunya berbeda dengan seorang editor, dengan demikian sudah barang tentu menjadi suatu keharusan buat seorang pengurus untuk ikut aktif dalam diskusi maupun dalam usulan/pengambilan keputusan.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tidak pernah terlintas difikiran saya apakah itu halaman sepi atau ramai dikunjungi, buat saya ketika saya mengunjungi sesebuah halaman maka saya berfikir bahwa semua halaman itu adalah sama yang perlu dijaga kualitasnya.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Mutu
  4. Ada ribuan halaman yang memiliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Tidak ada cara lain kecuali berkomitmen untuk mengunjungi halaman yang memiliki perubahan tertunda tersebut dengan target kunjungan 5-10 halaman perhari, tapi jika saya menjadi pengurus tentunya saya mempunyai jawaban lain untuk masalah ini karena perkakas yang dimiliki pengurus tentunya berbeda dengan perkakas yang dimiliki oleh editor ataupun pengembali revisi.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Saya akan berusaha memindahkan berkas-berkas tak terpakai tersebut ke commons dengan syarat berkas tersebut tidak bermasalah dengan lisensi dan layak berada di commons. Sedangkan untuk artikel tak layak, saya akan memindahkan halaman tersebut ke sub halaman si pengguna pembuat halaman tersebut dengan memberitahukan kepada mereka terlebih dahulu apakah artikel tersebut akan dilanjutkan apa tidak.
Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 12.32 (UTC)[balas]

NFarras

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Jika ada waktu luang saya berusaha memperbaiki terjemahan artikel tersebut, tetapi jika waktu tidak memungkinkan akan saya beri tag pemeliharaan terlebih dahulu dan tak lupa saya masukkan daftar pantauan sementara.
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Saya jarang berkonflik dan sebisa mungkin menghindari konflik dengan pengguna lain karena saya selalu berasumsi bahwa seseorang itu tentu punya niatan yang baik ketika ia menyunting di Wikipedia kecuali kepada pengguna yang jelas-jelas dan sengaja melanggar pedoman kebijakan
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Saya akan pelajari terlebih dahulu artikel tersebut dengan mencari perbandingan dengan artikel yang tersedia di Wikipedia bahasa lainnya dan tak lupa juga mencari informasi di internet, tapi yang paling penting bagi saya adalah mengedepankan dialog

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 13.57 (UTC)[balas]

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 14.13 (UTC)[balas]
Sama-sama dan terima kasih atas jawabannya. Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 17.24 (UTC)[balas]

Hidayatsrf

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Saya akan bertanggungjawab penuh atas setiap kebijakan yang saya ambil dlm hal menghapus berkas/halaman. Dan akan saya hadapi setiap hujatan dan komplain dari ybs dengan pendekatan pemahaman persuasif dlm suasana yang dingin
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tentu tidak, saya akan cari rujukan di Wikipedia bahasa lainnya dan internet terlebih dahulu dengan harapan mendapatkan tambahan referensi yang bagus agar artikel tersebut menjadi lebih layak.
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Yang pasti akan saya gunakan sebagai sebuah tindakan preventif
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Saya memiliki ide dlm menyikapi hal ini, kedepan saya ingin status editor diklasifikasikan atau dikelompokkan dlm spesialisasi sebuah topik bukan "editor umum" seperti halnya sekarang, mungkin nnti akan ada editor spesialis sejarah, editor spesialis ekonomi, spesialis agama dan lain sebagainya, jika kita memiliki editor yg berkualifikasi khusus dengan jumlah yang merata disemua topik, tentunya sedikit sebanyak editor2 berkualifikasi khusus tsb akan dapat membantu mematroli artikel2 yang jarang dikunjungi oleh editor umum saat ini. Dan untuk mencari editor berkualifikasi khusus tsb kita bisa menggunakan cara2 seperti pemilihan pengurus, seperti adanya pendaftaran terlebih dahulu, sesi tanya jawab dsb.
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    Saya sudah melakukan pendokumentasian pada beberapa templat dan modul yang belum di dokumentasikan dan kedepan saya akan berusaha lebih giat lagi karena kebetulan hal ini juga termasuk dlm prioritas saya.
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Mungkin saya akan menggunakan fitur tsb pada artikel yang memiliki trafik tinggi serta menjadi issue nasional yang sensitif tetapi tetap meminta masukan dan pandangan dari rekan2 pengurus lainya.
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Saya belum terpikir untuk menggunakannya, kecuali jika saya sudah mengunjungi halaman tsb dan memberi tanda tak layak pada beberapa waktu mungkin saya akan mempertimbangkan menggunakan fitur tersebut.
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Pemblokiran IP?
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    Kalau dilihat dari artinya sepertinya berkaitan dengan filter penyalahgunaan, tetapi saya belum faham seperti apa dan bagaimana cara kerja abusefilter, kedepan tentunya saya akan belajar tentang hal ini.
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Jujur saya belum begitu faham, tapi saya pasti akan belajar tentang fitur ini.
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Sudah berkali-kali saya nyatakan disetiap jawaban pertanyaan2 sebelumnya bahwa saya adalah orang yang mengedepankan dialog, tidak mungkin saya akan memutuskan sesuatu masalah secara sendirian apalagi masalah yang belum saya kuasai

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.35 (UTC)[balas]

Mohon maaf jika ada pertanyaan teknis yang mungkin jawabanya belum memuaskan, itu murni karena ketidaktahuan saya. Tapi kedepan saya akan mempelajari hal2 teknis tersebut, terimakasih.Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 23.38 (UTC)[balas]

Padliansyah553

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Secara sederhana visi saya di WBI adalah berkontribusi sebisa dan sebanyak mungkin demi membebaskan ilmu pengetahuan tentunya dengan cara menjadi seorang pengguna aktif di WBI tanpa memandang apapun status/hak pengguna. Sedangkan visi menjadi pengurus adalah untuk menjadikan artikel2 yg ada di WBI menjadi lebih baik, berkualitas, terstruktur rapi dengan berkas-berkas, infobox, kategori, item di wikidata, referensi yang memadai serta hal2 lain yang diperlukan agar artikel tersebut minimal mencapai kriteria artikel kelas awal. Tentunya dengan menjadi pengurus sedikit sebanyak akan memudahkan dan mendukung usaha saya tersebut disamping menjalankan tugas2 pokok sebagai seorang pengurus.
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Saya akan melihat dulu tak memenuhi standard itu dalam hal apa, apakah artikel tak layak, tanpa referensi, terjemahan buruk atau lainya, krn penanganan setiap artikel bermasalah tentunya berbeda, tapi yang pasti pendekatan persuasif dan mengedepankan dialog yang nantinya akan saya ambil jika saya terpilih menjadi pengurus.
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Saya akan melihat dulu sejauh mana ketertarikan ybs terhadap WBI, karena tidak mungkin semua pengguna baru akan saya bimbing karena saya juga punya kesibukan lain, jika ybs membuat artikel baru tentu saya juga bersedia untuk membantu dan mengingatkan ybs bgmn cara menambahkan kategori, item di wikidata, infobox yang sesuai dan lain sebagainya hingga artikel tersebut layak dan ensiklopedis.

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.49 (UTC)[balas]

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 22.45 (UTC)[balas]

Ardfeb

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Tidak ada upaya khusus, saya akan melakukan penyuntingan dan pengembangan seperti biasa yg saya lakukan pada semua artikel di WBI agar artikel tersebut memenuhi kelayakan atau minimal kriteria artikel kelas awal.

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.49 (UTC)[balas]

Mator sakalangkong. Mohd Zaenuri 14 Januari 2021 22.22 (UTC)[balas]

Medelam

  1. Bisa Anda jelaskan, mengapa banyak artikel yang Anda rintis, kemudian diberi tag inuse, namun setelah sekian lama tidak lama tidak juga dilanjutkan?
    Dulunya itu adalah artikel2 yang akan saya setorkan untuk proyek Saraswati 2019/2020, oleh karena proyek Saraswati sudah berakhir artikel2 inuse tersebut "agak sedikit" terbengkalai, tetapi saya berkomitmen untuk tetap melanjutkan artikel2 inuse tersebut. Terus terang saat ini saya masih sibuk urusan kerja & organisasi, nnti klu sudah agak luang pasti saya lanjutkan sesuai visi saya untuk menjadikan setiap artikel minimal memiliki kriteria artikel kelas awal.

Medelam (bicara) 15 Januari 2021 09.14 (UTC)[balas]

Terimakasih. Mohd Zaenuri 15 Januari 2021 09.57 (UTC)[balas]

Dimas Laksani

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 02.01 (UTC)[balas]

Lihat pula