Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/FBN122645 untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
penambahan pertanyaan
Baris 148: Baris 148:
|J=}}
|J=}}
[[Pengguna:Ardfeb|ardhan]] ([[Pembicaraan Pengguna:Ardfeb|bicara]]) 14 Januari 2021 15.36 (UTC)
[[Pengguna:Ardfeb|ardhan]] ([[Pembicaraan Pengguna:Ardfeb|bicara]]) 14 Januari 2021 15.36 (UTC)

=== Dimas Laksani ===
Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.
#{{PP pertanyaan
|T= Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
|J=
}}
#{{PP pertanyaan
|T= Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
|J=
}}
#{{PP pertanyaan
|T= Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
|J=
}}
Terima kasih. Salam. <span style="background-color:#FF69B4;border-radius:8px;padding:0px 2px;">[[Pengguna:Dimas Laksani|<span style="color:#000000;font-weight:medium;font-family:Georgia;"> ✿Dimas Laksani✿ </span>]]</span>[[Pembicaraan pengguna:Dimas Laksani|<span style="color:#000000;font-weight:bold;">☏</span>]] 16 Januari 2021 01.54 (UTC)


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 16 Januari 2021 01.54

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, FBN122645 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan

Rachmat04

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Sejak pertama kali bergabung di Wikipedia, saya memandang Wikipedia sebagai situs ensiklopedia bebas yang bisa disunting siapa saja. Masalah yang sering saya hadapi adalah Vandalisme yang semakin merajalela.
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Tanggung jawab yang biasa dilakukan pengurus jika saya terpilih adalah menghapus artikel tak layak sesuai dengan kebijakan penghapusan, melindungi halaman yang sangat sering divandal, memblokir akun yang terbukti vandalisme semata-mata, serta menjawab permintaan pengguna.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.18 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, Terima kasih atas pertanyaannya. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 08.11 (UTC)[balas]

Johnstad Di Maria

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Untuk Anak yang berkebutuhan khusus, saya sudah sering melihat hal tersebut di Wikipedia yang kebetulan selalu memantau perubahan terbaru, yang dapat dilakukan adalah melindungi halaman-halaman yang sangat sering disunting atau beresiko tinggi oleh ybs serta melakukan pemblokiran pada akunnya. Anak berkebutuhan khusus sering kali memasukan nonsense ke dalam artikel tanpa disertai sumber, melakukan vandalisme, serta mamasukan pernyataan yang padahal tidak ada hubungannya dengan subjek artikel. Jika ybs diberi peringatan yang semakin keras, ia malah semakin liar melakukan Vandal bahkan hingga menjalar ke proyek Wikimedia lainnya (seperti Manda Langsa yang saat ini kena Blok global). Saya berharap orang tua masing masing ybs mendapat perhatian khusus mengenai pedoman dan kebijakan di Wikipedia.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Saya memandang penyuntingan berbayar sebagai usaha untuk mendapatkan imbalan atau sejenisnya terutama uang dengan hanya memberikan kontribusi di Wikipedia yang dibayar oleh pihak tertentu. Sebenarnya saya tidak masalah dengan penyuntingan berbayar, namun yang terpenting adalah tetap mematuhi aturan atau kontribusi berbayar yang berlaku di Wikipedia serta artikel artikel yang dibuatnya pun harus sesuai dengan kriteria kelayakan artikel yang ada
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Kontribusi yang paling saya banggakan adalah selalu menolak suntingan Vandal dengan selalu melihat perubahan terbaru
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Tentu bersedia, itupun jika saya tidak ada kesibukan di dunia nyata

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.36 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, Terima kasih atas pertanyaannya. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 08.11 (UTC)[balas]

Hanamanteo

  1. Ketika Anda melihat seorang calon editor sudah memenuhi keenam persyaratan pengajuan, apakah Anda akan langsung mengangkat calon itu atau mempertanyakan hal di luar keenam persyaratan itu sepanjang masih berkaitan dengan pengajuan editor?
    Langsung diangkat jika kontribusi calon begitu meyakinkan serta bermutu, namun jika kontribusinya mengalami masalah atau kurang meyakinkan, biasanya akan diberikan pertanyaan meskipun seluruh persyaratan terpenuhi
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tidak, karena menurut kebijakan, tidak semua artikel perlu Validasi, hanya artikel yang paling rawan Vandal-lah yang perlu diperiksa
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Yang pasti mutu atau kualitas artikel
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Yaitu dengan mengajak para editor secara gotong royong memeriksa artikel tertinjau usang di istimewa:Halaman tertinjau usang, minimal memeriksa artikel tinjauan usang dalam daftar pantauan masing masing
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Jika terpilih, saya akan menghapus berkas berkas yang sudah tidak terpakai, menghapus pengalihan rusak dengan rutin memeriksa "Kategori:Halaman dengan pengalihan rusak" serta menghapus kategori tidak terpakai (jika ada kategori dengan nama sama kategori tersebut yang tidak terpakai, akan saya alihkan), tambahan jika perubahan terbaru pembuatan halaman tidak dapat diandalkan, "Log pembuatan halaman" mungkin dapat membantu


Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannya. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 09.00 (UTC)[balas]

NFarras

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Memberikan tag pemeliharaan, karena saya tidak terlalu handal dalam hal menyempurnakan atau memperbaiki terjemahan
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Selesaikan dengan kepala dingin, menemukan inti masalah lalu mencari solusi
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Biasanya saya akan memanggil pengguna yang berpengalaman dalam suatu topik yang saya tidak bisa yang mungkin bisa memberikan masukan dalam perbaikan artikel sebelum jatuh tempo penghapusan

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 13.33 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyannya. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 15.26 (UTC)[balas]

Hidayatsrf

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Yaah... biasanya saya akan bersabar dangan menyelesaikan masalah tersebut
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tidak, hanya akan diberi tag pemeliharaan yang mungkin artikel tersebut akan diperbaiki
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Fitur pemblokiran pengguna akan saya gunakan untuk pengguna yang jelas jelas melakukan Vandalisme, pemblokiran menurut saya merupakan tindakan preventif
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    pass
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    pass
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    fitur "RevisionDelete" memungkinkan pengurus untuk menyembunyikan revisi dari suatu riwayat halaman sehingga tidak bisa dilihat oleh pengguna biasa, dan hanya bisa dilihat oleh sesama pengurus. Fitur tersebut akan saya gunakan untuk isi revisi yang terbukti merupakan pelecehan atau sejenisnya
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Fitur "Nuke" akan saya manfaatkan untuk menghapus massal halaman yang dibuat oleh pengguna yang semata-mata isi seluruh artikel buatannya hanya lelucon, Vandalisme, atau beriklan
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    fitur "Range Block" memungkinkan pengurus untuk memblokir sekelompok alamat IP untuk mencegahnya menyuntinf
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    fitur "AbuseFilter" memungkinkan suatu pengguna sistem melakukan set tindakan spesifik terhadap tindakan suatu pengguna seperti suntingan, namun dengan kriteria tertentu
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    fitur "MergeHistory" memungkinkan pengurus untuk menggabungkan dua riwayat halaman sekaligus
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham, karena jika melakukan suntingan uji coba takutnya terjadi kerusakan

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.30 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannya, dan maaf jika terdapat 2 pertanyaan no.4 dan no.5 tidak bisa saya jawab. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 15.57 (UTC)[balas]

Padliansyah553

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Visi: ingin menjadi pengguna paling bermanfaat yang berkontribusi besar di WBI, serta membuat WBI bersih dari Vandalisme dan artikel-artikel tak layak, Misi:Memberantas Vandalisme, membuat banyak artikel meskipun hanya berupa rintisan. Visi dan misi pun setelah menjadi pengurus tetap sama dengan yang diatas
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Memberinya tag pemeliharaan, jika bisa, artikel tersebut akan saya perbaiki sedikit
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Biasanya jika dia ada masalah bisa menghubungi saya, saya akan menjelaskan apa yang tidak ia mengerti seperti markah wiki, kebijakan dan pedoman secara spesifik di halaman pembicaraan yang bersangkutan

Semoga sukses! — Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.41 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannnya. FBN122645Negosiasi 13 Januari 2021 23.44 (UTC)[balas]

AnsyahF

Halo Astronomia Creativa, haha.

  1. Saya mengamati betapa ambisiusnya Anda dalam Wikipedia, tetapi kurang memperhatikan kebijakan atau pedoman (seperti masalah bot). Jika Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda berencana untuk mempelajari kebijakan-kebijakan dan pedoman yang ada di Wikipedia?
    Tentu sajalah, karena pengurus harus mengetahui seluruh kebijakan dan pedoman yang ada
  2. Saya lihat sekarang Anda memerangi vandalisme. Apakah Anda masih berkontribusi di topik astronomi?
    Masih, tapi tidak se-aktif dulu karena alasan kesibukan
  3. Jika ada seorang Wikipediawan mengungkapkan umurnya (padahal umurnya belum berusia dewasa), bagaimana sikap Anda terhadap itu?
    sikap saya sih biasa saja. Karena sudah sering melihat banyak Wikipediawan dan Wikipediawati mengungkapkan umur mereka di halaman penggunanya masing-masing, dan kebetulan kebanyakan dari mereka belum berumur dewasa

Semoga sukses! AnsyahF(bicara) 14 Januari 2021 03.42 (UTC)[balas]

Demikian jawaban saya, terima kasih atas pertanyaannya. FBN122645Negosiasi 14 Januari 2021 03.49 (UTC)[balas]

Ardfeb

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.36 (UTC)[balas]

Dimas Laksani

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 01.54 (UTC)[balas]

Lihat pula