Martabak: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 19: Baris 19:
'''Martabak''' ([[bahasa Arab]]: مطبق, berarti "terlipat") merupakan sajian yang biasa ditemukan di [[Arab Saudi]] (terutama di wilayah [[Hijaz]]), [[Yaman]], [[Indonesia]], [[Malaysia]], [[Singapura]], dan [[Brunei]]. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.
'''Martabak''' ([[bahasa Arab]]: مطبق, berarti "terlipat") merupakan sajian yang biasa ditemukan di [[Arab Saudi]] (terutama di wilayah [[Hijaz]]), [[Yaman]], [[Indonesia]], [[Malaysia]], [[Singapura]], dan [[Brunei]]. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.


Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran [[telur]] dan [[daging]] serta martabak manis, padahal yang benar(kue terang bulan) yang biasanya di isi coklat dan keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di [[Malaysia]], martabak manis (yang dikenal dengan nama ''Apam Balik'') sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas [[teh tarik]].
Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran [[telur]] dan [[daging]] serta martabak manis, padahal yang benar (kue terang bulan) yang biasanya di isi coklat dan keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di [[Malaysia]], martabak manis (yang dikenal dengan nama ''Apam Balik'') sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas [[teh tarik]].


== Sejarah ==
== Sejarah ==

Revisi per 6 Januari 2021 11.20

Martabak
Martabak, sebuah omelet yang gurih dan pedas yang diisi potongan sayur dan daging cincang
Nama lainMuttabak
Matabbak
Metabbak
Mutabbaq
JenisPanekuk, omelet
Tempat asal Indonesia
 Arab Saudi
DaerahNasional
Dibuat olehOrang Arab
Suhu penyajianPanas
VariasiMartabak telur, martabak manis
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Martabak telur yang biasa dijual di Indonesia.

Martabak (bahasa Arab: مطبق, berarti "terlipat") merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis, padahal yang benar (kue terang bulan) yang biasanya di isi coklat dan keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di Malaysia, martabak manis (yang dikenal dengan nama Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.

Sejarah

Martabak Manis

Martabak manis atau yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya adalah makanan khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo.

Martabak Telur

Berawal dari seorang pemuda dari Tegal Jawa tengah yang bernama Ahmad bin Abdul Karim berkelana ke kota besar yaitu Semarang untuk berdagang pada tahun 1930. Kemudian beliau bertemu seorang warga India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary yang pandai memasak dan menjadi sahabat.

Suatu ketika Abdullah yang berasal dari India ini diajak kekampung halaman Ahmad dan diperkenalkan dengan saudara perempuannya, dan perkenalan tersebut menghasilkan pernikahan antara keduanya. Abdullah ini juga pandai membuat sebuah masakan yang terbuat dari terigu yang disebut martabak, karena beliau tinggal di Indonesia sehingga membuat kue Martabak yang lebih disesuaikan untuk lidah orang Jawa yang suka memakan sayuran, yaitu martabak yang berisi sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya.  

Karena makanan ini banyak disukai maka banyak kerabat dan tetangga dari Ahmad sahabatnya dan istrinya yang diajari membuat kue martabak tersebut, bahkan makanan ini juga sering diperkenalkan diberbagai acara diluar kota seperti pasar malam, maupun acara sekatenan di Yogyakarta dan dugderan di Semarang. Dan kini martabak telur sangat populer di Indonesia dan sudah tersebar dimana-mana.

Lihat pula