Athirah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
IreneLouie (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Kategori, navbox
Baris 65: Baris 65:
* [[Tokyo International Film Festival]], Jepang (25 Oktober – 3 November 2016)<ref>http://showbiz.liputan6.com/read/2608857/film-athirah-akan-tayang-di-3-festival-film-internasional</ref>
* [[Tokyo International Film Festival]], Jepang (25 Oktober – 3 November 2016)<ref>http://showbiz.liputan6.com/read/2608857/film-athirah-akan-tayang-di-3-festival-film-internasional</ref>


''Athirah ''berhasil meraih 6 (enam) [[Piala Citra]] dari 10 nominasi pada ajang [[Festival Film Indonesia 2016]] di Jakarta, 6 November 2016 – untuk kategori "Pengarah Artistik Terbaik" ([[Eros Eflin]]), "Penata Busana Terbaik" ([[Chitra Subyakto]]), "Penulis Skenario Adaptasi Terbaik" ([[Salman Aristo]] bersama Riri Riza), "Pemeran Utama Wanita Terbaik" ([[Cut Mini Theo]]), "Sutradara Terbaik" ([[Riri Riza]]), dan "Film Terbaik" (produser [[Mira Lesmana]]).


== Lihat juga ==
''''' Athirah ''''' berhasil meraih 6 (enam) [[Piala Citra]] dari 10 nominasi pada ajang [[Festival Film Indonesia 2016]] di Jakarta, 6 November 2016 – untuk kategori "Pengarah Artistik Terbaik" ([[Eros Eflin]]), "Penata Busana Terbaik" ([[Chitra Subyakto]]), "Penulis Skenario Adaptasi Terbaik" ([[Salman Aristo]] bersama Riri Riza), "Pemeran Utama Wanita Terbaik" ([[Cut Mini Theo]]), "Sutradara Terbaik" ([[Riri Riza]]), dan "Film Terbaik" (produser [[Mira Lesmana]]).


* [[Film Indonesia tahun 2016]]
== Lihat Juga ==
[[Film Indonesia tahun 2016]]
* [[Festival Film Indonesia 2016]]
* [[Jusuf Kalla]]


== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}}
{{Riri Riza}}{{Film Terbaik (FFI)}}

[[Kategori:Film Indonesia tahun 2016]]

{{indo-film-stub}}
{{indo-film-stub}}

[[Kategori:Film Indonesia tahun 2016]]
[[Kategori:Miles Films]]
[[Kategori:Miles Films]]
[[Kategori:Film drama Indonesia]]
[[Kategori:Film biografi Indonesia]]
[[Kategori:Film yang didasarkan dari novel Indonesia]]
[[Kategori:Film yang didasarkan dari kisah nyata]]

Revisi per 26 Desember 2020 10.55

Athirah
Poster film
SutradaraRiri Riza
ProduserMira Lesmana
Ditulis olehSalman Aristo & Riri Riza
PemeranCut Mini Theo, Christoffer Nelwan, Tika Bravani
SinematograferYadi Sugandi
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
29 September 2016
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Bahasa Melayu Makassar
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2016
  • Film Terbaik
  • Sutradara Terbaik: Riri Riza
  • Pemeran Utama Wanita Terbaik: Cut Mini Theo
  • Skenario Adaptasi Terbaik: Salman Aristo & Riri Riza
  • Tata Artistik Terbaik: Eros Eflin
  • Tata Busana Terbaik: Chitra Subyakto

Athirah (judul internasional Emma'; bahasa Makassar artinya "ibu") adalah film drama biopik Indonesia yang dirilis pada 29 September 2016; dan diadaptasi dari "Athirah", novel semi-biografi mengenai Hj. Athirah Kalla – ibunda Wakil Presiden Indonesia, M. Jusuf Kalla – karya Alberthiene Endah.

Film yang mendapat dukungan penuh dari Kalla Group ini menampilkan kisah Athirah dan Jusuf Kalla ketika muda.

Sinopsis

Kehidupan Athirah goyah ketika suaminya mengawini perempuan lain. Dalam lingkup budaya yang memungkinkan ini terjadi dan tanpa ruang bagi perempuan untuk bisa menolak, Athirah bergulat melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarganya. Sementara itu, anak laki laki tertuanya, Ucu (Jusuf Kalla), tidak tahu pada siapa ia harus berpihak. Ibunya adalah orang yang dicintainya, penuh kesabaran dan kebaikan hati, sementara Bapaknya tetap menjadi sosok yang ia kagumi.[1]

Pemeran

Prestasi

Athirah – dengan judul Internasional Emma' (berarti "Ibu") – terpilih untuk diputar di beberapa Festival Film Internasional:

Athirah berhasil meraih 6 (enam) Piala Citra dari 10 nominasi pada ajang Festival Film Indonesia 2016 di Jakarta, 6 November 2016 – untuk kategori "Pengarah Artistik Terbaik" (Eros Eflin), "Penata Busana Terbaik" (Chitra Subyakto), "Penulis Skenario Adaptasi Terbaik" (Salman Aristo bersama Riri Riza), "Pemeran Utama Wanita Terbaik" (Cut Mini Theo), "Sutradara Terbaik" (Riri Riza), dan "Film Terbaik" (produser Mira Lesmana).

Lihat juga

Referensi