Pound sterling: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 5: Baris 5:
Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata "pound" dan "sterling" sendiri merujuk pada logam [[perak]] seberat satu [[pound]] yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pada masa modern, nilai Pound Sterling tidak lagi dikaitkan dengan nilai perak dalam berat tertentu - melainkan ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan penawaran dan permintaan. Pihak yang paling bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound Sterling adalah [[Bank of England]] selaku bank sentral.
Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata "pound" dan "sterling" sendiri merujuk pada logam [[perak]] seberat satu [[pound]] yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pada masa modern, nilai Pound Sterling tidak lagi dikaitkan dengan nilai perak dalam berat tertentu - melainkan ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan penawaran dan permintaan. Pihak yang paling bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound Sterling adalah [[Bank of England]] selaku bank sentral.


Britania Raya adalah anggota [[Uni Eropa]], tetapi tidak menggunakan [[Euro]] sebagai mata uang, setelah referendum yang dilaksanakan mengindikasikan keengganan penduduk negara ini untuk menggunakan mata uang Euro. Negara Uni Eropa lainnya yang tidak menggunakan Euro adalah [[Denmark]] dan [[Swedia]][[600]]
Britania Raya adalah anggota [[Uni Eropa]], tetapi tidak menggunakan [[Euro]] sebagai mata uang, setelah referendum yang dilaksanakan mengindikasikan keengganan penduduk negara ini untuk menggunakan mata uang Euro. Negara Uni Eropa lainnya yang tidak menggunakan Euro adalah [[Denmark]] dan [[Swedia]][[666]]


== Nama ==
== Nama ==

Revisi per 1 Desember 2020 17.11

Gambar fisik satu Pound Sterling, 1886

Pound sterling (£) atau pounds saja (GBP) adalah mata uang Britania Raya. Selain di Britania Raya, Pound sterling juga digunakan di Kepulauan Falkland, Gibraltar, Guernsey, Jersey, Kepulauan Falkland, dan lain-lain.

Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata "pound" dan "sterling" sendiri merujuk pada logam perak seberat satu pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pada masa modern, nilai Pound Sterling tidak lagi dikaitkan dengan nilai perak dalam berat tertentu - melainkan ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan penawaran dan permintaan. Pihak yang paling bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound Sterling adalah Bank of England selaku bank sentral.

Britania Raya adalah anggota Uni Eropa, tetapi tidak menggunakan Euro sebagai mata uang, setelah referendum yang dilaksanakan mengindikasikan keengganan penduduk negara ini untuk menggunakan mata uang Euro. Negara Uni Eropa lainnya yang tidak menggunakan Euro adalah Denmark dan Swedia666

Nama

Nama resmi penuh pound sterling (jamak: pounds sterling), digunakan terutama dalam konteks formal dan juga ketika diperlukan untuk membedakan mata uang Britania Raya dari mata uang lain dengan nama yang sama. Selain itu, istilah pound juga biasa digunakan. Nama mata uang terkadang disingkat menjadi hanya sterling, khususnya di pasar keuangan grosir, tetapi tidak ketika merujuk pada jumlah tertentu; misalnya, "Pembayaran diterima dalam sterling" tetapi tidak pernah "Ini biaya lima sterling". Singkatan "ster." dan "stg." terkadang digunakan. Istilah "pound Inggris" kadang-kadang digunakan dalam konteks yang kurang formal, tetapi itu bukan nama resmi mata uang tersebut.

Etimologi

Ada berbagai teori mengenai asal usul istilah "pound sterling". Kamus Bahasa Inggris Oxford (dan sumber-sumber yang berasal darinya)[1][2] menyatakan bahwa etimologi "paling masuk akal" adalah turunan dari steorra Inggris Kuno untuk "bintang" dengan tambahan akhiran kecil "-ling", yang berarti "bintang kecil" dan untuk merujuk pada satu sen perak dari Normandia Inggris.[3]

Argumen lain bahwa Liga Hanseatic adalah asal mula definisi dan pembuatannya, dan atas namanya adalah bahwa nama Jerman untuk Baltik adalah "Ostsee", atau "Laut Timur", dan dari sini para pedagang Baltik dipanggil "Osterlings", atau "Easterlings". Pada tahun 1260, Henry III memberi mereka piagam perlindungan dan tanah untuk Kontor mereka, Steelyard London, yang pada 1340-an juga disebut "Easterlings Hall", atau Esterlingeshalle. Karena uang Liga tidak sering direndahkan seperti uang Inggris, pedagang Inggris menetapkan untuk dibayar dalam pound dari "Easterlings", yang dikontrak menjadi "sterling".

Encyclopedia Britannica menyatakan kerajaan (pra-Norman) Anglo-Saxon memiliki koin perak yang disebut 'sterlings' dan bahwa kata benda compound 'pound sterling' berasal dari satu pon (berat) sterlings ini.

Simbol

Tanda mata uang untuk pound adalah £, yang biasanya ditulis dengan palang tunggal (seperti pada uang kertas modern secara eksklusif sejak 1975).[4] Variasi dengan bilah palang ganda (₤) telah digunakan berselang dengan £ sejak uang kertas paling awal tahun 1725 ketika keduanya digunakan. Secara historis, huruf L sederhana digunakan di koran, buku, dan surat. Simbol ini berasal dari dokumen-dokumen Latin abad pertengahan: "L" adalah singkatan untuk libra, satuan berat dasar Romawi, diambil setara dengan pound pada hari terakhir. Dalam sistem mata uang pra-desimal (duodecimal) Inggris, istilah £ sd (atau Lsd) untuk pound, shilling, dan pence mengacu pada kata libra kata Romawi, solidus, dan dinar.

Kode mata uang

Kode mata uang ISO 4217 adalah GBP, dibentuk dari "GB", kode ISO 3166-1 alpha-2 untuk Inggris, dan huruf pertama "pound". Terkadang, singkatan "UKP" digunakan tetapi ini tidak standar karena kode negara ISO 3166 untuk Inggris adalah GB. Ketergantungan Crown menggunakan kode mereka sendiri (non-ISO): GGP (Guernsey pound), JEP (pound Jersey) dan IMP (Isle of Man pound). Harga saham sering dikutip dalam pence, sehingga pedagang dapat merujuk ke pence sterling, GBX (kadang-kadang GBp), ketika mendaftar harga saham

Cable

Nilai tukar pound sterling terhadap dolar AS disebut sebagai "cable" di pasar valuta asing grosir. Asal usul istilah ini dikaitkan dengan fakta bahwa pada 1800-an, nilai tukar GBP/USD ditransmisikan melalui kabel transatlantik. Pedagang valas GBP/USD terkadang disebut sebagai "dealer kabel". GBP/USD adalah satu-satunya pasangan mata uang dengan namanya sendiri di pasar valuta asing.

Quid (slang)

Istilah slang umum untuk pound sterling atau pound adalah quid, yang tunggal dan jamak, kecuali dalam frasa umum "quids in!". Istilah ini mungkin datang melalui imigran Italia dari "scudo", nama untuk sejumlah koin yang digunakan di Italia hingga abad ke-19; atau dari bahasa Latin 'quid' melalui frasa umum quid pro quo, secara harfiah, "untuk apa", atau, secara kiasan, "Pertukaran atau penggantian yang setara".

Subdivisi dan unit lainnya

Koin desimal

Sejak desimalisasi pada Hari Desimal pada tahun 1971, pound telah dibagi menjadi 100 pence (dinyatakan pada mata uang, hingga 1981, sebagai "pence baru"). Simbol untuk sen adalah "p"; karenanya jumlah seperti 50p (£ 0,50) yang diucapkan "lima puluh pence" cukup sering, diucapkan "fifty pee" /fɪfti pi/ dalam bahasa sehari-hari. Penyebutan ini juga membantu membedakan antara jumlah pence baru dan lama selama pergantian ke sistem desimal. Halfpenny desimal dikeluarkan sampai 1984, tetapi dihapus karena memiliki biaya yang lebih tinggi untuk memproduksi daripada nilai nominalnya.

Pra-desimal

Sebelum desimalisasi pada tahun 1971, pound dibagi menjadi 20 shilling dan masing-masing shilling menjadi 12 pence, membuat 240 pence ke pound. Simbol untuk shilling adalah "s." - bukan dari huruf pertama "shilling", tetapi dari solidus Latin. Simbol untuk sen adalah "d.", Dari denier Prancis, dari denarius Latin (solidus dan denarius adalah koin Romawi). Sejumlah campuran shilling dan pence, seperti 3 shilling dan

  1. ^ "Sterling". Online Etymology Dictionary. n.d. Diakses tanggal 19 Februari 2014.
  2. ^ "A myth with a silver lining". The Grammarphobia Blog. 25 Juni 2011. Diakses tanggal 19 Februari 2014.
  3. ^ "sterling, n.1 and adj.". OED Online. Desember 2011. Oxford University Press. Entry 189985. Diakses tanggal 28 Februari 2012.
  4. ^ "Withdrawn banknotes". Bank of England. Diakses tanggal 13 September 2019. ("£1 1st Series Treasury Issue" to "£5 Series B")