Mongolia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Membalikkan revisi 17607004 oleh Katasandiyangsalahsilahkancobalagi (bicara) Perubahan data tanpa rujukan
Tag: Pembatalan
k Cina ---> Tiongkok
Baris 3: Baris 3:
{{Mongolia infobox}}
{{Mongolia infobox}}
[[Berkas:Mongolia in its region.svg|jmpl]]
[[Berkas:Mongolia in its region.svg|jmpl]]
'''Mongolia''' ([[bahasa Mongol]]: Монгол Улс) adalah sebuah [[negara]] yang terkurung daratan di [[Asia Timur]]; berbatasan dengan [[Rusia]] di sebelah utara, dan [[Republik Rakyat Tiongkok]] di selatan. Mongolia merupakan pusat [[Kekaisaran Mongol]] pada [[abad ke-13]] tetapi dikuasai oleh [[Dinasti Qing]] sejak akhir [[abad ke-17]] hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan [[Uni Soviet]] pada [[1921]]. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui [[Cina]] sampai tahun 1949. Setelah [[Komunis]] menguasai [[Cina daratan]], Cina akhirnya mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah [[keruntuhan Uni Soviet]], Mongolia menganut aliran [[demokrasi]]. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan [[Alaska]] sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang [[gersang]] kebanyakan wilayah berupa [[padang rumput]] dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan [[Gurun Gobi]] di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis [[Suku Mongol|Mongol]] yang menganut agama [[Buddha Tibet]] dengan kehidupan [[nomaden]].
'''Mongolia''' ([[bahasa Mongol]]: Монгол Улс) adalah sebuah [[negara]] yang terkurung daratan di [[Asia Timur]]; berbatasan dengan [[Rusia]] di sebelah utara, dan [[Republik Rakyat Tiongkok]] di selatan. Mongolia merupakan pusat [[Kekaisaran Mongol]] pada [[abad ke-13]] tetapi dikuasai oleh [[Dinasti Qing]] sejak akhir [[abad ke-17]] hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan [[Uni Soviet]] pada [[1921]]. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui [[Tiongkok]] sampai tahun 1949. Setelah [[Komunis]] menguasai [[Tiongkok Daratan|Tiongkok daratan]], Tiongkok akhirnya mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah [[keruntuhan Uni Soviet]], Mongolia menganut aliran [[demokrasi]]. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan [[Alaska]] sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang [[gersang]] kebanyakan wilayah berupa [[padang rumput]] dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan [[Gurun Gobi]] di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis [[Suku Mongol|Mongol]] yang menganut agama [[Buddha Tibet]] dengan kehidupan [[nomaden]].


== Sejarah ==
== Sejarah ==

Revisi per 20 November 2020 00.37

Mongolia

ᠮᠣᠩᠭᠣᠯ ᠤᠯᠤᠰ
Монгол Улс
Mongol Uls (Mongol)
Semboyan
Lagu kebangsaan
Монгол улсын төрийн дуулал
Mongol ulsyn töriin duulal
("Himne Nasional Mongolia")
Lokasi Mongolia Peta
Ibu kota
Ulaanbaatar¹
47°55′N 106°53′E / 47.917°N 106.883°E / 47.917; 106.883
Bahasa resmiMongol
Aksara resmiKiril Mongol
Mongol[1]
Kelompok etnik
(2010)
Agama
Buddhisme (53%)
Tidak beragama (38,6%)
Islam (3%)
Syamanisme (2,9%)
Kekristenan (2,2%)
Lainnya (0,4%)[2]
DemonimMongolian
PemerintahanKesatuan semi-presidensial republik konstitusional
• Presiden
Ukhnaagiin Khürelsükh
Luvsannamsrain Oyun-Erdene
Legislatifᠤᠯᠤᠰ ᠤᠨ
ᠶᠡᠬᠡ
ᠬᠤᠷᠠᠯ

Улсын Их Хурал
Ulsyn Ikh Hural
Pembentukan
sekitar 209 SM
1206
29 Desember 1911
11 Juli 1921
26 November 1924
• Kemerdekaan diakui oleh Tiongkok
5 Januari 1946
• Konstitusi saat ini
13 Februari 1992
Luas
 - Total
1.564.116 km2 (18)
 - Perairan (%)
0,67[2]
Penduduk
 - Perkiraan 2020
3.658.863[3] (134)
2,07/km2
PDB (KKB)2019
 - Total
$47 miliar[4] (115)
$14.270[4] (93)
PDB (nominal)2019
 - Total
$13,7 miliar[4] (133)
$4.151[4] (116)
Gini (2018)Steady 32,7[5]
sedang
IPM (2019)Kenaikan 0,737[6]
tinggi · 99
Mata uangTögrög (₮)
(MNT)
Zona waktu
(UTC+7/+8[7])
Format tanggalyyyy.mm.dd (CE)
Lajur kemudikanan
Kode telepon+976
Kode ISO 3166MN
Ranah Internet.mn
.мон
  1. Juga dieja "Ulan Bator".
  2. "Mongolian" menunjukkan kebangsaan, yang mencakup minoritas seperti Kazakh dan Tuva, sedangkan "Mongol" merujuk kepada etnis Mongol.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Mongolia (bahasa Mongol: Монгол Улс) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Timur; berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, dan Republik Rakyat Tiongkok di selatan. Mongolia merupakan pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13 tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17 hingga sebuah pemerintah merdeka dibentuk dengan bantuan Uni Soviet pada 1921. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia tidak diakui Tiongkok sampai tahun 1949. Setelah Komunis menguasai Tiongkok daratan, Tiongkok akhirnya mengakui kemerdekaan Mongolia. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Mongolia menganut aliran demokrasi. Dengan luas wilayah yang sebanding dengan Alaska sebagian besar wilayah Mongolia memiliki tanah yang gersang kebanyakan wilayah berupa padang rumput dengan pegunungan di bagian barat dan utara dan Gurun Gobi di selatan. Mayoritas penduduknya beretnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan kehidupan nomaden.

Sejarah

  • Periode Bangsa Hunnu (Hsiung-nu)
Bangsa Hun menjadi terkenal di bawah kepemimpinan Modun Khaan dari Dinasti Tiongkok yang mengontrol jalur perdagangan di daerah Turkistan. Kemudian kehancuran menimpa peradaban Hunnu bersamaan dengan kehancuran dinasti Hundi Tiongkok.
  • Periode Bangsa Cian-bi (Hsien-pi)
Penduduk bangsa Hunnu bergabung ke wilayah bangsa Cian-bi (136-181 Masehi). Cian-bi menjadi bangsa yang kuat dan memperluas wilayah dan membagi tiga bagian hingga ke timur sampai ke Korea di bawah kepemimpinan Tanishikuai. Sampai era kepemimpinan Kabinen, bangsa Cian-bi mengalami banyak perebutan wilayah. Tahun 235, Kabinen tewas dan bangsa Cian-bi mengalami kehancuran.
  • Periode Bangsa Jujan (Rouran)
Dibangun oleh penduduk sisa bangsa Cian-bi, bangsa Jujan yang berpusat di pegunungan Khangai berkembang pada abad ke-5.
  • Periode Bangsa Tukish
Bangsa Tukish yang dibangun dari pecahan Kerajaan Jujan memperluas wilayahnya hingga ke semenanjung Korea dan Tiongkok. Penduduk dari bangsa Uyghur ikut bergabung pada 745 Masehi. Bangsa Tukish menjadi bangsa yang kuat di Mongolia.
  • Periode Bangsa Uighur
Bangsa Uighur lahir dari bagian bangsa Tukish. Pada periode 745 Masehi, Uighur mengontrol jalur perdagangan dari China hingga ke kawasan timur Asia.
  • Periode Bangsa Kitan
Abad X-XII, Mongolia dikuasai Kitan yang berpusat di Sungai Liao, pegunungan Khyangan dan menguasai wilayah Mongolia pada tahun 924 Masehi. Pada 936 Masehi, bangsa Kitan menguasai wilayah Bahain dan 16 wilayah Tiongkok utara. Tahun 1120, bangsa Kitan hancur.
  • Periode Mongol
Abad XII, Mongolia dikuasai oleh Kerajaan Mongol yang menduduki tiga sungai dan pegunungan Altai hingga sungai Selenge. Kerajaan ini dipimpin oleh Khabula Khaan (Kubilai khan). Cucunya yang bernama Yesugei mendirikan Kerajaan Mongol Khanlig. Yesudei wafat tahun 1170 dan Kerajaan Mongol terbagi menjadi beberapa bagian. Anaknya yang bernama Temujin menguasai tampuk kepemimpinan Mongol. Dalam masa kepemimpinannya, Kerajaan Mongol Khanlig menjadi bagian negara yang disegani.

Geografi

Bagian selatan Mongolia adalah Gurun Gobi, sedangkan bagian barat dan utara kebanyakan pegunungan
Bentang darat Mongolia
Kota Ulan Bator, kota terbesar sekaligus ibu kota Mongolia

Dengan luas 1.564.116 km2 (603.909 sq mi),[8] Mongolia adalah negara ke-19 terluas di dunia (setelah Iran) dan sebelum Peru).

Geografi negara ini adalah Gurun Gobi di bagian selatan dan wilayah pegunungan yang dingin di bagian utara. Banyak juga wilayah Mongolia terdiri dari stepa. Titik tertinggi di Mongolia adalah Bukit Khüiten di Tavan bogd dengan ketinggian 4.374 m (14.350 ft). Kebanyakan wilayah negara ini merasakan panas di musim panas dan sangat dingin di musim dingin (di bulan Januari suhu rata-ratanya −30 °C (−22 °F)).[9]

Ulan Bator, ibu kota negara ini, adalah ibu kota negara dengan rata-rata suhu terendah di dunia.

Politik

Mongolia terkenal pada abad ke-13 di bawah kepemimpinan Genghis Khan karena berhasil menaklukkan berbagai kerajaan di Eurasia. Setelah kematian Genghis Khan, Mongolia dibagi menjadi beberapa negara bagian yang kuat dan terpecah pada abad ke-14. Semua negara bagian kemudian bersatu kembali ke Mongolia awal dan berada di bawah pemerintahan Tiongkok.

Pada 1921, atas bantuan Uni Soviet (sudah bubar), Mongolia merdeka dari Tiongkok. Sebuah pemerintahan komunis dibentuk pada 1924. Pada era 1990-an, Partai Revolusioner Rakyat Mongolia (MPRP) mengalahkan Koalisi Uni Demokratik (DUC). Ini merupakan kumpulan dari berbagai partai beraliran demokratis. Koalisi DUC mengalahkan MPRP pada pemilu tahun 1996. Pada Pemilu tahun 2000, parlemen Mongolia dikuasai oleh MPRP. Pada pemilu 2004, DUC dan MPRP membentuk koalisi pemerintahan.

Pada 11 Januari 2005, sepuluh menteri di pemerintahan koliasi mengundurkan diri dan dalam kondisi krisis. Ada 18 menteri di dalam pemerintahan koalisi antara MPRP (yang sebelumnya bernama Partai Komunis) dan Partai Demokratik yang merupakan payung politik mantan Perdana Menteri Tsakhia Elbegdorj. Partai Demokratik hanya mempunyai 25 anggota di parlemen.

Pembagian administratif

Mongolia terbagi dalam 21 provinsi (aymguud; disingkat aimag atau aymag) dan 1 kotamadya (hot) setingkat provinsi.

Peta Mongolia

Ekonomi

Demografi

Agama

Seorang pemuda Mongolia

Berbagai bentuk Shamanisme telah banyak dipraktikkan sepanjang sejarah Mongolia sekarang, karena kepercayaan semacam itu biasa terjadi di kalangan orang-orang nomaden dalam sejarah Asia. Keyakinan semacam itu berangsur-angsur berujung pada Buddhisme Tibet, namun perdukunan telah meninggalkan tanda pada budaya religius Mongolia, dan terus dipraktikkan.

Secara tradisional, Buddhisme Tibet adalah agama yang dominan. Namun, hal itu ditekan di bawah rezim komunis sampai tahun 1990, dengan hanya satu vihara yang diizinkan tinggal. Sejak tahun 1990, saat liberalisasi dimulai, Buddhisme telah mengalami kebangkitan kembali.

Agama di Mongolia
(populasi berusia 15 ke atas)
Agama Populasi %
Buddhisme 909,357 53
Islam 190,702 3.0
Perdukunan 155,174 2.9
Kekristenan 41.117 2.1
Agama lain 6,933 0.4
Ateisme 835,283 40
'TOTAL' 3.000.000 100,0


Etnis

Data Sensus Nasional[10]
Kelompok Etnis Bagian Dari Suku 1956 1963 1969 1979 1989 2000 2010[11]
Khalkh Mongolic 639,141 775,376 911,079 1,235,806 1,610,424 1,934,674 2,168,141
Kazakh Turkic 36,729 47,735 62,812 84,305 120,506 102,983 101,526
Dörbet Mongolic 25,667 31,339 34,725 45,053 55,208 66,706 72,403
Bayid Mongolic 15,874 19,891 25,479 31,053 39,233 50,824 56,573
Buryat Mongolic 24,625 28,523 29,772 29,802 35,444 40,620 45,087
Zakhchin Mongolic 15,772 14,399 15,662 18,957 23,478 25,183 32,845
Dariganga Mongolic 16,852 18,587 20,603 24,564 29,040 31,909 27,412
Altai Uriankhai Mongolic 10,833[12] 13,140 15,057 19,475 22,998 29,766 26,654
Darkhad Mongolic 8,826 10,174 10,716 14,757 19,019 21,558
Khotogoid Mongolic ... ... ... ... ... 7,237 15,460
Torguud Mongolic 4,729 6,028 7,119 8,617 10,050 12,628 14,176
Khotons Mongolic 2,603 2,874 4,056 4,380 6,076 9,014 11,304
Myangad Mongolic 2,518 2,712 3,222 4,173 4,760 6,028 6,592
Tuvan Turkic ... ... ... ... ... 4,778 5,169
Barga Mongolic 2,458 2,343 2,305 1,999 2,130 2,506 2,989
Üzemchin Mongolic 2,046 2,070 2,127 2,030 2,086 2,386 2,577
Eljigin Mongolic ... ... ... ... ... 151 1,340
Sartuul Mongolic ... ... ... ... ... 1,540 1,286
Hamnigan of Tungusic origin Mongolic ... ... ... ... ... 565 537
Tsaatan Mongolic ... ... ... ... ... 303 282
Chantuu Mongolic ... ... ... ... ... 380 260
Kharchin Mongolic ... ... ... ... ... 266 152
Chahar Mongolic ... ... ... ... ... 123 132
(Huuchid)[a] Mongolic ... ... ... ... ... ... ...
(Baarin)[a] Mongolic ... ... ... ... ... ... ...
(Khorchin)[a] Mongolic ... ... ... ... ... ... ...
(Tümed)[a] Mongolic ... ... ... ... ... ... ...
Kebangsaan Russia 13,444 8,905 1,433 196 140 2,020 2,474
Kebangsaan China 16,157 21,981 725 344 247 3,374 8,688
Kebangsaan Korea ... ... ... ... ... 338 1,522
Kebangsaan Amerika Serikat ... ... ... ... ... 303 656
Others 11,125 6,819 35,045 8,653 1,509 ... ...
Mongolia 845,481 1,017,162 1,188,271 1,538,980 1,987,274 2,365,269 2,754,685
  1. ^ a b c d Tidak masuk dalam daftar Sensus

Budaya

Referensi

  1. ^ "Official Documents to be in Mongolian Script". UB Post. June 21, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 1, 2011. Diakses tanggal 2010-07-11. 
  2. ^ a b c "Mongolia". The World Factbook. CIA. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2015. Diakses tanggal August 9, 2015. 
  3. ^ "Explore all countries–Mongolia". World Fact Book. Diakses tanggal 24 Oktober 2022. 
  4. ^ a b c d "World Economic Outlook Database, January 2019". IMF.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 24 February 2019. 
  5. ^ "Gini Index". World Bank. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 8, 2014. Diakses tanggal March 2, 2011. 
  6. ^ "Human Development Report 2018 – "Human Development Indices and Indicators"" (PDF). HDRO (Human Development Report Office) United Nations Development Programme. hlm. 22–25. Diakses tanggal 14 September 2018. 
  7. ^ "Waktu Standar Mongolia adalah GMT (UTC) +8, beberapa wilayah Mongolia menggunakan GMT (UTC) +7". Time Temperature.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 13, 2007. Diakses tanggal September 30, 2007. 
  8. ^ CIA World Factbook countries by area
  9. ^ "Republic of Mongolia" (PDF). 2004. Diakses tanggal 2008-02-10. 
  10. ^ "Монгол улсын ястангуудын тоо, байршилд гарч буй өөрчлөлтyyдийн асуудалд" М.Баянтөр, Г.Нямдаваа, З.Баярмаа pp.57-70
  11. ^ Mongolia National Census 2010 Provision Results. National Statistical Office of Mongolia Diarsipkan September 15, 2011, di Wayback Machine. (in Mongolian.)
  12. ^ In the 1956 National Census Darkhad were counted with Uriankhai

Pranala luar