Leo Esaki: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
SieBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ht:Leo Esaki
Baris 26: Baris 26:
[[Kategori:Pemenang Hadiah Nobel dalam bidang fisika]]
[[Kategori:Pemenang Hadiah Nobel dalam bidang fisika]]
[[Kategori:Fisikawan Jepang]]
[[Kategori:Fisikawan Jepang]]
[[Kategori:Tokoh Jepang pemenang Hadiah Nobel]]


[[bg:Лео Есаки]]
[[bg:Лео Есаки]]

Revisi per 15 Oktober 2008 00.52

Leo Esaki (江崎 玲於奈; transkripsi yang benar Esaki Reona; juga dikenal sebagai Esaki Leona, (lahir 12 Maret 1925) adalah fisikawan Jepang-AS yang bekerja pada peralat kristal (dioda semikonduktor) dan menunjukkan bahwa besarnya hambatan listrik terkadang menurun dengan bertambahnya arus listrik. Ia menghubungkannya dengan penerowongan mekanika kuantum. Untuk penemuan ini, ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika 1973. Leo Esaki memenangkan hadiah Nobel ini bersama-sama dengan Ivan Giaever dan Brian David Josephson mengenai fenomena yang juga dikenal sebagai terobosan elektron (electron tunneling). Di dalam dunia elektronika, Esaki sering dikenal dengan hasil penemuannya berupa dioda Esaki, yang dikembangkan berdasarkan prinsip dasar terobosan elektron tersebut.

Esaki dilahirkan di Osaka, Jepang, dan belajar ilmu Fisika di Universitas Tokyo, serta berhasil mendapatkan gelar Sarjana pada tahun 1947, kemudian gelar PhD pada tahun 1959. Hasil penemuan dioda yang merupakan elemen dasar dari transistor dan sirkuit terintegrasi (IC chip) ini merupakan hasil riset yang dia lakukan pada tahun 1958 mengenai terobosan elektron di dalam benda padat. Pada tahun 1960, Esaki pindah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan perusahaan IBM T.J. Watson Research Center, sampai akhirnya dia mendapatkan predikat dan status sebagai IBM Fellow pada tahun 1967.

Di antara beberapa buku yang pernah ditulisnya adalah:

  • Large scale integrated circuits technology : state of the art and prospects : proceedings of the NATO Advanced Study Institute on "Large Scale Integrated Circuits Technology: State of the Art and Prospects," Erice, Italy, July 15-27, 1981 / diedit oleh Leo Esaki dan Giovanni Soncini(1982)
  • Highlights in condensed matter physics and future prospects / diedit oleh Leo Esaki (1991)


Pranala luar