Roy Karyadi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
OrophinBot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-Sumatera +Sumatra)
Baris 34: Baris 34:


== Sinetronografi ==
== Sinetronografi ==
* ''[[Bella Vista|Bella Vista 2]]''
* ''[[Senja Makin Merah]]''
* ''[[Senja Makin Merah]]''
* ''[[Shangrilla]]''
* ''[[Shangrilla]]''

Revisi per 7 Oktober 2020 06.35

Templat:Infobox artis indonesia Roy Hadiyanto Karyadi atau kerap disapa Roy Karyadi dan dikenal juga sebagai Roy Voorneman (lahir 22 September 1947) adalah seorang aktor asal Indonesia. Selain berprofesi sebagai aktor, Roy Karyadi juga memiliki wirausaha di bidang makanan dan minuman.

Biografi

Aktor blasteran Belanda-Jawa ini memulai puncak kariernya setelah membintang film berjudul Tjoet Nja' Dhien pada tahun 1988 dengan berperan sebagai Voorneman. Sebelum berkiprah di industri perfilman, Roy menempuh studi sekolah perhotelan di Belanda dan Austria selama 2 tahun, dan melanjutkan studi manajemen perhotelan di London. Tahun 1962, Roy berpindah kewarganegaraan ke Belanda. Namun pada tahun 1978, Roy kembali menetap dan menjadi Warga Negara Indonesia hingga sekarang. Roy juga merupakan teman akrab dari Rudy Wowor karena memiliki kesamaan, termasuk sama-sama keturunan Belanda[1].

Kini, Roy menjalankan bisnis usaha makanan dan minuman, dengan membuka gerai Homey Breads di Jakarta. Setelah lama tidak berkecimpung di dunia perfilman, Roy membuka bisnis roti khas Eropa. Nama Voorneman pada usahanya ini diambil dari nama ibunya dan perannya kala itu pada film Tjoet Nja' Dhien[2].

Filmografi

Sinetronografi

Referensi