Bruder: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Perubahan kosmetika
Huruf
Tag: Pengembalian manual VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
'''Bruder''' (dari [[bahasa Belanda]] ''Broeder'' yang berarti 'saudara lelaki') adalah nama panggilan bagi seorang [[Rohaniwan]] [[Katolik]] awam (tidak ditahbiskan) yang menjalani kaul kemiskinan, selibat dan ketaatan. Seorang bruder biasanya tinggal dalam suatu komunitas dan bekerja dalam pelayanan sebagai [[guru]], [[seniman]], [[koki]], [[teknisi]], sesuai dengan [[talenta]] dan [[bakat]]nya. termasuk Seorang calon Bruder dapat memilih masuk ke sebuah Kongregasi/Tarekat/Ordo yang memiliki anggota Pastor dan Bruder seperti [[Agustinus]], [[Karmelit]], [[Dominikan]], [[Fransiskan]], atau juga Tarekat yang hanya beranggotakan para Bruder. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa Kongregasi yang hanya menerima atau beranggotakan para Bruder, seperti:
'''Bruder''' (dari [[bahasa Belanda]] ''broeder'' yang berarti 'saudara lelaki') adalah sebutan bagi seoranng [[Katolik]] awam yang(tidak ditahbiskan)menjadi seorang rohaniawan yang menjalani kaul kemiskinan, selibat dan ketaatan. Seorang bruder biasanya tinggal dalam suatu komunitas dan bekerja dalam pelayanan sebagai [[guru]], [[seniman]], [[koki]], [[teknisi]], sesuai dengan [[talenta]] dan [[bakat]]nya. ''Bruder'' biasanya termasuk ordo [[Agustinus]], [[Karmelit]], [[Dominikan]], [[Fransiskan]], dan [[FIC]]. Jadi ''bruder' adalah biarawan awam yg bukan rohaniawan Katolik.

# Kongregasi Bruder [[FIC]] (Fratrum Immaculatae Conceptionis)
# Kongregasi Bruder FC (''Fratrum Caritatis/Bruder Karitas)''
# Kongregasi Bruder BM (Budi Mulia)
# Kongregasi Bruder MTB (Maria Tak Bernoda)
# Kongregasi Bruder CSA


== Sejarah ==
== Sejarah ==

Revisi per 4 Oktober 2020 15.47

Bruder (dari bahasa Belanda broeder yang berarti 'saudara lelaki') adalah sebutan bagi seoranng Katolik awam yang(tidak ditahbiskan)menjadi seorang rohaniawan yang menjalani kaul kemiskinan, selibat dan ketaatan. Seorang bruder biasanya tinggal dalam suatu komunitas dan bekerja dalam pelayanan sebagai guru, seniman, koki, teknisi, sesuai dengan talenta dan bakatnya. Bruder biasanya termasuk ordo Agustinus, Karmelit, Dominikan, Fransiskan, dan FIC. Jadi bruder' adalah biarawan awam yg bukan rohaniawan Katolik.

Sejarah

Ketika Monastisisme berkembang pada masa kekristenan awal, sebagian besar biarawan tetap berstatus awam, karena pentahbisan untuk pelayanan dipandang sebagai suatu halangan bagi panggilan biarawan untuk menjalani hidup kontemplatif. Mengikuti Peraturan Santo Benediktus, gaya hidup utama mereka adalah sebagai petani atau pertapa.

Berbagai kekuatan dan kecenderungan pada Abad Pertengahan menyebabkan situasi di mana para biarawan tidak lagi mengikuti cara hidup tersebut. Sebaliknya, mereka fokus utama pada kewajiban agama doa syafaat. Hal ini didorong oleh kepercayaan spiritual antara keanggotaan umum Gereja Katolik atas doa biarawan untuk mencapai keselamatan.

Lihat pula