Universitas Trunojoyo Madura: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
k Rizal Febri memindahkan halaman Universitas Trunojoyo ke Universitas Trunojoyo Madura: Nama resmi perguruan tinggi ini adalah "Universitas Trunojoyo Madura"
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 17 September 2020 11.53

University of Trunojoyo Madura
Didirikan2001
RektorDr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si.,
Jumlah mahasiswa21.000 orang (data tahun 2019)
Lokasi
Bangkalan, Indonesia
Nama julukanUTM
Logo Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo Madura adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kabupaten Bangkalan (Madura), Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001. Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Universitas Trunojoyo Madura merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur. Universitas Trunojoyo Madura juga dikenal dengan sebutan UTM.

Universitas Trunojoyo Madura dibangun di atas lahan seluas 28,5 hektar, yang terletak lima kilometer dari Pelabuhan Kamal Madura dan 15 kilometer dari kota Bangkalan. Pengembangan kampus pada masa yang akan datang diarahkan menjadi lingkungan yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Pohon-pohon direncanakan akan lebih banyak[1] ditanam. Selain itu, lokasi Universitas Trunojoyo Madura akan berada dalam lingkungan pusat pengembangan Bangkalan sebagai perluasan Kota Surabaya dalam satuan wilayah pengembangan Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan)

Sejarah

Universitas Trunojoyo Madura merupakan kelanjutan dari Universitas Bangkalan Madura (Unibang) yang ‘berubah statusnya’ dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 85 Tahun 2001 Tertanggal 5 Juli 2001.

Peresmian berlangsung pada tanggal 23 Juli 2001. Dalam sambutannya Abdurrahman Wahid sebagai Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, mengatakan bahwa salah satu keinginan Masyarakat Madura untuk memiliki Universitas Negeri telah tercapai. Yang kedua, keinginan lainnya agar pulau Madura dihubungkan dengan pulau Jawa, telah dilaksanakan pencanangan pemancangan Jembatan Suramadu oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003.

Keberadaan Universitas Trunojoyo Madura seperti kondisinya yang ada saat ini, masih dalam tahap pembenahan-pembenahan mendasar, seperti renovasi gedung perkuliahan, kantor administrasi kantor pusat maupun fakultas, dan prasarana kampus seperti instalasi listrik dan air, taman kampus serta sarana olahraga dalam kampus. Dilakukan pula upaya untuk melengkapi dan pengadaan sarana laboratorium di Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

Arti Lambang

Berkas:Unijoyo.jpg
Lambang Universitas Trunojoyo

Hymne dan Mars Universitas Trunojoyo

Hymne Universitas Trunojoyo

Satukan tekad bersama membangun tanah pusaka
Menunjung tinggi cita mulya
Giat belajar dan berkarya
Demi mewujudkan cita-cita kita semua
Bertakwa kepada Tuhan teguhkan iman di dada
Berjanji setia Pancasila
Curahkan segala harapan
Bangkitkan semangat untuk menggapai masa depan

Wahai satria jasakan baktimu,
Siap selalu berjuang untuk bangsa dan negara,
Indonesia jaya.


Mars Universitas Trunojoyo

Terpatri sudah semua di dalam dada
Senada dengan cita bangsa
Menggapai masa depan ceria
Rakyat cerdas dan berbudi mulia
Membangun negara
Sejalan dengan UUD empat lima
Membahanakan gema kata
Mencerdaskan kehidupan bangsa kita
Demi negara Indonesia jaya,Negara pusaka

Negara pusakaMari tuntut ilmu bersama
Universitas Trunojoyo Madura siap sedia
Kelak kita baktikan diri
Terhadap nusa dan bangsa
Berkarya dan sikap perwira
Almamater takkan lupa
Universitas Trunojoyo Madura tercinta
Menjunjung tinggi harkat semua pribadi
Semoga selalu berjaya

Program Studi

Unit Kegiatan Mahasiswa

Untuk mendukung proses kegiatan dalam kampus, terdapat beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), antara lain:

Unit Pelaksana Teknis

  • UPT. Perpustakaan
  • UPT. PUSKOM
  • UPT. Pusat Bahasa
  • UPT. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
  • UPT. Laboratorium Dasar
  • UPT. BAAKPSI
  • UPT. BAUK
  • UPT. Penjaminan Mutu
  • UPT. LP3MP

Fasilitas

Alumni

Sebagai Universitas Negeri satu-satunya di Madura. UTM telah mencetak Ribuan Alumni dan banyak yang menjadi Tokoh-Tokoh besar di Madura dan Nasional. Salah satu Alumni dan Mantan Wakil Presiden Mahasiswa UTM juga terlibat aktif dan terpilih dalam politik nasional seperti Slamet Ariyadi DPR RI dapil Madura periode 2019-2024. Selain itu juga tercatat Alumni yang terlibat aktif dalam keaktivisan dan Pergerakan Seperti Ach Zahid Presiden Mahasiswa UTM 2018 yang telah menorehkan rekor pertama di Madura dengan mencetak Rekor MURI penjahitan dan pembentangan bendera merah putih terpanjang bersama ribuan mahasiswa UTM pada HUT RI yang ke 73. Serta masih banyak yang lain.

Referensi

  1. ^ "Universitas Trunojoyo Madura". www.trunojoyo.ac.id. Diakses tanggal 2018-03-07. 

Pranala luar