Alat pendeteksi sarana kereta api: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Waditya89 (bicara | kontrib)
alat pendeteksi sarana kereta api digunakan untuk mengetahui keberadaan posisi sarana kereta api pada petak jalur atau lintasan tertentu. Alat pendeteksi sarana kereta api terdapat dua jenis yaitu Axle counter dan Track circuit.
Tag: tanpa kategori [ * ] VisualEditor
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 30 Juli 2020 05.16

Kereta api erat kaitannya dengan sebuah pola sistem operasi yang terintegerasi antara Sarana, Prasarana dan SDM Perkeretaapian yang turut serta dalam pengoperasian. Tanpa salah satu diantara ketiga hal tersebut. Sistem operasi tidak akan berjalan dengan baik. Demi menjamin keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api, salah satunya adalah penggunaan alat pendeteksi keberadaan sarana kereta api yang terletak di jalur rel kereta.

Fungsi

Alat pendeteksi sarana kereta api berfungsi sebagai penanda atau pemantau atau pemberitahuan kepada Petugs Pengatur Perjalanan Kereta Api bahwa sebuah blok atau petak jalan rel sedang terisi atau terdapat sarana kereta api yang sedang berjalan. Keberadaan alat pendeteksi sarana ini sangat penting kaitannya dalam operasi kereta api,

Jenis

Terdapat dua jenis alat pendeteksi keberadaan sarana kereta api yang digunakan, yaitu :

  • Axle Counter
  • Track Circuit

Axle Counter

Bekerja dengan cara menghitung jumlah gandar pada sarana kereta api yang masuk atau keluar dari petak / blok jalur tersebut. Ketika sarana kereta api melintasi alat axle counter, maka alat ini akan membaca berapa jumlah gandar roda yang masuk dan akan membaca jumlah gandar roda yang keluar. Sistem kerja axle counter ini akan membaca bahwa jalur rel kereta disebut clear jika jumlah gandar roda yang masuk dan gandar roda yang keluar sama jumlahnya, namun alat ini akan membaca jalur rel terisi "occupied" jika jumlah gandar roda yang masuk tidak sama dengan jumlah gandar yang keluar.

Track Circuit

Fungsi dan kegunaan alat track circuit sama hal-nya dengan axle counter yang akan membaca keberadaan / posisi sarana kereta api yang berada pada petak jalur rel tertentu. namun terdapat perbedaan pada sistem kerjanya. Pada Track Circuit sistem kerjanya dengan cara menjalankan sirkuit dengan rel kereta api dan dihubungkan dengan sumber daya di salah satu ujung blok dengan relai. Sumber daya dan relai ini terhubung ke rel dengan kabel menggunakan daya tegangan yang rendah di rel dan akan kembali lagi ke sumber daya melalui rel lainnya.

Jika terjadi kerusakan alat pada sirkuit, maka sistem akan mengalami kegagalan secara aman. Ketika kondisi rel mengalami kerusakan atau terjadi gangguan pada sumber aliran listrik maka track circuit akan menyebabkan sistem relai tidak menyala, status yang keluar pada meja pelayanan ruang PPKA akan berstatus jalur diduduki sarana kereta api. Petugas PPKA akan melaporkan hal ini kebagian tim persinyalan agar dilakukan pengecekan dan perbaikan agar fungsi kembali normal.

Lihat Pula

Sistem inspeksi kereta api

Pengatur Perjalanan Kereta Api

Bakal pelanting

Pranala Luar

Mengenal alat pendeteksi sarana kereta api, axle counter dan track circuit.