Surya Paloh: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
CakImam12 (bicara | kontrib)
→‎Pranala luar: Menambah Medcom.id
Cleanup.
Baris 79: Baris 79:
== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}}

== Pranala luar ==
* {{id}} [http://www.metrotvnews.com/ Metro TV]
* (Indonesia) [https://www.medcom.id/ Medcom.id]
* {{id}} [http://mediaindonesia.com/ Media Indonesia]
* {{id}} [http://www.mediagroup.co.id/ Media Group]
* {{id}} [http://partainasdem.id/ Partai NasDem]


{{s-start}}
{{s-start}}

Revisi per 28 Juli 2020 04.53

Surya Paloh
Paloh pada tahun 2015
Ketua Umum Partai Nasdem ke-2
Mulai menjabat
25 Januari 2013
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Direktur Utama Metro TV
Masa jabatan
2000–2006
Sebelum
Pendahulu
Tidak ada
Pengganti
Wisnu Hadi
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Surya Dharma Paloh

16 Juli 1951 (umur 72)
Indonesia Koetaradja, Aceh Darussalam, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Partai politikBerkas:Logo GOLKAR.jpg P. Golkar (1968–2011)
P. NasDem (2011–sekarang)
Suami/istriRosita Barrack
HubunganNova Harivan Paloh (keponakan)
AnakPrananda Surya Paloh
Tempat tinggalJakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Alma materUniversitas Sumatra Utara
Universitas Islam Sumatra Utara
ProfesiPolitikus
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini
Surya Paloh
PekerjaanChairman Media Group
Direktur Utama Metro TV (2000-2006)
Politisi
Tahun aktif1969-Sekarang
Tempat kerjaMedia Group
Dikenal atasMedia Group
Metro TV[1]
Media Indonesia[2]
Orang tuaMuhammad Daud Paloh
Nursiah Paloh

Surya Dharma Paloh (lahir 16 Juli 1951) adalah pengusaha pers dan pimpinan Media Group yang memiliki harian Media Indonesia, Lampung Post, dan stasiun televisi Metro TV. Ia sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat[3] Surya Paloh aktif dalam politik dan dia adalah mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar periode 2004-2009[4]. Ia juga pendiri ormas Nasional Demokrat, yang kemudian dianggap sebagai penerus Partai Nasdem (Partai Nasional Demokrat). Lahir dari pasangan Daud Paloh dan Nursiah Paloh.[5]

Kehidupan pribadi

Surya Paloh lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951, ia besar di kota Pematangsiantar, Sumatra Utara. Ia menjadi pengusaha di Kota Medan. Aktivitas politik menyebabkannya pindah ke Jakarta, menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dua periode. Justru di kota metropolitan ini, kemudian Surya Paloh terkenal sebagai seorang pengusaha muda Indonesia.

Surya Paloh mengenal dunia bisnis tatkala ia masih remaja. Sambil bersekolah ia berdagang teh, ikan asin, karung goni, dan lain-lain. Ia membelinya dari dua orang tauke sahabat yang sekaligus gurunya dalam dunia usaha, lalu dijual ke beberapa kedai kecil atau ke perkebunan PT Perkebunan Nusantara. Di Medan, Surya Paloh mendirikan perusahaan karoseri sekaligus menjadi agen penjualan mobil.

Sembari berdagang, Surya Paloh juga bersekolah di SMA Negeri 7 Medan serta setelah itu ia menjenjang ke perguruan tinggi negeri Di Fakultas Hukum, Universitas Sumatra Utara namun tidak selesai dan melanjutkan pendidikannya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Sumatra Utara, Medan. Dikenal karena aktif organiasi, Surya Paloh membuat organisasi massa yang sama-sama menentang kebijakan salah dari pemerintahan Orde Lama. Surya Paloh menjadi salah seorang pimpinan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI).

Setelah KAPPI bubar, ia menjadi Koordinator Pemuda dan Pelajar pada Sekretariat Bersama Golkar. Beberapa tahun kemudian, Surya Paloh mendirikan Organisasi Putra-Putri ABRI (PP-ABRI), lalu ia menjadi Pimpinan PP-ABRI Sumatra Utara. Bahkan organisasi ini, pada tahun 1978, didirikannya bersama anak ABRI yang lain, di tingkat pusat Jakarta dikenal dengan nama Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

Karier

Saat masih dalam 14 tahun, Surya sudah memulai bisnis leveransir, di sebuah kota kecil Serbelawan tahun 1965. Ketika memasuki SMA Negeri 7 Medan tahun 1967, Surya bekerja pula sebagai Manajer Travel Biro Seulawah Air Service. Setamat SMA duduk di bangku kuliah, Surya dipercaya mengelola Wisma Pariwisata, di Jalan Patimura, Padang Bulan, Medan oleh pemilik Baharuddin Datuk Bagindo, yang juga memiliki pabrik korek api PT BDB di Pematang Siantar.

Sejak tahun 1973 bersama kakak iparnya Jusuf Gading, Surya dipercaya sebagai Direktur Utama PT Ika Diesel Bros untuk menjalankan usaha distributor mobil Ford dan Volkswagen, di Medan. Lalu, pada tahun 1975 ditunjuk pula menjadi kuasa usaha direksi Hotel Ika Darroy, terletak di Banda Aceh, merangkap sebagai Direktur Link Up Coy, Singapura, yang bergerak di bidang perdagangan umum.[6]

Surya Paloh mendirikan Surat Kabar Harian Prioritas pada 2 Mei 1986. Koran yang dicetak berwarna ini, laku keras. Akrab dengan pembacanya yang begitu luas sampai ke daerah-daerah. Sayang, surat kabar harian itu tidak berumur panjang, keburu di cabut SIUPP-nya oleh pemerintah. Isinya dianggap kurang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

Kendati bidang usaha penerbitan pers mempunyai risiko tinggi, bagi Surya Paloh, bidang itu tetap merupakan lahan bisnis yang menarik. Ia memohon SIUPP baru, namun, setelah dua tahun tak juga keluar. Minatnya di bisnis pers tak bisa dihalangi, ia pun kerjasama dengan Achmad Taufik Menghidupkan kembali Majalah Vista. Pada tahun 1989, Surya Paloh bekerja sama dengan Drs. T. Yously Syah mengelola koran Media Indonesia. Atas persetujuan Yously sebagai pemilik dan pemimpin redaksinya, Surya Paloh memboyong Media Indonesia ke Gedung Prioritas. Penyajian dan bentuk logo surat kabar ini dibuat seperti Prioritas. Kemajuan koran ini, menyebabkan Surya Paloh makin bersemangat untuk melakukan ekspansi ke berbagai media di daerah. Disamping Media Indonesia dan Vista yang terbit di Jakarta, Surya Paloh bekerjasama menerbitkan sepuluh penerbitan di daerah. Kesepuluh media tersebut adalah Harian Atjeh Post dan Mingguan Peristiwa di Aceh, Harian Mimbar Umum di Medan, Harian Sumatra Ekspres di Palembang, Harian Lampung Pos di Bandar Lampung, Harian Gala di Bandung, Harian Yoga Pos di Yogyakarta, Harian Nusa Tenggara dan Bali News di Denpasar, Harian Dinamika Berita di Pemimpin Perang BanjarBanjarmasin, serta Harian Cahaya Siang di Manado.

Surya Paloh menghadirkan koran Proritas di pentas pers nasional dengan beberapa keunggulan. Pertama, halaman pertama dan halaman terakhir di cetak berwarna. Kedua, pengungkapan informasi kelihatan menarik dan berani. Ketika, foto yang disajikan dikerjakan dengan serius. Faktor-faktor itulah yang menyebabkan koran ini dalam waktu singkat, berhasil mencapai sirkulasi lebih 100 ribu eksemplar. Tidak sampai setahun, break event point-nya sudah tercapai.[7]. Ancaman yang selalu menghantui Prioritas justru bukan karena kebangkrutan, tetapi pencabutan SIUPP oleh pemerintah. Terbukti kemudian, ancaman itu datang juga. Koran Prioritasnya mati dalam usia yang terlalu muda karena pemberitaannya dianggap kasar dan telanjang.

Salah satu pengusung kebebasan pers adalah Surya Paloh. Kebebasan pers menjadi yang Surya perjuangkan baru memperoleh pembenaran di era reformasi. Pers akhirnya memperoleh kebebasannya yang hilang melalui Permenpen Nomor 1/Per/Menpen/1984 dicabut oleh Menpen Yunus Yosfiah pada tahun 1998. Pada 18 November 2000, Surya mengundang Presiden Abdurrahman Wahid untuk meresmikan pendirian Metro TV sebagai sebuah stasiun televisi berita pertama di Indonesia. Lambang kepala burung rajawali putih mulai muncul pada dua entitas media yang berpengaruh miliknya, koran Media Indonesia dan stasiun televisi Metro TV. Seminggu kemudian tepatnya pada 25 November 2000 Metro TV mulai mengudara pertama kali, menyajikan siaran berita selama 18 jam setiap hari dengan dukungan teknologi yang fully digital. Kemudian, tanggal 1 April 2001 Metro TV siaran non-stop selama 24 jam setiap hari. Kehadiran Metro TV menjadi sebuah terobosan terbesar dalam dunia pertelevisian nasional.

Referensi

  1. ^ "About Metro TV". Redaksi Metro TV. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
  2. ^ "Sejarah Media Indonesia". Redaksi Media Indonesia. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
  3. ^ "Susunan Pengurus DPP Partai Nasional Demokrat". Partai Nasional Demokrat. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
  4. ^ "Surya Paloh quits Golkar party". Redaksi Antara News. 7 September 2011. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
  5. ^ "The rise of media owners in RI politics". The Jakarta Post. 23 November 2011. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
  6. ^ "Profil Surya Paloh". Tokoh Tokoh. Diakses tanggal 21 Oktober 2014. 
  7. ^ "Pembawa Suara Masa Depan". Redaksi Tokohindonesia.com. Diakses tanggal 19 Oktober 2014. 
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Patrice Rio Capella
Ketua Umum Partai Nasdem
2013–sekarang
Petahana
Didahului oleh:
-
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar
2004–2009
Diteruskan oleh:
Akbar Tanjung
Jabatan media
Jabatan baru Direktur Utama Metro TV
2000–2006
Diteruskan oleh:
Wisnu Hadi