Akademi Hanlin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Text edited
HsfBot (bicara | kontrib)
k clean up
 
Baris 40: Baris 40:


[[Kategori:Tiongkok]]
[[Kategori:Tiongkok]]



{{Tiongkok-stub}}
{{Tiongkok-stub}}

Revisi terkini sejak 25 Juli 2020 07.51

Akademi Hanlin
翰林院
AktifDinasti Tang, pemerintahan Kaisar Xuanzong–1911
PendiriKaisar Xuanzong
Lokasi
Akademi Hanlin
Hanzi: 翰林院

Akademi Hanlin adalah institusi akademik dan administrasi yang didirikan pada abad ke-8 oleh Kaisar Xuanzong dari Dinasti Tang di Chang'an.

Keanggotaan di akademi ini terbatas hanya pada sekelompok elit sarjana, yang melakukan tugas kesekretariatan dan sastra untuk kekaisaran. Salah satu tugas utamanya adalah memutuskan interpretasi kitab klasik Tiongkok. Akademi Hanlin menjadi dasar dari Ujian Kenegaraan, seorang calon birokrat harus lulus dari akademi ini untuk mendapat posisi jabatan yang lebih tinggi. Banyak seniman yang bekerja untuk kekaisaran juga menempuh pendidikan di Akademi Hanlin.

Anggota akademi[sunting | sunting sumber]

Beberapa akademisi Hanlin yang terkenal adalah:

Kebakaran 1900[sunting | sunting sumber]

Akademi Hanlin tahun 1744, setelah renovasi pada masa Kaisar Qianlong.

Akademi Hanlin Beijing dan perpustakaannya rusak parah akibat kebakaran ketika terjadi peristiwa Pengepungan Legasi Asing di Peking (sekarang Beijing) pada 1900 oleh Kesatria Gansu saat berjuang melawan Aliansi Delapan Negara. Pada 24 Juni, api dengan cepat menyebar di Akademi Hanlin:

Bangunan-bangunan tua terbakar seperti jerami dengan suara raungan yang menenggelamkan suara desingan peluru dari rentetan tembakan yang dilepaskan secara membabi buta dari jendela bagian atas oleh pasukan Muslim pimpinan jenderal Tung Fu-shiang.

Beberapa orang yang melakukan pembakaran ditembak mati, tetapi bangunan akademi ini sudah terbakar seperti neraka dan pohon-pohon tua yang berdiri di sekelilingnya berkobar seperti obor.

Upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan kitab Yung Lo Ta Tien, tetapi kitab ensiklopedia yang terkenal itu telah hancur sehingga upaya itu akhirnya dihentikan.

— Saksi mata Lancelot Giles, putra Herbert Giles[1]

Banyak teks kuno lainnya juga habis terbakar api.[2]

Akademi Hanlin masih terus beroperasi hingga ditutup selama 1911 Revolusi Xinhai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BOXER REBELLION // CHINA 1900". HISTORIK ORDERS, LTD WEBSITE. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 12, 2005. Diakses tanggal 2008-10-20. 
  2. ^ Diana Preston (1999). The Boxer Rebellion: The Dramatic Story of China's War on Foreigners That Shook the World in the Summer of 1900Perlu mendaftar (gratis). hlm. 138–140. ISBN 0-8027-1361-0.