Wikipedia:Kelayakan artikel/Organisasi dan perusahaan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RaFaDa20631 (bicara | kontrib)
RaFaDa20631 (bicara | kontrib)
Baris 247: Baris 247:


====Perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek====
====Perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek====
{{short|WP:LISTED}}
{{short|WP:TBK}}
Sudah banyak diskusi mengenai perusahaan publik yang didaftarkan pada bursa efek seperti [[NYSE]] dan bursa efek internasional lainnya, layak dibuatkan artikelnya. '''Tidak ada jaminan bahwa perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek, OTOMATIS layak dibuatkan artikelnya'''. Akan tetapi, banyak sumber independen yang tersedia untuk perusahaan tersebut, sehingga kelayakannya bisa ditentukan menggunakan kriteria pokok di atas. Contohnya adalah pemberitaan pers independen dan laporan analis. Ingat, penulis artikel harus memastikan untuk mencari peliputan itu dan menambahkan referensinya ke artikel untuk membangun kelayakan artikel.
Sudah banyak diskusi mengenai perusahaan publik yang didaftarkan pada bursa efek seperti [[NYSE]] dan bursa efek internasional lainnya, layak dibuatkan artikelnya. '''Tidak ada jaminan bahwa perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek, OTOMATIS layak dibuatkan artikelnya'''. Akan tetapi, banyak sumber independen yang tersedia untuk perusahaan tersebut, sehingga kelayakannya bisa ditentukan menggunakan kriteria pokok di atas. Contohnya adalah pemberitaan pers independen dan laporan analis. Ingat, penulis artikel harus memastikan untuk mencari peliputan itu dan menambahkan referensinya ke artikel untuk membangun kelayakan artikel.



Revisi per 24 Juli 2020 07.30

Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa Indonesia.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Geografi
Organisasi,
Perusahaan

Sekolah
Desa
Situs web
Film,
Acara televisi

Musik
Bahasa,
Dialek

Halaman ini digunakan untuk menentukan seberapakah organisasi dan perusahaan (komersial dll.), atau produk-produk dan jasanya, layak untuk dijadikan artikel Wikipedia. Lingkup panduan ini mencakup semua kelompok orang yang berserikat/berkumpul untuk suatu tujuan dengan pengecualian lembaga pendidikan nirlaba, agama atau sekte, dan tim olahraga. Jika subjek lain memiliki pedoman kelayakan yang lebih spesifik, kelayakan ini atau kelayakan sesuai topiknya dapat berlaku. Misalnya artikel bertopik grup band dapat mematuhi WP:BAND.

Secara singkat organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki tujuan tertentu, baik komersial maupun tidak. Termasuk seperti organisasi amal, partai politik, rumah sakit, lembaga, organisasi minat dan bakat, klub sosial, perusahaan dan badan usaha, atau lembaga pendidikan komersial.

Tidak mencakup artikel bertopik keluarga, grup seni hiburan, kelompok penulis, dan kelompok penemu, baca: WP:TOKOH.

Keputusan berdasarkan bukti terverifikasi

Untuk bisa dikatakan layak, sumber-sumber tepercaya yang tidak memiliki keterkaitan langsung dengan subjeknya baik organisasi maupun produknya wajib disertakan sebagai bahan bukti. Kelayakan tersebut harus berdasarkan sumber-sumber terpublikasi—bahkan jika sumbernya belum didaftarkan secara langsung pada artikel (silakan kembangkan atau tambahkan sendiri jika belum ada).

Tak ada kelayakan yang tetap

Tidak ada perusahaan atau organisasi layak secara tetap, apapun jenis organisasinya, termasuk sekolah.[1] Jika organisasi memiliki sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sumber independen, dianggap tidak layak karena apa pun perusahaan yang ada belum tentu layak. Ingat, "layak (notable)" TIDAK SAMA DENGAN "terkenal" atau "penting!" Tidak masalah seberapa "pentingnya" perusahaan Anda harus memiliki artikel di Wikipedia, tetapi sumber tepercaya itulah yang akan menentukan apakah artikel Anda dihapus

Dalam mengevaluasi kelayakan organisasi, atau produk, pertimbangkan apakah mereka sudah mempunyai dampak bagi masyarakat, budaya, hiburan, olahraga, ekonomi, sejarah, literatur, ilmu pengetahuan, atau pendidikan. Perusahaan besar dan produknya banyak memiliki informasi terverifikasi dari sumber tepercaya yang bisa membuktikan kelayakan tersebut. Akan tetapi, perusahaan kecil dan produknya bisa layak. Yang penting, artikel Anda tidak boleh menciptakan suatu bias yang dapat menguntungkan organisasi atau produk Anda, mengingat kebanyakan artikel bertopik perusahaan kecil atau perseorangan sekalipun, tidak diperbolehkan disertakan karena Wikipedia bukan tempat untuk beriklan.WP:NOTADVERTISING.

Tak ada kelayakan yang diwariskan

Suatu organisasi dapat tidak layak meski ada orang atau peristiwa penting memiliki kaitan erat dengannya. Suatu perusahaan dapat tidak layak meski memiliki banyak anak perusahaan yang terkenal dan layak dibuatkan artikelnya. Organisasi atau perusahaan harus memiliki sumber tepercaya yang independen agar ditetapkan layak. Misalnya: jika ada orang yang layak artikelnya membeli perusahaan restoran, perusahaan itu tidak "mewarisi" kelayakan terkait anggotanya. Jika ada orang yang layak artikelnya masuk ke organisasi, organisasi itu tidak "mewarisi" kelayakan berdasarkan anggotanya.

Berlaku juga sebaliknya. Organisasi bisa layak artikelnya, tetapi organisasi tidak bisa "mewarisi" kelayakan artikel untuk tiap anggotanya. Begitu pula perusahaan terhadap anak-anak usahanya.

Kriteria pokok

Perusahaan, korporasi, organisasi, kelompok, produk, atau jasa dianggap layak bila subjeknya sudah banyak dicakup sumber-sumber sekunder tepercaya yang independen terhadap subjek.

Kriteria ini harus mematuhi kelayakan umum dengan menekankan kualitas sumber untuk mencegah manipulasi yang dilakukan oleh pemasar profesional dan hubungan masyarakat (humas). Pedoman ini bertujuan untuk mencegah artikel Wikipedia yang bertopik perusahaan disalahgunakan sebagai media beriklan.

Kriteria utama

Untuk menentukan artikel tersebut layak, sumber-sumber yang digunakan harus:

  1. signifikan,
  2. independen terhadap subjek,
  3. tepercaya,
  4. sumber sekunder.

Tambahannya, sumber yang diberikan juga harus sebanyak-banyaknya dan jangan hanya satu. Jika sumbernya diragukan, sumber tersebut harus dihilangkan atau ditandai belum bisa membangun kelayakan.

Contoh

Saya membaca artikel berjudul Acme Inc. mengutip empat sumber: satu kalimat dari The New York Times yang menunjukkan keunggulan produk Acme dibandingkan produk pesaing; tulisan profil perusahaan di Forbes yang ditulis oleh kontributor bukan karyawan perusahaan; satu kiriman blog oleh penggemar TI yang menampilkan ulasan produknya; dan sebuah putusan pengadilan yang menuntut pesaing terkait pelanggaran hak paten. Analisis:

  • The New York Times tepercaya, independen, dan sekunder – tetapi tidak mempunyai signifikansi (satu kalimat yang menyebutkan artikel perusahaan lain).
  • Profil perusahaan di blog Forbes blog sangat signifikan dan sekunder – tetapi tidak tepercaya dan independen (kiriman itu disponsor oleh perusahaan atau bersumber dari materi pemasaran perusahaan).
  • Kiriman blog ini signifikan dan sekunder – tetapi dapat tidak independen (terkadang bersponsor; jadi tanpa bukti sebaliknya, penulis harus berhati-hati dan mengecualikan sumbernya) dan tidak tepercaya (karya yang tidak dipublikasikan sendiri umumnya tidak tepercaya).
  • Putusan pengadilan bersifat signifikan, independen, dan tepercaya (karena itu adalah produk hukum terverifikasi) – tetapi tidak sekunder (sumber primer). Juga, putusan pengadilan tidak selalu dapat dianggap sebagai fakta untuk apa pun di luar tindakan hukum yang diambil; tuntutan itu tidak terbukti sampai kasus itu selesai.

Artinya artikel tidak memiliki sumber tunggal yang bisa digunakan untuk membangun kelayakan artikel perusahaan.

Anda dapat merangkum informasi tersebut dalam tabel ini

Sumber Signifikan? Independen? Tepercaya? Sekunder? Lulus/Gagal Keterangan
The New York Times Silang merah YaY YaY YaY Silang merah Ada satu kalimat yang membahas perusahaan lain
Profil di Forbes YaY Silang merah Silang merah YaY Silang merah Kebanyakan disponsori oleh perusahaan atau berdasarkan materi pemasaran perusahaan
Kiriman blog YaY ???? Silang merah YaY Silang merah Kiriman blog dapat bersponsor dan karya blog biasanya dipublikasikan sendiri
Putusan pengadilan YaY YaY YaY Silang merah Silang merah Sumber primer
Jumlah sumber terpenuhi 0 Harus ada banyak sumber yang mematuhi empat hal tersebut untuk bisa memenuhi syarat kelayakan

Signifikansi

Kedalaman cakupan subjek oleh sumber itu harus dipertimbangkan. Cakupan trivial atau insidental sangat tidak dianjurkan untuk membangun kelayakan. Cakupan yang dalam dan signifikan menyediakan ikhtisar, deskripsi, komentar, survei, studi, diskusi, analisis, atau evaluasi dari produk, perusahaan, atau organisasi.

Kuantitas tidak menentukan signifikansi. Hanya kualitas konten yang bisa mengatur. Kumpulan banyak sumber trivial dianggap tidak signifikan; jumlah tayangan, hit, suka, bagikan, dll. sama sekali tidak dianggap signifikan. Mirip juga, statistik (seperti jumlah karyawan, pendapatan, laba, usia perusahaan, dll.) tidak membuat cakupan menjadi signifikan. Agar cakupannya signifikan, sumber harus menjelaskan dan membahas perlakuan terhadap karyawan dan perubahan kepemimpinan alih-alih hanya menyertakan fakta bahwa perusahaan mempekerjakan 500 orang atau menyebut bahwa Si Fulan bin Fulan menjadi CEO baru. Sehingga, signifikansi tidak ditentukan berdasarkan tingkat reputasi sumber terhadap subjek. Misalnya, artikel 400 kata di The Village Voice justru signifikan daripada kalimat tunggal pada The New York Times. Namun,reputasi sumber dapat menentukan apakah sumber itu tepercaya dan independen.

Berikutnya, sumber-sumber ini tidak dapat ditransfer atau diatribusikan di antara pihak terkait. Sumber yang mendeskripsikan topik khusus yang berkaitan dengan organisasi tidak boleh dianggap memberikan cakupan yang signifikan dari organisasi itu. Oleh karena itu, artikel tentang penarikan produk atau biografi CEO memiliki cakupan signifikan di artikel Wikipedia terkait produk atau CEO, tetapi tidak boleh dimasukkan dalam artikel perusahaan.

Contoh cakupan trivial

Sumber trivial yang gagal membangun kelayakan artikel bertopik perusahaan antara lain:

  • kompilasi atau daftar sederhana berupa
    • nomor telepon, alamat, jam buka
    • lokasi kantor pusat, kantor cabang, waralaba
    • karyawan, pimpinan, direksi, atau pemegang saham
    • penawaran produk dan layanan
    • manual, spesifikasi, atau sertifikasi produk
    • paten, testimoni, dan gugatan hukum
    • jadwal acara dan hasilnya (ditempatkan pada artikelnya tersendiri apabila itu penting)
    • data statistik lainnya.
  • pengumuman atau pemberitahuan seperti
    • perubahan harga saham atau obligasi
    • laporan keuangan triwulan, tahunan, dan perkiraan penghasilan
    • pembukaan kantor pusat, kantor cabang, atau waralaba
    • peluncuran lini produk, diskon, perubahan harga, atau penarikan produksi
    • partisipasi dalam acara-acara industri, seperti pameran perdagangan atau diskusi panel
    • acara korporasi atau RUPS
    • perekrutan, promosi-degradasi, dan PHK karyawan
    • ekspansi, akuisisi, penjualan, atau penutupan bisnis
    • transaksi modal.
  • pernyataan yang cepat usang seperti
    • penghargaan tidak notable yang diterima organisasi, orang atau produknya
    • pernah menjadi sponsor terhadap acara, organisasi nirlaba, atau sukarelawan,
    • kutipan cerita dari anggota organisasi
    • janji perusahaan atau produk yang dibahas (contoh. "Menanggapi protes tersebut, perusahaan seperti Acme Inc, telah berjanji untuk mengatasi kondisi kerja di pabrik mereka")
  • penyertaan dalam daftar perusahaan terbaik, misalnya "top 100",[2]
  • penyertaan dalam kumpulan yang memiliki kriteria yang terlalu bebas (yaitu berusaha untuk memasukkan setiap item yang ada daripada memilih contoh terbaik, yang paling layak), misalnya basis data, arsip, direktori, kamus, bibliografi, almanak,
  • penyertaan keterlibatannya dalam acara, insiden, kontroversi yang hanya berskala lokal (lihat #Audiensi),
  • ceramah, kuliah, dan presentasi yang dilakukan oleh anggota perusahaan
  • daftar dan pernyataan yang tidak disertai dengan komentar, survei, studi, diskusi, analisis, atau evaluasi produk, perusahaan, atau organisasi.

Daftar ini dimaksudkan belum lengkap, lihat #Ulasan produk terkait pembahasan lengkap tentang ulasan restoran, acara, dan produk apa yang memenuhi syarat sebagai cakupan yang signifikan.

Contoh cakupan yang substansial
  • Artikel berita yang membahas kontroversi yang berhubungan dengan merger perusahaan
  • Artikel ilmiah, bagian buku, atau liputan media yang membahas produk atau organisasi
  • Film dokumenter yang membahas dampak lingkungan dari pabrik atau produk dari perusahaan
  • Entri ensiklopedia atau buku sejarah yang membahas sejarah organisasi
  • Laporan lembaga perlindungan konsumen tentang keamanan produk tertentu
  • Panduan yang ditulis oleh orang yang independen terhadap subjek (misalnya For Dummies).
Audiensi

Audiensi sumber harus diperiksa. Bukti cakupan signifikan oleh media massa nasional, internasional, atau regional, adalah indikasi kelayakan yang kuat. Terkait media massa lokal dengan peredaran terbatas bukanlah indikasi kelayakan; tetapi setidak-tidaknya media yang beredar secara regional, provinsial, nasional, atau internasional harus diperlukan

Perilaku ilegal

Terdapat kemungkinan adanya organisasi tidak terkenal akan memiliki sejumlah sumber penting yang membahas perilaku mereka yang melawan hukum. Sumber yang membahas perilaku ini tidak boleh digunakan untuk menyatakan "kelemahan organisasi". Namun, organisasi mungkin masih layak baik seluruhnya maupun sebagian karena sumber-sumber itu, tetapi dengan pedoman berbeda seperti WP:CRIME.

Sumber independen

Uji kelayakan primer adalah apakah ada orang yang tidak memiliki hubungan atau kepentingan pribadi pada subjek sudah mempertimbangkan perusahaan, perusahaan, produk atau layanan layak dibuatkan artikel sehingga mereka telah menulis dan menerbitkan karya nontrivial dan nonrutin yang berfokus padanya. Promosi diri bukan jalan untuk memenuhi kualifikasi artikel ensiklopedia. Ada dua jenis independensi yang perlu dipertimbangkan ketika mengevaluasi sumber:

  • Independensi pengarang (atau independensi fungsional): penulis tidak boleh memiliki kedekatan dengan perusahaan, organisasi, atau produk. Termasuk anggota organisasi, pemilik, investor, (sub)kontraktor, vendor, distributor, pemasok, rekan bisnis, pelanggan, kompetitor, sponsor dan tersponsor, dan pihak-pihak yang memperoleh untung atau rugi.
  • Independensi konten (atau independensi intelektual): konten tidak boleh dibuat oleh pihak berkepentingan. Banyak pihak terkait subjek membuat teks naratif yang kemudian disalin, ditiru, atau diterbitkan baik sebagian atau seluruhnya oleh pihak-pihak independen. Konten independen, untuk bisa layak, harus berisi pendapat, analisis, investigasi, dan pengecekan fakta yang asli dan independen, dari sumber terafiliasi dengan subjek.

Publikasi dagang harus diperlakukan hati-hati. Meski karangan-karangan khas[3] dari majalah dagang besar bisa digunakan asal independen, ada banyak orang yang menolak menggunakan cakupan publikasi itu untuk membangun kelayakan artikel. Hal ini mengingat banyak badan usaha menggunakan publikasi untuk meningkatkan citranya.[4]

Jika independensinya diragukan, pertimbangkan untuk menghilangkannya dari cari lagi sumber lain.

Jika sudah, sumber primer dan sumber yang dipublikasikan sendiri boleh digunakan dengan hati-hati untuk memverifikasi isi artikelnya. Mohon baca dulu Wikipedia:Otobiografi untuk informasi mengenai masalah verifikasi dan kenetralan yang mempengaruhi materi tersebut saat subjek artikelnya adalah sumber materi.

Contoh sumber dependen
  • rilisan pers dan materi-materi kehumasan
  • materi yang dirilis berdasarkan rilisan pers bahkan jika sumbernya independen
  • iklan dan pemasaran yang dibuat oleh organisasi itu
  • artikel yang berbayar atau bersponsor
  • materi yang dipublikasikan sendiri (vanitas)
  • paten baik yang sedang menunggu atau sudah ditetapkan,[5]
  • materi yang ditulis atau dipublikasikan oleh organisasi, anggotanya, atau sumber yang dekat dengan itu, baik langsung maupun tidak langsung
  • karya lain yang membahas cerita yang ditulis oleh perusahaan, badan usaha, organisasi—baik yang dipublikasikan sendiri, atau dicetak ulang oleh pihak lain (contohnya autobiografi Who's Who).

Banyak sumber

Satu sumber saja belum cukup untuk membangun kelayakan.

"Sumber" dapat berasal dari karyanya, pengarangnya, atau penerbitnya. Untuk tujuan kelayakan, sumber harus tidak terkait satu sama lain untuk bisa dikatakan "banyak". Berita dari lembaga berita tunggal (seperti AP) disalin di banyak koran (katakanlah di Los Angeles Times, Chicago Tribune, dan Orlando Sentinel) masih dianggap satu sumber. Jika banyak jurnalis pada banyak koran menulis subjek tersebut terpisah dan independen, sumber-sumber tersebut dianggap terpisah, bahkan jika apa yang akan dibahas itu merujuk "kejadian" atau "cerita" yang sama. Seri artikel yang ditulis oleh satu pengarang masih dianggap "satu sumber". Artikel berbeda yang tayang dalam koran yang sama juga "satu sumber". Seri buku yang ditulis oleh pengarang yang sama juga "satu sumber".

Keberadaan banyak sumber independen harap ditunjukkan. Sumber hipotetis (misalnya "perusahaan ini besar/tua/penting sehingga harus butuh banyak sumber, tapi saya tidak mau mencarinya") akan gagal memenuhi kriteria kelayakan.

Kata "banyak" sama sekali tidak berkaitan dengan angka, tetapi bergantung jenis organisasi dan produk. Penulis harus mempertimbangkan bias-bias tertentu, seperti keterkinian (ketersediaan sumber-sumber terkini) ketika menilai perusahaan bersejarah atau bias sistemik (ketersedian sumber-sumber Barat/berbahasa Inggris) ketika membahas organisasi di negara berkembang. Oleh karena itu, misalnya, organisasi hak wanita Bangladesh sejak 1960-an akan layak dengan cukup satu dua sumber berkualitas, yang mungkin tidak layak bagi perusahaan rintisan teknologi yang berada di wilayah metropolitan besar Amerika Serikat.

Sumber tepercaya

Sumber tepercaya adalah sumber pihak ketiga yang mempunyai reputasi sebagai pemeriksa fakta dan akurasi. Sumber terbaik memiliki struktur profesional terkait pemeriksaan atau analisis fakta, masalah hukum, bukti, dan argumentasi. Semakin besar pengawasannya, semakin dapat tepercaya sumbernya. Sumber dipertanyakan adalah sumber-sumber yang reputasinya buruk dalam memeriksa fakta, tanpa penelaahan editorial, atau memiliki konflik kepentingan. Sumber yang dipublikasikan sendiri umumnya gagal sebagai sumber tepercaya.

Sumber sekunder

Sumber sekunder berasal dari pemikiran yang dibuat berdasarkan sumber primer. Misalnya, analisis, evaluasi, interpretasi, sintesis fakta, bukti, konsep, dan ide dari sumber primer. Tidak harus signifikan, tepercaya, bahkan independen sekalipun. Sumber primer adalah materi asli yang dekat dengan kejadian dan sering ditulis oleh orang yang terlibat. Sumber primer bukan patokan untuk membangun kelayakan artikel. Yang merupakan sumber primer:

  • profil perusahaan di situs web
  • laporan tahunan perusahaan
  • memoar atau wawancara oleh direksi
  • rilisan pers dan pengumuman
  • putusan pengadilan dan paten
  • audit oleh pemerintah
  • testimoni oleh konsumen
  • petunjuk pedoman pemilik produk

Ulasan produk

Ulasan produk, peristiwa, dan restoran (yang penulisnya mendeskripsikan pengalaman dan opini pribadi) harus diperlakukan dengan sangat hati-hati. Tinjauan ini banyak yang memiliki nilai sejarah dan tradisi (misalnya restoran, buku, film), sedangkan yang lain (gawai atau blog perjalanan) lebih baru dan riskan dimanipulasi pemasaran dan kehumasan. Seperti sumber lain, tinjauan harus memenuhi kriteria pokok agar bisa memenuhi persyaratan kelayakan:

  1. Signifikan: ulasan yang ringkas dan rutin (seperti Zagat) gagal memenuhi ini. Ulasan yang signifikan adalah ulasan yang penulisnya sudah merasakan pengalaman atau mencoba produk itu secara pribadi secara mendalam, menyediakan konteks yang luas, serta menyusun perbandingannya dengan produk lain. Tinjauan yang hanya berfokus pada satu produk atau fungsi tanpa konteks luas (seperti ulasan mengenai hidangan tanpa menyebutkan restoran tempatnya dihidangkan) gagal memenuhi signifikansi. Ulasan yang terlalu umum atau membingungkan agar dapat menentukan bahwa penulisnya sudah merasakan pengalaman dengan produk yang diulasnya juga gagal memenuhi signifikansi. Lebih jauh, tinjauan ini harus dipublikasi dalam media yang dipublikasi tidak secara lokal (lihat #Audiensi). Misalnya, ulasan panen raya dalam koran lokal gagal memenuhi signifikansi.
  2. Independen: banyak ulasan yang tidak independen, seperti iklan atau penempatan produk. Ulasan yang bersponsor termasuk ulasan "coba gratis" suatu produk oleh penulisnya. Sering kali sumber ulasan bersponsor tidak diungkapkan dan tidak diterbitkan di media. Ulasan bersponsor dapat diketahui dari pernyataan-pernyataan yang condong positif atau negatif. Oleh karena itu, penulis harus mengutip ulasan hanya dari sumber yang memiliki reputasi independen dan objektif yang baik. Ulasan yang meniru-niru pendapat orang lain juga dianggap tidak independen kecuali ulasan aslinya disertakan untuk menghasilkan tinjauan meta (contohnya agregator pengulas). Jika diragukan, pertimbangkan untuk tidak memasukkannya dalam artikel. Jika kelayakan ini sudah ada, tambahan ulasan yang tidak independen boleh disertakan asalkan memverifikasi fakta nonkontroversial di artikelnya (contohnya jumlah karyawan, meja di restoran, atau model produknya).
  3. Tepercaya: harus berasal dari sumber tepercaya dengan tinjauan editorial demi objektivitas. Blog dan karya yang dipublikasi sendiri gagal memenuhi ini.

Catatan khusus: iklan, promosi, dan visi-misi

Sesuai kebijakan, dilarang keras beriklan, menulis dengan gaya profil perusahaan, dan visi-misi di Wikipedia. Untuk hal tersebut Anda dipersilakan:

  1. merapikan mengikuti Wikipedia:SPN.
  2. menghilangkan bagian yang terkesan beriklan.
  3. meminta penghapusan mengikuti Wikipedia:Kriteria penghapusan cepat.

Kriteria alternatif pada kasus khusus

Bagian ini membahas kasus spesifik jenis organisasinya. Tidak ada organisasi yang layak dituliskan kecuali sumber independen sudah menunjukkan bahwa organisasi sudah dikenal di kalangan masyarakat luas. Meski opsional, artikel bertopik organisasi dapat layak bila memenuhi salah satu kriteria ini:

  1. kriteria alternatif ini,
  2. kriteria pokok, atau
  3. kriteria kelayakan umum

dan memenuhi kebijakan Wikipedia:Wikipedia bukanlah, terkait informasi yang tidak perlu dimasukkan.

Organisasi nonkomersial

Organisasi dapat layak apabila memenuhi dua hal berikut:

  1. berskala nasional atau internasional, dan
  2. telah mendapatkan informasi yang sudah dibahas dalam sumber tepercaya yang independen.

Tambahan lainnya:

  • Organisasi lokal yang terkenal secara nasional: Beberapa organisasi ada yang berskala lokal, tetapi sudah mendapatkan perhatian secara nasional bahkan internasional. Organisasi yang aktivitasnya lokal dalam lingkupnya (seperti sekolah atau klub) dianggap layak asalkan memberikan bukti-bukti dari sumber tepercaya independen di luar wilayah organisasi itu. Meski hanya lokal, pertimbangkan untuk menambah bagian mengenai organisasi itu pada artikel bertopik wilayah operasinya, alih-alih.
  • Faktor yang menarik perhatian masyarakat luas: Umur organisasi, jumlah keanggotaan, prestasi, skandal, atau faktor lainnya harus dipertimbangkan sudah dilaporkan sumber independen.
  • Awas – Hati-hati dengan organisasi kecil yang mengklaim dirinya nasional atau internasional. Organisasi yang memiliki cabang di banyak negara belum tentu aktivitasnya berskala internasional. Misal: organisasi trah dengan anggota 60 orang di seluruh dunia sama sekali tidak bisa disebut "berskala internasional" karena anggotanya tinggal di negara berbeda dan memiliki cabangnya sendiri-sendiri.

Cabang lokal dari organisasi internasional

  • Sesuai ketentuan umum, cabang organisasi nasional dan internasional dianggap tidak layak untuk dituliskan artikelnya secara terpisah – kecuali mereka sudah banyak dibahas dalam sumber independen tepercaya yang dicakup pada daerah tersebut.
  • Dalam beberapa kasus, cabang lokal atau anak organisasi yang dianggap tidak cukup layak dituliskan artikelnya memiliki cukup signifikansi dalam konteks artikel tentang organisasi induknya. Jika artikel induknya berkembang menjadi beberapa poin yang memungkinkan informasinya dapat dipisah dalam artikel baru, ingat bahwa saat Anda memisahkan artikel tentang cabang lokalnya, cabang lokalnya harus memenuhi pedoman kelayakannya sendiri, tanpa menggunakan referensi kelayakan organisasi induknya. Pertimbangkan tidak memisahkan bagian yang kemudian dianggap tidak layak setelah ada di artikel baru. Memisahkan artikel to split off a section that would be considered non-notable on its own. Pemisahan haruslah mengikuti proses dari atas ke bawah. Lihat {{splitsection}}.
  • Arahkan ke satu artikel bagus, bukan rintisan permanen: Cabang, divisi, departemen, atau subunit organisasi jarang memenuhi kelayakan untuk bisa memiliki artikelnya sendiri. Informasi terkait cabang dan afiliasinya akan biasanya harus bergabung dengan artikel tentang induk organisasinya. Lihat Wikipedia:Penggabungan.
  • Informasi dalam anak cabang organisasi dapat disertakan baik dalam prosa maupun daftar sederhana pada artikel utama tentang organisasi. Jika daftarnya terlalu besar, pertimbangkan untuk dipisahkan sebagai daftar sendiri hanya jika ada sumber tepercaya terkait daftar tersebut. Kalau daftar tersebut terlalu besar, tetapi tidak layak, pangkas informasi trivialnya.

Sekolah

Semua lembaga pendidikan formal dan nonformal mulai dari TK, SD, SMP, SMA, kursus, hingga perguruan tinggi, wajib mematuhi ketentuan ini dan/atau kelayakan umum. Organisasi dan institusi pendidikan komersial dianggap sebagai organisasi komersial dan harus mematuhi kriteria ini.

Organisasi keagamaan

Organisasi keagamaan harus mematuhi pedoman kelayakan organisasi dan perusahaan dan/atau kelayakan umum. Faktanya, meski bangunan gereja, masjid, atau klenteng yang didaftarkan sebagai cagar budaya, bukan berarti organisasi yang memiliki dan/atau mengelolanya layak untuk dibuat artikelnya. Bangunan tersebut mempunyai kriteria kelayakannya sendiri, dan menggabungkan artikel tersebut diperbolehkan.

Organisasi komersial

Beberapa organisasi komersial memenuhi pedoman kelayakan Wikipedia tetapi harus berhati-hati untuk menentukan apakah organisasi itu layak sebagai artikel atau niat untuk membuat artikel itu hanya untuk mengiklankan. Penulis Wikipedia tidak boleh membuat artikel tentang organisasi komersial untuk tujuan hanya semata mengiklankan perusahaan itu. Baca lagi WP:IKLAN.

Perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek

Sudah banyak diskusi mengenai perusahaan publik yang didaftarkan pada bursa efek seperti NYSE dan bursa efek internasional lainnya, layak dibuatkan artikelnya. Tidak ada jaminan bahwa perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek, OTOMATIS layak dibuatkan artikelnya. Akan tetapi, banyak sumber independen yang tersedia untuk perusahaan tersebut, sehingga kelayakannya bisa ditentukan menggunakan kriteria pokok di atas. Contohnya adalah pemberitaan pers independen dan laporan analis. Ingat, penulis artikel harus memastikan untuk mencari peliputan itu dan menambahkan referensinya ke artikel untuk membangun kelayakan artikel.

Penulis yang menemukan artikel tentang perusahaan tanpa referensi seperti itu diminta untuk mencari atau mengajak orang lainnya untuk ikut mencari daripada dicalonkan untuk dihapus, mengingat (meski tidak semua) banyak perusahaan publik yang layak menurut kriteria utama.

Jejaring dan waralaba

Banyak perusahaan mempunyai jaringan dan waralaba yang dapat saling dipertukarkan—contohnya McDonald's atau KFC di Yogyakarta. Karena sangat sedikit yang bisa dikatakan tentang toko atau waralaba secara umum, Wikipedia tidak membolehkan artikel bertopik restoran tersebut. Dalam kasus yang sangat jarang, lokasi individu banyak yang memiliki signifikansi arsitektural yang membuatnya layak, misalnya Wisma BCA Salatiga; akan tetapi, artikel tentang bangunan semua restoran KFC di Indonesia dapat bersifat tidak informatif. Pengecualian jika ada peristiwa terjadi dengan latar tempat semacam itu; tetapi, biasanya akan dimasukkan dalam artikel terkait suatu peristiwa yang bersangkutan, (misalnya artikel San Ysidro McDonald's massacre di Wikipedia bahasa Inggris).

Produk dan jasa

Jika perusahaannya layak, informasi mengenai produk dan jasa yang diproduksinya umumnya dimasukkan dalam artikel perusahaan, kecuali artikel perusahaan terlalu panjang yang membuat artikelnya tidak nyaman dibaca.

Saat membahas produk dan jasa akan membuat artikel tidak nyaman, pertimbangan editorial bisa diputuskan. Jika produknya sudah memenuhi kelayakan, Anda dapat memisahkan artikel tersebut. Jika produk dan jasanya belum layak, pembahasannya dirangkum saja meski produknya belum dibahas dalam sumber sekunder tepercaya.

Hindari membuat banyak rintisan tentang produknya bahkan jika artikel tersebut tidak punya harapan lagi untuk dikembangkan. Jika produk dan jasa yang belum memenuhi kelayakan sudah memiliki artikelnya sendiri, tidak usah ragu-ragu untuk menggabungkannya ke artikel dengan lingkup yang luas (misalnya artikel tentang jenis produk) atau ajukan penghapusan. Ingat bahwa ada produk dan jasa tertentu bisa layak, tanpa menunggu keputusan perusahaan apakah produk itu layak atau tidak.

Jika tidak layak

Walaupun kebanyakan organisasi yang gagal memenuhi kriteria kelayakan tidak boleh memiliki artikel terpisah, informasi tentang organisasi dapat saja dimasukkan dengan cara lain di Wikipedia asalkan ketentuan berikut terpenuhi.

Isi tentang organisasi boleh ditambahkan pada artikel yang bermasalah jika:

Untuk organisasi yang hanya beroperasi di wilayah kota, kecamatan, atau kelurahan, informasi tersebut boleh ditambahkan pada artikel bertopik wilayah yang bersangkutan. Contohnya, perusahaan yang memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi wilayah tertentu dalam skala kecil dapat dimasukkan dalam bagian "Sejarah" atau "Ekonomi" pada artikel bertopik wilayah.

Lihat pula

Esai:

Catatan kaki

  1. ^ Lihat pula WP:SEKOLAH
  2. ^ Jika daftar itu layak, misalnya Fortune 500 dan Michelin Guide, penyertaannya sama seperti sumber lainnya, tetapi tidak lepas dari kewajiban menyertakan bukti yang sumber independennya membahas subjek itu
  3. ^ Karangan khas adalah artikel biasanya panjang yang penulisnya meneliti dan mewawancarai cerita faktual tentang orang, tempat, kejadian, idea, atau masalah. Karangan khas tidak berpacu pada opini dan memiliki kedalaman yang lebih dari karangan berita tradisional.
  4. ^ "Trade magazines: Still a marketer's best friend?". Inprela Communications. 30 May 2017. 
  5. ^ Paten ditulis dan diterbitkan oleh di bawah komando penemu atau organisasi yang mendaftarkan paten. Isinya tidak diverifikasi untuk menjadi akurat oleh lembaga paten atau lembaga independen.