Grabag, Magelang: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Igho (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Igho (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 68: Baris 68:
* [[Candi Umbul]]
* [[Candi Umbul]]
* Bekas [[Stasiun Grabag Merbabu]]
* Bekas [[Stasiun Grabag Merbabu]]
* Bangunan bekas [[Stasiun Mayong]]
* Bangunan bekas [[Stasiun Mayong]], berlokasi di [[MesaStila]]


== Pariwisata ==
== Pariwisata ==

Revisi per 24 Juli 2020 02.54

Grabag
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenMagelang
Pemerintahan
 • CamatPurwanto, S.Sos
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri33.08.18
Kode BPS3308200
Luas- km²
Desa/kelurahan28 desa

Grabag (Jawa: ꦒꦿꦧꦒ꧀, translit. Grabag) adalah salah satu kecamatan di wilayah timur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kecamatan Grabag berbatasan langsung dengan kecamatan Secang dan kecamatan Pringsurat (sebelah barat), kecamatan Tegalrejo (sebelah selatan), kecamatan Ngablak (sebelah timur) dan Kabupaten Semarang (sebelah utara). Ir. Singgih Sanyoto, mantan bupati Magelang, juga berasal dari desa Losari. Kecamatan Grabag memiliki stasiun televisi komunitas, Grabag TV, yang para pendirinya pernah diwawancarai dalam acara Kick Andy, Metro TV.[1][2][3]

Pada tahun 80-an wilayah ini terkenal sebagai penghasil jeruk grabag atau jeruk keprok, walaupun sebenarnya jeruk ini lebih banyak dihasilkan di wilayah Ngablak. Masakan kupat tahu juga berasal dari kecamatan ini.

Dengan kontur wilayah yang berbukit-bukit, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sebagian besar sawahnya mendapat pengairan yang terus menerus sepanjang tahun karena wilayah Grabag juga merupakan hulu kali Elo yang melintas di sisi timur kota Magelang. Di wilayah Grabag ini pula terdapat sebuah mata air besar bernama Tuk Mas yang merupakan penyuplai utama air di PDAM Kota Magelang. Di dekat mata air ini juga terdapat Prasasti Tuk Mas yang diperkirakan merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Di bidang pariwisata, Grabag juga memiliki pemandian air panas bernama Candi Umbul, Air Terjun Sekar Langit, dan hotel resort berbintang lima di desa Losari (MesaStila) yang pernah disinggahi oleh presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono[4]. Kesenian daerah yang masih dipertahankan di kecamatan itu antara lain: kubra siswa, jathilan, kuda lumping, dan kethoprak. Tiap tahun, berbagai kesenian tersebut selalu ditampilkan dalam pawai kemerdekaan.

Kecamatan Grabag juga memiliki Goa Maria Grabag yang sekaligus dijadikan sebagai tempat ibadah Kapel St. Yusuf, di bawah Paroki St. Maria Fatima Magelang.

Pemerintahan

Desa/kelurahan

Sarana pendidikan

  • SD: 35 sekolah
  • SMP: 5 sekolah
  • SMA: 5 sekolah
  • SMK: 1 sekolah
  • MI: 27 sekolah
  • MTs: 6 sekolah
  • MA: 1 sekolah

Cagar budaya

Pariwisata

Potensi pariwisata

Referensi

  1. ^ Situs resmi Kick Andy
  2. ^ Situs resmi Metro TV
  3. ^ Kecamatan Grabag Website Resmi Kabupaten Magelang. Diakses 23 Juli 2020
  4. ^ Mesa Stila Hotel

Pranala luar