Bonum sane: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ridwanong (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''Bonum sane''' adalah sebuah Motu proprio mengenai Santo Yusuf yang ditulis oleh Paus Benediktus XV dan dikeluarkan pada tanggal 25 Juli 1920. Sri Paus memperin...'
 
Borgx (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 10: Baris 10:
* http://www.catholictradition.org/Christ/kingship8.htm
* http://www.catholictradition.org/Christ/kingship8.htm


{{katolik-stub}}
[[Kategori:Dokumen Katolik]]
[[Kategori:Dokumen Katolik]]



Revisi per 27 September 2008 01.03

Bonum sane adalah sebuah Motu proprio mengenai Santo Yusuf yang ditulis oleh Paus Benediktus XV dan dikeluarkan pada tanggal 25 Juli 1920. Sri Paus memperingatkan akan kejahatan-kejahatan dari pemerintahan tunggal dunia dan penindasan atas kemerdekaan pribadi, sebagai hasil dari paham naturalisme di dalam masyarakat:

"Kehadiran sebuah Republik yang universal, yang diharapkan oleh semua unsur kekacauan yang paling buruk, dan secara yakin diharapkan oleh mereka, adalah sebuah pemikiran saat ini siap untuk dilakukan. Dari republik ini, berdasarkan prinsip-prinsip persamaan manusia yang mutlak dan hal milik bersama, akan menghilangkan semua sifat-sifat khusus tiap bangsa, termasuk di dalamnya akan hilang kekuasaan seorang ayah akan anak-anaknya, atau akan hilang kekuasaan pemerintah akan warga negaranya, atau akan hilang kekuasaan Tuhan atas umat manusia. Apabila pemikiran-pemikiran ini dilaksanakan, pastilah akan terjadi pemerintahan dengan kengerian yang luar biasa."

Pranala luar