Selat Madura: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Menghapus sebagian karena kurangnya referensi
menambah referensi
Baris 9: Baris 9:
Selat madura juga dimanfaatkan sebagai objek pariwisata, industri, dan transportasi. Salah satunya yaitu PLTU Paiton, berada di pesisir selat ini, yakni di kecamatan Paiton, [[kabupaten Probolinggo]] dan merupskan salah satu pembangkit listrik terbesar di pulau Jawa. Objek-objek wisata di pesisir selat Madura, diantaranya yang terkenal adalah pantai Kenjeran di [[Surabaya]], pantai Bentar di kabupaten Probolinggo, dan pantai Pasir Putih di [[kabupaten Situbondo]].
Selat madura juga dimanfaatkan sebagai objek pariwisata, industri, dan transportasi. Salah satunya yaitu PLTU Paiton, berada di pesisir selat ini, yakni di kecamatan Paiton, [[kabupaten Probolinggo]] dan merupskan salah satu pembangkit listrik terbesar di pulau Jawa. Objek-objek wisata di pesisir selat Madura, diantaranya yang terkenal adalah pantai Kenjeran di [[Surabaya]], pantai Bentar di kabupaten Probolinggo, dan pantai Pasir Putih di [[kabupaten Situbondo]].


Sarana transportasi laut adalah [[kapal feri]], yang menghubungkan Selat Madura di dua jalur, yaitu jalur penghubung [[Pelabuhan Ujung]] (Surabaya) dengan [[Pelabuhan Kamal]] (Bangkalan, Madura), serta jalur penghubung [[Pelabuhan Kalianget]] (Sumenep, Madura) dengan [[Pelabuhan Jangkar, Asembagus, Situbondo|Pelabuhan Jangkar]] (Situbondo, Jawa Timur). Sarana transportasi lainnya, yaitu [[Jembatan Suramadu]] merupakan sarana transportasi darat penghubung Jawa-Madura dan berdampak sangat besar terhadap perekonomian kedua pulau ini.
Sarana transportasi laut adalah [[kapal feri]], yang menghubungkan Selat Madura di dua jalur, yaitu jalur penghubung [[Pelabuhan Ujung]] (Surabaya) dengan [[Pelabuhan Kamal]] (Bangkalan, Madura), serta jalur penghubung [[Pelabuhan Kalianget]] (Sumenep, Madura) dengan [[Pelabuhan Jangkar, Asembagus, Situbondo|Pelabuhan Jangkar]] (Situbondo, Jawa Timur). Sarana transportasi lainnya, yaitu [[Jembatan Suramadu]] merupakan sarana transportasi darat penghubung Jawa-Madura dan berdampak sangat besar terhadap perekonomian kedua pulau ini.<ref>{{cite news|first=Rohman|last=Taufiq|title=Indonesia Launches First Inter-Island Bridge|url=http://www.tempointeractive.com/hg/nasional/2009/06/10/brk,20090610-181155,uk.html|publisher=[[Tempo (Indonesian magazine)|Tempo]]|date=2009-06-10|accessdate=2010-07-21|url-status=dead|archiveurl=https://web.archive.org/web/20120222132202/http://www.tempointeractive.com/hg/nasional/2009/06/10/brk,20090610-181155,uk.html|archivedate=2012-02-22}}</ref><ref>{{Cite web|url=https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/10/090400165/mengenal-jembatan-suramadu-dari-masa-ke-masa-|title=Mengenal Jembatan Suramadu dari Masa ke Masa...|last=Media|first=Kompas Cyber|website=KOMPAS.com|language=id|access-date=2020-06-20}}</ref>

== Referensi ==
<references />


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 20 Juni 2020 07.48

Selat Madura, adalah selat yang memisahkan Pulau Jawa dan Madura. Jarak terdekat antara kedua pulau ini berada di ujung barat Pulau Madura (pantai barat Madura atau kabupaten Bangkalan) dan di wilayah Kabupaten Gresik serta Kota Surabaya. Di selat ini terdapat pulau-pulau kecil, di antaranya Pulau Kambing, Pulau Giliraja, Pulau Genteng, dan Pulau Ketapang. Selat Madura juga merupakan salah satu prasarana sekaligus sarana penunjang perekonomian yang sangat penting bagi masyarakat Jawa Timur.

Geografi

Selat ini berada di sebelah timur provinsi Jawa Timur bagian utara, tepatnya di sebelah timur wilayah kota Surabaya, dan kabupaten Sidoarjo, sebelah selatan pulau Madura, dan sebelah utara wilayah Pasuruan-Situbondo. Di selat ini juga terdapat pulau-pulau kecil, di antaranya Pulau Kambing, Pulau Giliraja, dan Pulau Genteng di dekat pulau Madura, serta Pulau Ketapang di perairan pantai kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Perekonomian

Selat madura juga dimanfaatkan sebagai objek pariwisata, industri, dan transportasi. Salah satunya yaitu PLTU Paiton, berada di pesisir selat ini, yakni di kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo dan merupskan salah satu pembangkit listrik terbesar di pulau Jawa. Objek-objek wisata di pesisir selat Madura, diantaranya yang terkenal adalah pantai Kenjeran di Surabaya, pantai Bentar di kabupaten Probolinggo, dan pantai Pasir Putih di kabupaten Situbondo.

Sarana transportasi laut adalah kapal feri, yang menghubungkan Selat Madura di dua jalur, yaitu jalur penghubung Pelabuhan Ujung (Surabaya) dengan Pelabuhan Kamal (Bangkalan, Madura), serta jalur penghubung Pelabuhan Kalianget (Sumenep, Madura) dengan Pelabuhan Jangkar (Situbondo, Jawa Timur). Sarana transportasi lainnya, yaitu Jembatan Suramadu merupakan sarana transportasi darat penghubung Jawa-Madura dan berdampak sangat besar terhadap perekonomian kedua pulau ini.[1][2]

Referensi

  1. ^ Taufiq, Rohman (2009-06-10). "Indonesia Launches First Inter-Island Bridge". Tempo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-22. Diakses tanggal 2010-07-21. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber. "Mengenal Jembatan Suramadu dari Masa ke Masa..." KOMPAS.com. Diakses tanggal 2020-06-20. 

Lihat pula