Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 12: Baris 12:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

[http://www.thawalib-parabek.sch.id Situs resmi sekolah]
* [http://www.thawalib-parabek.sch.id Situs resmi sekolah]


[[Kategori:Pesantren di Sumatra Barat]]
[[Kategori:Pesantren di Sumatra Barat]]

Revisi per 12 Juni 2020 15.30

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek adalah sebuah sekolah Islam yang menerapkan sistem pendidikan Sumatera Thawalib yang terbuka dengan pembaharuan. Pesantren ini berlokasi di Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Pada awalnya iya adalah Madrasah Sumatera Thawalib Parabek yang didirikan tahun 1910 oleh Syekh Ibrahim Musa. Saat ini, Madrasah Sumatera Thawalib berjalan dengan sistem Madrasah dalam pesantren mengejar keseimbangan antara aspek pengajaran yang menekankan pada proses transformasi ilmu pengetahuan dan aspek pendidikan yang menekankan pada pembentukan kader ulama.[1][2]

Sejarah

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek berawal dari sebuah komunitas pengajian yang diasuh oleh Syekh Ibrahim Musa di Surau Parabek. Awalnya, komunitas ini bernama Muzakaratul Ikhwan atau Jami'atul Ikhwan.

Pada tanggal 15 Januari 1919, berlangsung pertemuan antara pelajar Surau Jembatan Besi di Padang Panjang dengan pelajar Surau Parabek. Pertemuan ini menyetujui terbentuknya sebuah persatuan antara kedua pelajar lembaga pendidikan, yang dinamai Sumatera Thawalib, dengan tujuan memperdalam ilmu dan mengembangkan agama Islam. Lembaga ini diletakkan di bawah kepemimpinan sebuah dewan pusat dan cabang-cabang di daerah.

Rujukan

  1. ^ DIA, Yayasan (2017-10-04). "Pesantren Sumatera Thawalib Parabek". Pesantren Sumatera Thawalib Parabek (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-14. 
  2. ^ "Sumatera Thawalib, Sekolah Islam Modern Pertama di Indonesia". kumparan. Diakses tanggal 2019-10-14. 

Pranala luar