Minyak tanah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Membatalkan 1 suntingan oleh 114.124.196.39 (bicara) (TW)
Tag: Pembatalan
Baris 1: Baris 1:
'''Minyak tanah''' (Lenga Tanah; Bahasa Brebes [[cairan]] [[hidrokarbon]] yang tak berwarna dan mudah terbakar. Diperoleh dengan cara [[distilasi fraksional]] dari [[petroleum]] pada 150&nbsp;°C dan 275&nbsp;°C (rantai karbon dari [[karbon|C]]<sub>12</sub> sampai [[karbon|C]]<sub>15</sub>). Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam [[lampu minyak tanah]] tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai [[bahan bakar]] [[mesin jet]] (lebih teknikal ''Avtur'', ''Jet-A'', ''Jet-B'', ''JP-4'' atau ''JP-8''). Sebuah bentuk dari minyak tanah dikenal sebagai [[RP-1]] dibakar dengan [[oksigen cair]] sebagai bahan bakar roket. Nama ''kerosene'' diturunkan dari [[bahasa Yunani]] ''keros'' (κερωσ, [[malam (zat)|malam]]).
'''Minyak tanah''' ('''minyak gas'''; [[bahasa Inggris]]: ''kerosene'' atau ''paraffin'') adalah [[cairan]] [[hidrokarbon]] yang tak berwarna dan mudah terbakar. Diperoleh dengan cara [[distilasi fraksional]] dari [[petroleum]] pada 150&nbsp;°C dan 275&nbsp;°C (rantai karbon dari [[karbon|C]]<sub>12</sub> sampai [[karbon|C]]<sub>15</sub>). Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam [[lampu minyak tanah]] tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai [[bahan bakar]] [[mesin jet]] (lebih teknikal ''Avtur'', ''Jet-A'', ''Jet-B'', ''JP-4'' atau ''JP-8''). Sebuah bentuk dari minyak tanah dikenal sebagai [[RP-1]] dibakar dengan [[oksigen cair]] sebagai bahan bakar roket. Nama ''kerosene'' diturunkan dari [[bahasa Yunani]] ''keros'' (κερωσ, [[malam (zat)|malam]]).


Biasanya, minyak tanah didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus, dalam sebuah unit [[Merox]] atau ''[[hidrotreater]]'', untuk mengurangi kadar [[belerang]] dan [[karat|pengaratannya]]. Minyak tanah dapat juga diproduksi oleh ''[[hidrocracker]]'', yang digunakan untuk memperbaiki kualitas bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk [[bahan bakar minyak]].
Biasanya, minyak tanah didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus, dalam sebuah unit [[Merox]] atau ''[[hidrotreater]]'', untuk mengurangi kadar [[belerang]] dan [[karat|pengaratannya]]. Minyak tanah dapat juga diproduksi oleh ''[[hidrocracker]]'', yang digunakan untuk memperbaiki kualitas bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk [[bahan bakar minyak]].

Revisi per 4 Juni 2020 13.24

Minyak tanah (minyak gas; bahasa Inggris: kerosene atau paraffin) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. Diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150 °C dan 275 °C (rantai karbon dari C12 sampai C15). Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam lampu minyak tanah tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai bahan bakar mesin jet (lebih teknikal Avtur, Jet-A, Jet-B, JP-4 atau JP-8). Sebuah bentuk dari minyak tanah dikenal sebagai RP-1 dibakar dengan oksigen cair sebagai bahan bakar roket. Nama kerosene diturunkan dari bahasa Yunani keros (κερωσ, malam).

Biasanya, minyak tanah didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus, dalam sebuah unit Merox atau hidrotreater, untuk mengurangi kadar belerang dan pengaratannya. Minyak tanah dapat juga diproduksi oleh hidrocracker, yang digunakan untuk memperbaiki kualitas bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk bahan bakar minyak.

Penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak terbatas di negara berkembang, setelah melalui proses penyulingan seperlunya dan masih tidak murni dan bahkan memilki pengotor (debris).

Avtur (bahan bakar mesin jet) adalah minyak tanah dengan spesifikasi yang diperketat, terutama mengenai titik uap dan titik beku.

Kegunaan lain

Di Indonesia, minyak tanah digunakan untuk mengusir koloni serangga sosial, seperti semut, atau mengusir kecoa. Selain itu, beberapa pembasmi serangga bermerek juga menggunakan minyak tanah sebagai komponennya.

Nama umum