Lompat ke isi

Wikipedia:Sumber tepercaya: Perbedaan antara revisi

17 bita ditambahkan ,  1 tahun yang lalu
k
→‎Beberapa definisi: mengindari kerancuan dengan awalan 'ter-' dalam bahasa Indonesia
k (Dikembalikan ke revisi 11946323 oleh Rachmat04 (bicara): Belum melewati konsensus (TW))
Tag: Pembatalan
k (→‎Beberapa definisi: mengindari kerancuan dengan awalan 'ter-' dalam bahasa Indonesia)
* '''[[Sumber primer]]''' adalah dokumen atau orang yang memberikan kesaksian langsung terhadap suatu keadaan atau peristiwa; dengan kata lain, suatu sumber yang sangat dekat dengan kejadian yang Anda tuliskan. Istilah ini paling sering merujuk pada suatu dokumen yang dihasilkan oleh partisipan pada suatu peristiwa atau seorang pengamat dari peristiwa tersebut. Sumber ini dapat berupa laporan resmi, surat, catatan saksi, otobiografi, atau statistik yang dikompilasi oleh pihak yang berwenang. Bahan sumber primer mungkin membutuhkan suatu pelatihan untuk dapat dipergunakan dengan tepat, terutama pada topik-topik sejarah. Artikel Wikipedia dapat menggunakan sumber primer hanya jika sumber-sumber ini telah dipublikasikan oleh penerbit tepercaya, misalnya traskrip pengadilan yang dipublikasikan oleh stenografer pengadilan, dan hanya dapat dipergunakan semata-mata untuk pernyataan deskriptif. Lihat [[Wikipedia:Bukan riset asli]] dan [[Wikipedia:Pemastian]].
* '''[[Sumber sekunder]]''' menyimpulkan satu atau lebih sumber pertama atau kedua. Secara umum, artikel-artikel Wikipedia harus berdasar atas sumber sekunder tepercaya.
* '''[[Sumber tersier|Sumber tèrsièr]]''' biasanya menyimpulkan sumber sekunder. Ensiklopedia, termasuk Wikipedia, adalah sumber tersier. Artikel-artikel Wikipedia tidak boleh mengutip artikel Wikipedia lain sebagai sumber, karena Wikipedia adalah suatu wiki yang dapat disunting oleh siapapun dan karenanya tidak dapat dipercaya. Walaupun demikian, Wikipedia dapat digunakan sebagai sumber primer mengenai Wikipedia, sesuai dengan batasan di atas. Publikasi seperti ''[[Encyclopædia Britannica]]'', ''[[World Book]]'', dan ''[[Encarta]]'' dianggap sebagai sumber tepercaya.
 
== Tingkat ketepercayaan sumber ==