Inka Christie: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k ←Suntingan 202.67.45.41 (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Bagas Chrisara
Tag: Pengembalian
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 33: Baris 33:
| instrument =
| instrument =
| yearsactive = [[1991]]–sekarang
| yearsactive = [[1991]]–sekarang
| label = [[Musica Studio's]]
| label = [[Musica Studio's]]<br/>Suria Records
| associatedacts = [[Amy Search]], [[Q-ta]], [[Nike Ardilla]], [[Poppy Mercury]]
| associatedacts = [[Amy Search]], [[Q-ta]], [[Nike Ardilla]], [[Poppy Mercury]]
| influences =
| influences =

Revisi per 20 Mei 2020 14.48

Inka Christie
GenreRock
Tahun aktif1991–sekarang
LabelMusica Studio's
Suria Records

Rinni Chries Hartono yang lebih dikenal sebagai Inka Christie (lahir 20 Januari 1975) adalah penyanyi rock berkebangsaan Indonesia.

Karier

Putri bungsu dari empat bersaudara dari pasangan S.Suhariono dan Krimiati ini dikenal sebagai lady rocker era 90-an. Nama aslinya Rinni Chries Hartono, penyanyi seangkatan Nike Ardilla, Poppy Mercury, Mel Shandy dll. Ia pernah ikut mengasah vokal bersama Grup Band The Dreamer milik Dadi Suryadi di Jalan Ciroyom 49 Kota Bandung karena rumah orang tuanya waktu itu tinggal di Jalan Rajawali Bandung, tidak jauh dari basecamp The Dreamer. Saat ikut latihan bersama The Dreamer ia sering diantar oleh ibunya atau oleh kakaknya Haris.

Saat bersama The Dreamer, beberapa kali ikut mengisi acara bersama Tetty Kadi karena pada saat itu rumahnya Tetty Kadi di Jalan Sumbawa 27 menjadi tempat ngumpulnya penyanyi dan musisi. Bagi penyanyi di Kota Bandung saat itu, Sumbawa 27 menjadi base camp-nya penyanyi dan musisi Kota Bandung. Karena di tempat penyanyi senior ini sering dapat kontrak untuk mengisi acara-acara di TVRI pusat, maupun mengadakan road show ke daerah-daerah. Waktu itu yang menjadi band pengiringnyaThe Xavarian milik Oeh Suryadi, dan grup yang sering dibawa antara lain Staccato-nya Aa Bachtiar/Acep Bachtiar dan The Dreamer beberapa kali diajak manggung bersama tim besarnya Tetty Kadi.

Tetty Kadi sendiri rutin mengisi acara di TVRI baik untuk acara tv nasional "Aneka Ria Safari" maupun untuk acara tv lokal Bandung "Talaraga". Salah satu lagu favorit yang sering dinyanyikan Inka saat itu "The Final Countdown"-nya Europe. Selain Inka, yang sering ikut bersama The Dreamer pada saat itu antara lain vokalis Essex Band, Berry Essex (Alm).

Tidak lama setelah bersama The Dreamer ikut mengisi acara-acara Tetty Kadi, melalui manajer The Dreamer saat itu Aep S Abdullah, Inka diminta hadir oleh Tetty Kadi ke Jalan Sumbawa 27 untuk test vokal. Tetty Kadi rupanya tertarik oleh vokal gadis yang masih duduk di SMA YWKA waktu itu, sehingga menawarkan ke saudaranya A. Riyanto yang waktu itu menjadi bos di Musica Studio, untuk masuk dapur rekaman. Dan, melalui perusahaan inilah nama Inka Chriesti melejit setelah duetnya bersama Amy Search.

Ia tak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di negeri jiran Malaysia. Ia mulai populer di setelah mengeluarkan single Cinta Kita bersama Amy Search pada tahun 1991 dan album Gambaran Cinta pada tahun 1992.

Pada tahun 2007, Inka membentuk grup band Q-ta beraliran pop bersama Reza (gitar), Ngguh (bass), Lala (keyboard) dan Hadle (drum). Album pertamanya ialah Mencari Cinta dirilis pada tahun 2008.

Diskografi

Single

Kompilasi Terbaik

Pranala luar