Sirip sayap: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Haditahir (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Haditahir (bicara | kontrib)
←Membatalkan revisi 1690218 oleh Haditahir (Bicara)
Baris 1: Baris 1:
{{pindah ke|Sirip sayap}}
[[Berkas:flaps.png|thumb|Empat macam sirip sayap]]
'''Flap''' adalah sebuah bunyi [[fonem]], di mana jalan keluar [[udara]] hanya ditutup sekali saja secara cepat. Bunyi /r/ biasanya adalah sebuah flap. Flap juga terdapat dalam [[pesawat]], terletak di bawah sayap. Pada pesawat [[Boeing 737-400]] terdapat 6 buah flap, yaitu flap 1,5,10,15,20,40 (satuan derajat). Jika pada saat [[lepas landas]] flap digunakan untuk mengangkat pesawat agar tidak [[stall]], dan pada saat pendaratan flap digunakan untuk menstabilkan hidung pesawat dan untuk terbang dengan kecepatan rendah dan ketinggian rendah agar pesawat tidak [[stall]]. Pada saat lepas landas flap yang digunakan bervariasi tergantung berat penumpang dan barang yang dibawa pesawat tersebut, biasanya [[pilot]] menggunakan flap 5. Sedangkan untuk mendarat biasanya menggunakan full flap (flap 40), agar pesawat (boeing 737-400) bisa bergerak di atas kecepatan 140 kts. Flap pada pesawat-pesawat kecil seperti [[cesna]] hanya mempunyai 2 flaps.
[[Berkas:Wing.slat.600pix.jpg|thumb|''Slat'' dan ''Flap'']]
'''Sirip sayap''' ({{lang-en|'''Flaps'''}}) adalah permukaan yang berengsel pada [[tepi belakang sayap]]. Jika sirip sayap diturunkan maka [[kecepatan anjlok]] ({{lang-en|stall speed}}) pesawat terbang akan menurun. Sirip sayap juga dapat ditemukan di [[tepi depan sayap]] pada beberapa pesawat terbang terutama pesawat jet berkecepatan tinggi. Sirip sayap ini disebut juga sebagai ''slat''.


[[Kategori:Pesawat]]
Sirip sayap mengurangi kecepatan anjlok dengan menambahkan [[kamber]] [[sayap]] dan dengan demikian meningkatkan [[koefisien gaya angkat]] maksimum. Beberapa sirip sayap juga menambah luas permukaan sayap.


{{tekno-stub}}
[[Kategori:Aerodinamika]]
[[Kategori:Pesawat terbang]]
[[ca:Dispositiu hipersustentador]]
[[da:Flap]]
[[da:Flap]]
[[de:Auftriebshilfe]]
[[de:Auftriebshilfe]]
Baris 14: Baris 9:
[[es:Dispositivo hipersustentador]]
[[es:Dispositivo hipersustentador]]
[[fa:برآافزا]]
[[fa:برآافزا]]
[[fi:Laskusiivekkeet]]
[[fr:Dispositif hypersustentateur]]
[[fr:Dispositif hypersustentateur]]
[[ko:플랩]]
[[it:Ipersostentatore]]
[[he:מדף (תעופה)]]
[[he:מדף (תעופה)]]
[[it:Ipersostentatore]]
[[ko:플랩]]
[[nl:Welvingsklep]]
[[nl:Welvingsklep]]
[[no:Flaps]]
[[pl:Klapa (lotnictwo)]]
[[pl:Klapa (lotnictwo)]]
[[pt:Flap]]
[[pt:Flap]]
[[fi:Laskusiivekkeet]]
[[sv:Klaff]]

Revisi per 9 September 2008 00.09

Flap adalah sebuah bunyi fonem, di mana jalan keluar udara hanya ditutup sekali saja secara cepat. Bunyi /r/ biasanya adalah sebuah flap. Flap juga terdapat dalam pesawat, terletak di bawah sayap. Pada pesawat Boeing 737-400 terdapat 6 buah flap, yaitu flap 1,5,10,15,20,40 (satuan derajat). Jika pada saat lepas landas flap digunakan untuk mengangkat pesawat agar tidak stall, dan pada saat pendaratan flap digunakan untuk menstabilkan hidung pesawat dan untuk terbang dengan kecepatan rendah dan ketinggian rendah agar pesawat tidak stall. Pada saat lepas landas flap yang digunakan bervariasi tergantung berat penumpang dan barang yang dibawa pesawat tersebut, biasanya pilot menggunakan flap 5. Sedangkan untuk mendarat biasanya menggunakan full flap (flap 40), agar pesawat (boeing 737-400) bisa bergerak di atas kecepatan 140 kts. Flap pada pesawat-pesawat kecil seperti cesna hanya mempunyai 2 flaps.