Ceper, Klaten: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Cosmetic changes
Baris 33: Baris 33:


== Pendidikan ==
== Pendidikan ==
Untuk fasilitas pendidikan terdapat tiga SMP Negeri yaitu SMP 1 Ceper di Ceper, SMP 2 Ceper di Kujon, dan SMP 3 Ceper di Meger. Terdapat satu SMA Negeri, yaitu SMA Ceper di Kajen. Sekolah swasta antara lain ialah STM Batur Jaya di Batur, SMP Pancasila di Kurung.
Untuk fasilitas pendidikan terdapat tiga SMP Negeri yaitu SMP 1 Ceper di Ceper, SMP 2 Ceper di Kujon, dan SMP 3 Ceper di Meger. Terdapat satu SMA Negeri, yaitu SMA N 1 Ceper di Kajen. Sekolah swasta antara lain ialah STM Batur Jaya di Batur, SMP Pancasila di Kurung.


== Kesehatan ==
== Kesehatan ==

Revisi per 6 September 2008 16.17

Ceper
Peta lokasi Kecamatan Ceper
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKlaten
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total57,621 jiwa
Kode Kemendagri33.10.11
Kode BPS3310130
Luas24,45 km²
Desa/kelurahan18

Ceper adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Geografi

Terletak sekitar 10 km arah utara Klaten sepanjang jalan raya Klaten - Solo. Kecamatan Ceper terdiri dari 18 Kelurahan/Desa. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Ngawen, Kecamatan Karanganom. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Klaten Utara. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Pedan. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Delanggu.

Ekonomi dan Industri

Pendapatan penduduk terutama dari pertanian. Industri di Ceper termasuk kerajinan besi cor di Desa Batur Jaya, mainan anak dari kayu di Desa Jombor, dan industri mebel yang tersebar di banyak desa.

Dahulu memiliki pabrik gula yang disebut P.G. Ceper Baru, dan Infitex (Induk Finishing Tekstil). Sekarang pabrik gula tersebut merupakan museum.

Desa/kelurahan

  1. Ceper
  2. Cetan
  3. Dlimas
  4. Jambu Kidul
  5. Jambu Kulon
  6. Jombor
  7. Kajen
  8. Klepu
  9. Kujon
  10. Kuncen
  11. Kurung
  12. Meger
  13. Mlese
  14. Ngawonggo
  15. Pasungan
  16. Pokak
  17. Srebegan
  18. Tegalrejo

Pendidikan

Untuk fasilitas pendidikan terdapat tiga SMP Negeri yaitu SMP 1 Ceper di Ceper, SMP 2 Ceper di Kujon, dan SMP 3 Ceper di Meger. Terdapat satu SMA Negeri, yaitu SMA N 1 Ceper di Kajen. Sekolah swasta antara lain ialah STM Batur Jaya di Batur, SMP Pancasila di Kurung.

Kesehatan

Terdapat dua puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yaitu di Ceper dan Jambu Kulon. Selain itu ada tiga PPKKS di Kujon, Meger, Ngawonggo.

Keagamaan

Mayoritas penduduknya beragama Islam, dan di tiap desa terdapat Masjid dan langgar. Selain itu terdapat satu Gereja Katolik St. Theresia di Jombor, gereja-gereja Kristen Protestan di Klepu, Kujon, Jambu Kidul.

Jumlah umat Islam = ..., Jumlah umat kristen = ..., Jumlah umat katolik = ..., Jumlah umat hindu = ..., Jumlah umat budha = ...,

Jumlah tempat ibadah umat Islam = 178, dengan rincian ; Masjid = 89, Langgar = 82, Mushola = 7.

Olah Raga

Sepak bola adalah olah raga yang paling digemari di Ceper. Terdapat beberapa lapangan sepak bola misalnya di Kurung, Jombor, dan Pasungan.