Portal:Maluku: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Sapnor (bicara | kontrib)
Perbaikan isi.
Sapnor (bicara | kontrib)
Penambahan isi.
Baris 16: Baris 16:
{{/box-header|Tahukah Anda?|Portal:Maluku/Tahukah Anda}}
{{/box-header|Tahukah Anda?|Portal:Maluku/Tahukah Anda}}
{{/Tahukah Anda}}
{{/Tahukah Anda}}
{{/box-footer|}}
</div>
<div style="clear:both; width:100%">
{{/box-header|Topik|Portal:Maluku/Topik}}
{{/Topik}}
{{/box-footer|}}
{{/box-footer|}}
</div>
</div>

Revisi per 24 April 2020 18.14

Selamat datang!

Bendera Maluku
Bendera Maluku
Maluku adalah sebuah provinsi yang mencakup bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia. Maluku terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota dengan kota terbesarnya, Ambon sebagai ibu kotanya. Dikenal sebagai negeri raja-raja, hingga kini Maluku masih memiliki banyak raja yang tersebar mengepalai negeri-negeri. Selain itu, sebagai Kepulauan Rempah, Maluku telah menajdi pusat perdagangan cengkih dan pala dunia selama berabad-abad. Hal inilah yang membuat Maluku lebih dahulu dikuasai Eropa dari kawasan-kawasan Nusantara lainnya setelah Melaka. Setelah sekian lama kekuasaan Eropa, dimulai dari Portugis, dilanjutkan dengan perebutan Portugis-Spanyol, VOC, jeda kekuasaan, hingga Belanda serta pendudukan Jepang, Maluku kini tetap berkedudukan sebagai salah satu provinsi Indonesia. Sejak akhir abad XX, Maluku yang awalnya mencakup seluruh bagian Kepulauan Maluku hanya mencakup bagian selatannya setelah Provinsi Maluku Utara dimekarkan.

Selengkapnya mengenai Maluku, kejayaan sejarah, dan budayanya...

Artikel pilihan

Prajurit TNI mengungsikan pengunsi konflik.
Konflik sektarian Maluku adalah sebuah konflik politik yang melibatkan agama yang terjadi pada 1999 hingga penandatanganan Piagam Malino II tanggal 13 Februari 2002. Konflik ini disebabkan oleh ketidakstabilan politik Indonesia setelah jatuhnya Soeharto dan Krisis Ekonomi Asia 1997. Rencana pemekaran Provinsi Maluku Utara yang salah satunya disebabkan oleh keagamaan turut serta memperuncing permasalahan yang ada. Karenanya, perseteruan terjadi antara umat Kristen dan Islam, dimulai pada Januari 1999.

Gambar pilihan

Tentara KNIL Ambon dan keluarganya tiba di Rotterdam pada 1951.
Tentara KNIL Ambon dan keluarganya tiba di Rotterdam pada 1951.
Karya Nationaal Archief

Dimulai pada tahun 1950-an sebagai hasil akhir dari pendudukan Hindia Belanda, Pemerintah Belanda memutuskan untuk membawa sekitar 12.000 tentara Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) berdarah Maluku dan keluarga mereka ke Eropa, membentuk diaspora Maluku secara besar-besaran untuk pertama kalinya. Mereka dilepaskan dari ketentaraan saat tiba di Belanda dan ditempattinggalkan di kamp-kamp, termasuk kamp bekas Nazi untuk "sementara" sampai mereka dapat kembali ke Maluku. Walaupun Republik Maluku Selatan (RMS) telah dideklarasikan pada tanggal 25 April 1950, gerakan ini berhasil ditumpaskan oleh Pemerintah Indonesia. Karenanya, pengikut sisa RMS yang masih berada di Maluku meninggalkan Maluku dan bersama-sama dengan diaspora yang sudah ada membentuk pemerintahan dalam pengasingan di Belanda pada tahun 1966.

Biografi pilihan

Gerrit Augustinus Siwabessy pada 1962.
Prof. Dr. Gerrit Augustinus Siwabessy adalah Menteri Badan Tenaga Atom Nasional pada 1964 dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 1966 hingga 1978. Lahir dari keluarga petani cengkih, Siwabessy berhasil menempuh pendidikan dokter di Nederlandsch Indische Artsen School, Surabaya dan pendidikan radiologi di Universitas London. Sepulangnya dari Inggris, ia langsung memimpin urusan nuklir negara. Dijuluki Bapak Atom Indonesia, Siwabessy menjadi Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) pertama. Siwabessy dianugerahi Bintang Mahaputera II pada 1978 dan namanya diabadikan pada reaktor nuklir terbesar Asia Tenggara, RSG G.A. Siwabessy, dan Jalan Prof. Dr. G.A. Siwabessy di Universitas Indonesia.

Tahukah Anda?

Topik

Sejarah
Uli (LimaSiwa) • Portugis (Perjanjian Saragosa) • Kegubernuran VOC (AmbonBanda) • Perang Ambon (IIIIIIIVVVI) • Pembantaian AmboynaPerang HuamualInvasi MalukuKegubernuran MalukuPerang PattimuraRepublik Maluku Selatan (Perebutan Benteng VictoriaInvasi Ambon)

Geografi
DanauGunungKepulauanPulauSungai

Pemerintahan
Dewan perwakilan rakyat daerah (Anggota petahana) • GubernurIbu kotaKepolisian daerah • Pembagian administratif (Kabupaten dan kotaNegeriNegeri administratif) • Pengadilan tinggiWakil gubernur

Ekonomi
EnergiKabupaten dan kota menurut PDRBKomunikasiPariwisataPenyediaan air dan sanitasiPertanian, kehutanan, dan perikananPertambanganTransportasi

Kependudukan
AgamaBahasaKesehatanPendidikanSuku bangsa (Orang MalukuDiaspora)

Budaya
ArumbaeBaileoBatu pemaliFamPelaPertuananRajaTeun