Iguana: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Cosmetic changes
Baris 24: Baris 24:


== Penglihatan ==
== Penglihatan ==
Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat jarak, bentuk, bayangan, warna, dan gerakan yang jauh. Iguana menggunakan matanya sebagai navigator di [[pohon]] dan [[hutan]], seperti untuk menemukan [[makanan]]. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama. Telinga iguana disebut [[timpanum]], yang merupakan [[gendang telinga]] iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya.
Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat jarak, bentuk, bayangan, warna, dan gerakan yang jauh. Iguana menggunakan matanya sebagai navigator di [[pohon]] dan [[hutan]], seperti untuk menemukan [[makanan]]. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama. Telinga iguana disebut [[timpanum]], yang merupakan [[gendang telinga]] iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya. hahahaha.


{{commonscat|Iguana}}
{{commonscat|Iguana}}

Revisi per 31 Agustus 2008 13.46

Iguana
Iguana biru (Iguana iguana)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Famili:
Genus:
Iguana

Laurenti, 1768
Spesies

Iguana ialah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis Kekaisaran Romawi Suci Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: iguana hijau dan iguana Antilles Kecil.

Penampilan

Kedua spesies kadal itu memiliki dewlap, sekumpulan tulang belakang yang berderet di punggungnya dari atas ke bawah, dan mata ketiga di kepalanya. Mata ini disebut sebagai mata parietal, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya. Di belakang lehernya ada bangunan kecil yang menyerupai paku panjang, dan disebut skala tuberkulata. Iguana juga memiliki bangunan besar bundar di lpipinya yang disebut sebagai selubung subtimpani.

Penglihatan

Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat jarak, bentuk, bayangan, warna, dan gerakan yang jauh. Iguana menggunakan matanya sebagai navigator di pohon dan hutan, seperti untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama. Telinga iguana disebut timpanum, yang merupakan gendang telinga iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya. hahahaha.