Ratatouille: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext Suntingan seluler lanjutan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
Baris 2: Baris 2:
{{kegunaanlain}}
{{kegunaanlain}}
[[Berkas:Ratatouille.jpg|jmpl|Ratatouille]]
[[Berkas:Ratatouille.jpg|jmpl|Ratatouille]]
'''''Ratatouille''''' (dari [[bahasa Prancis]] dilafalkan sebagai {{IPA|/ʁataˈtuj/}}) adalah jenis [[masakan Provence]] yang berasal dari daerah [[Nice]]. Dalam bahasa Prancis oleh karena itu makanan ini umum disebut sebagai ''ratatouille niçoise''. Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan dedaunan seperti thyme, bay leave, dan juga bisa diganti dedaunan yg lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti tetapi sekarang ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka,sebagai saus untuk pasta, dicampur omlet dan masih bayak lainya.
'''''Ratatouille''''' (dari [[bahasa Prancis]] dilafalkan sebagai {{IPA|/ʁataˈtuj/}}) adalah jenis [[masakan Provence]] yang berasal dari daerah [[Nice]]. Oleh karena itu, dalam bahasa Prancis makanan ini umum disebut sebagai ''ratatouille niçoise''. Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan dedaunan seperti [[timi]], [[daun salam]], dan juga bisa diganti dedaunan yg lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti tetapi sekarang ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka, sebagai saus untuk pasta, dicampur omlet dan masih banyak lainnya.


== Dalam fiksi ==
== Dalam fiksi ==
Film kartun ratatouille memuat makanan ini sebagai cerita utama. Namun yang ditampilkan sebenarnya bukanlah ratatouile yang biasa dimasak orang Prancis, tetapi varian ''[[confit byaldi]]'' yang diciptakan Michel Guérard.
Film kartun ''[[Ratatouille (film)|Ratatouille]]'' memuat makanan ini sebagai cerita utama. Namun yang ditampilkan sebenarnya bukanlah ratatouile yang biasa dimasak orang Prancis, tetapi varian ''[[confit byaldi]]'' yang diciptakan Michel Guérard.

{{makanan-stub}}
{{makanan-stub}}



Revisi per 23 Maret 2020 18.53

Untuk film, lihat Ratatouille (film).
Ratatouille

Ratatouille (dari bahasa Prancis dilafalkan sebagai /ʁataˈtuj/) adalah jenis masakan Provence yang berasal dari daerah Nice. Oleh karena itu, dalam bahasa Prancis makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan dedaunan seperti timi, daun salam, dan juga bisa diganti dedaunan yg lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti tetapi sekarang ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka, sebagai saus untuk pasta, dicampur omlet dan masih banyak lainnya.

Dalam fiksi

Film kartun Ratatouille memuat makanan ini sebagai cerita utama. Namun yang ditampilkan sebenarnya bukanlah ratatouile yang biasa dimasak orang Prancis, tetapi varian confit byaldi yang diciptakan Michel Guérard.