Pasar saham: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
BBBot (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
{{merge|Bursa}}
{{merge|Bursa}}
'''Pasar saham''' adalah [[sistem pasar|pasar]] untuk [[dagang|perdagangan]] [[saham]] [[perusahaan]] yang dipegang umum dan instrumen finansial yang berhubungan (termasuk [[opsi saham]], [[pertukaran (keamanan)|perdagangan]] dan [[kontrak masa depan|prakiraan]] [[indeks saham]]).
'''Pasar saham''' adalah [[sistem pasar|pasar]] untuk [[dagang|perdagangan]] [[saham]] [[perusahaan]] yang dipegang umum dan instrumen finansial yang berhubungan (termasuk [[opsi saham]], [[pertukaran (keamanan)|perdagangan]] dan [[kontrak masa depan|prakiraan]] [[indek]]).


== Pasar internasional ==
== Pasar internasional ==

Revisi per 14 Maret 2020 18.59

Pasar saham adalah pasar untuk perdagangan saham perusahaan yang dipegang umum dan instrumen finansial yang berhubungan (termasuk opsi saham, perdagangan dan prakiraan indek).

Pasar internasional

Ada beberapa pasar saham di ekonomi maju, dengan pasar terbesar berada di Amerika Serikat, Cina, Jepang dan Eropa.

Indeks saham

Artikel utama: Indeks pasar saham

Pergerakan harga di pasar atau bagian dari pasar ditangkap dalam indeks harga yang disebut Indeks pasar saham, yang diantaranya, Indeks Standard and Poor's, Indeks Waktu Finansial. Indeks seperti di atas biasanya diukur dari kapitalisasi pasar.

Strategi

Ada dua jenis perdagangan yang melibatkan uang atau saham yang sebenarnya tidak dimiliki penjualan pendek dan pembelian batas.

Penjualan pendek

Untuk lebih jelas lihat Penjualan pendek.

Dalam penjualan pendek (short selling), seseorang menjual saham yang mereka tidak miliki sendiri, berharap harga akan jatuh. Mereka pada akhirnya harus membeli kembali saham tersebut. Keluar dari posisi pendek dengan membeli kembali saham disebut "covering a short". Mudahnya, seseorang meminjam saham milik orang lain untuk dijual pada harga pasar. Kemudian orang tersebut berharap agar harga saham tersebut turun agar dapat dibeli kembali dengan harga lebih murah untuk dikembalikan kepada pemiliknya (dalam bentuk saham)dan mengantongi keuntungannya (selisih harga jual dan harga beli).

Pembelian batas

Lihat juga: pendongkrakan (keuangan)

Dalam pembelian batas, seseorang meminjam uang untuk membeli saham dan berharap saham tersebut dapat naik harganya. Banyak negara industri mempunyai aturan yang mengharuskan kalau peminjaman berdasarkan kolateral dari saham lain, peminjaman ini harus dalam persentasi tertentu dari harga saham lain tersebut. Aturan lain termasuk pelarangan "freeriding" (penungangan gratis); yaitu, menaruh pesan untuk membeli saham tanpa membayar terlebih dahulu, dan kemudian menjualnya dan menggunakan keuntungan untuk membayar harga pembelian sebelumnya.

Lihat pula

Pranala luar

Artikel

Data