Watuagung, Tambak, Banyumas: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
LaninBot (bicara | kontrib)
k Perubahan kosmetik tanda baca
Wagino Bot (bicara | kontrib)
Baris 106: Baris 106:




{{Authority control}}
{{kelurahan-stub}}

{{Kelurahan-stub}}

Revisi per 11 Maret 2020 13.33

Watuagung
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanTambak
Kode pos
53196
Kode Kemendagri33.02.08.2012
Luas3.057,06 Ha
Jumlah penduduk-12.841 jiwa
Kepadatan-

Watuagung adalah desa di kecamatan Tambak, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini merupakan desa paling utara di kecamatan Tambak yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen di sepanjang batas sebelah timur dan Kabupaten Banjarnegara disebelah utara. Sebagian besar wilayah Desa Watuagung adalah wilayah perbukitan hingga pegunungan. Desa Watuagung terdekat berjarak 2 Km dari pusat kecamatan Tambak dan terjauh hingga lebih dari 10 Km ke utara serta 56 Km dari pusat Kabupaten Banyumas. Desa Watuagung terbagi menjadi 10 Rukun Warga, 73 Rukun Tetangga, 5 Dusun dan lebih dari 43 Grumbul.

Batas wilayah

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kabupaten Banjarnegara
Timur Kabupaten Kebumen
Selatan Desa Gumelar Kidul, Desa Purwodadi dan Desa Kamulyan
Barat Kecamatan Sumpiuh

Pembagian Wilayah

Desa Watuagung terbagi menjadi 10 Rukun Warga, 73 Rukun Tetangga, 5 Dusun dan lebih dari 45 Grumbul.

  1. Dusun Karangjoho
  2. Dusun Plewotan
  3. Dusun Siwarak
  4. Dusun Tlaga
  5. Dusun Watuagung

Geografi

Sebagian besar wilayah Desa Watuagung adalah wilayah perbukitan hingga pegunungan bagian dari lajur Pegunungan Serayu Selatan. Elevasi wilayah Desa ini antara 60-800 meter diatas permukaan air laut Mdpl dengan terdapat banyak lembah berarah utara - selatan. Sejumalah gunung terdapat dibagian utara desa ini seperti Gung Wagir Jampang (803 Mdpl), Gunung Mahameru (770 Mdpl) dan Gunung Plandi (703 Mdpl). Kondisi geografisnya membuat desa ini menjadi hulu beberapa sungai besar seperti Sungai Ijo, Sungai Tambak, dan Sungai Gumelar. Selain itu terdapat sungai-sungai kecil yang membatasi grumbul-grumbul yang ada di Desa Watuagung. Desa Watuagung yang beriklim tropis dengan dua musim dalam satu tahunnya yaitu musim kemarau dan penghujan dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun dan jumlah bulan hujan 5 Bulan. Suhu udara siang hari antara 25-32 °C dan rata-rata harian umumnya 28 °C namun saat Kemarau atau di Musim Bediding suhu malam hingga dini hari turun hingga 19 °C.

Penggunaan Lahan

Desa Watuagung memiliki luas wilayah 3.057,06 Ha. Desa ini mempunyai tanah yang cukup baik dan normal untuk lahan pertanian. Terlebih dengan adanya perkembangan Pembangunan di bidang pertanian yaitu pembangunan Irigasi dan PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan) sangat mendukung akan tetapi masih ada sebagian besar yang belum tercapai dengan maksimal dengan keterbatasnya bantuan dan perhatian. Wilayah utara umumnya merupakan kasawan Perhutani KPH Kedu Selatan BKPH Gombong Utara.

Tabel Penggunaa Lahan di Desa Watuagung:

No Penggunaan Lahan Jumlah (Ha)
1 Sawah Irigasi Teknis 92
2 Tanah Kering Tegalan 1.111,28
3 Tanah Kering Pemukiman 20,32
4 Tanah Fasilitas Umum Lapangan 0,64
5 Tanah Fasilitas Umum Perkantoran Pemerintah 0,07
6 Tanah Fasilitas Umum Lainnya 2,66
7 Tanah Hutan Produksi 1.014,40

Penduduk

Jumlah penduduk Desa Watuagung adalah 12.481 Jiwa (6.369 Laki-laki dan 6.112 Perempuan). Mata pencaharian penduduk Desa Watuagung mayoritas petani & berkebun, + 75% adalah petani penderes (Pengrajin Gua merah/Kristal) selian itu juga Pedagang, Dokter, PNS, dan lainnya. Umumnya penduduk usia produktif pergi merantaau atau bersekolah ke kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek), Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, Purwokerto dan sejumlah kota besar di luar pulau seperti Sumatra, Bali, dan Kalimantan. Bahkan di antaranya menjadi TKI ke Malaysia, Jepang, Hongkong, dan Taiwan. Mayoritas penduduk Desa Watuagung memeluk agama Islam meski terdapat agama Buddha. Penduduk Desa Watuagung dalam kesehariannya berbahasa dengan Bahasa Jawa Dialek Banyumas. Jenjang pendidikan yang dicapai penduduk di wilayah ini adalah hingga Universitas meski sebagian besar tamatan Sekolah Dasar.

Sarana dan Prasarana

  1. Puskesmas Pembantu (1 Unit)
  2. Masjid| (14 Unit)
  3. Mushola (69 Unit)
  4. Vihara (1 Unit)

Pendidkan

  1. TK BA Watuagung
  2. SD Negeri 1 Gedangkulon
  3. SD Negeri 1 Watuagung
  4. SD Negeri 1 Siwarak Kulon
  5. SD negeri 1 Siwarak Wetan
  6. SD Negeri 1 Tlaga
  7. SD Negeri 2 Tlaga
  8. MI Negeri 1 Watuagung

Potensi Desa

  1. Wisata Gunung Mahameru
  2. Wisata Curug Simawur
  3. Komoditas Gula Kelapa

Pranala luar

(Indonesia) SItus Resmi Pemdes Watuagung, Tambak, Banyumas (Indonesia) Data Pendidikan di Kecamatan Tambak