Lompat ke isi

Berita Tiongkok: Perbedaan antara revisi

24 bita dihapus ,  13 tahun yang lalu
←Membatalkan revisi 1653686 oleh Zzzzzz (Bicara)
Tidak ada ringkasan suntingan
(←Membatalkan revisi 1653686 oleh Zzzzzz (Bicara))
'''Berita TiongkokCina''' atau sering juga disebut '''kronik TiongkokCina''', adalah naskah-naskah berbahasa [[TiongkokCina]] yang didalamnya memuat kisah-kisah sejarah [[Indonesia]], terutama pada masa kerajaan-kerajaan di [[Nusantara]].
 
Beberapa contoh berita TiongkokCina yang terkenal:
* Catatan perjalanan [[I Tsing]], seorang pendeta [[Buddha]] yang berangkat ke [[India]]. Bukunya tersebut berjudul ''Nan-hai-chi-kuei-nai-fa-ch’uan'' dan ''Ta-t’ang-si-yu-ku-fa-kao-seng-ch’uan''. Di dalam buku-buku itu terdapat gambaran tentang keadaan [[Kerajaan Sriwijaya]] dan [[Kerajaan Malayu]].
* Karya '''Chou Ku-fei''' yang berjudul ''Ling-wai-tai-ta'' tahun 1178, yang di dalamnya terdapat gambaran keadaan [[Jawa]] di masa kerajaan [[Kadiri]]. Buku ini kemudian dikutip oleh '''Chau Ju-kua''' dalam karyanya yang berjudul ''Chu-fan-chi'', tahun 1225. Saat itu kerajaan [[Kadiri]] sudah dikalahkan kerajaan [[Tumapel]] atau [[Singasari]].
* Kronik dari [[Kuil Sam Po Kong]], di dalamnya terdapat kisah runtuhnya [[Majapahit]] oleh serangan Jin Bun penguasa [[Demak Bintoro]] tahun 1478 sampai dengan berdirinya kerajaan [[Pajang]].
 
{{Tiongkokcina-stub}}
 
[[Kategori:TiongkokCina]]
[[Kategori:Sejarah Indonesia]]