Stepan Zorian: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Toonyf (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi '300px|thumb|Stepan Zoryan '''Stepan Zorian''' (Armenian: Ստեփան Զօրեան, 1867–1919), yang lebih dike...'
Tag: tanpa kategori [ * ]
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 7 Februari 2020 17.13

Stepan Zoryan

Stepan Zorian (Armenian: Ստեփան Զօրեան, 1867–1919), yang lebih dikenal dengan nom de guerre Rostom (Ռոստոմ), adalah salah satu dari tiga pendiri Federasi Revolusioner Armenia dan seorang yang sangat aktif dari gerakan pembebasan nasional Armenia.

Membentuk ARF

Zorian lahir di Tsghna, Kegubernuran Erivan. Dia kuliah di Moskow tetapi keluar sebelum lulus. Dia akhirnya pergi ke Tbilisi, Georgia, di mana dia bertemu Christapor Mikaelian dan Simon Zavarian. Mereka bersama-sama mendirikan Federasi Revolusioner Armenia (ARF) pada tahun 1890. Partai politik baru mereka memiliki dampak besar pada orang Armenia. Mereka menuntut reformasi dan mengangkat senjata untuk membela warga Armenia dari kepungan tiga imperium besar Iran, Rusia dan Turki.[1]

Pekerjaan dan perjalanan

Zorian pindah ke Jenewa, Swiss di mana ia mengelola surat kabar Droshak Journal (Troshag) dan menjabat sebagai editor. Di Karin, ia berpura-pura menjadi penjual teh karena anggota partai ARF dilarang di Turki. Ia juga mendirikan serikat mahasiswa. Dia kemudian menetap di Bulgaria untuk menciptakan kerja sama antara ARF dan Organisasi Revolusi Internal Makedonia dalam perjuangannya melawan Sultan Abdul Hamid II. Dia juga membuka sekolah Armenia di sana bersama istrinya, Lisa Melik Shahnazarian.

Paska Konstitusi

Selama revolusi Konstitusi 1908 di Turki, ia pindah ke Garin. Pada 1914, Perang Dunia I pecah, ia pindah ke Eropa dan kemudian ke Kaukasus. Di sana ia berpartisipasi dalam perang Armenia-Tatar. Selama Revolusi Konstitusi Iran, ia berpartisipasi dalam revolusi bersama dengan para revolusioner Persia.[2] Dia juga mengarahkan perang pertahanan diri di Baku. Setelah hasil yang menghancurkan, ia melarikan diri ke Iran bersama ribuan orang Armenia.

Kematian

Zorian meninggal pada 1919 di Tbilisi, berusia 52. Dia adalah satu-satunya pendiri ARF yang hidup untuk melihat Armenia menjadi negara merdeka.

Referensi

Sumber

Templat:Lacking ISBN