Wikipedia:Validasi artikel/Pengurus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
anya
anya


untu
== Patroli ==
[[Berkas:FR-rc-sample.png|jmpl|kiri|300px|Tampilan '''perubahan terbaru''' layar Opsis yang menampilkan revisi-revisi dengan tanda seru merah <span style="color:red">'''!'''</span> yang berarti belum ditandai terpatroli oleh Opsis.]]
Contoh pada gambar adalah tampilan [[Istimewa:Perubahan terbaru]] untuk [[Wikipedia:Opsis|Opsis]] [[Wikipedia bahasa Indonesia]] di mana terdapat perubahan-perubahan revisi yang cukup banyak terhadap sebuah artikel [[Mimi Hitam]]. Revisi-revisi ini, ditampilkan dengan tanda seru berwarna merah <span style="color: red">'''!'''</span> yang berarti belum dipatroli oleh Opsis.

* Dalam '''cara yang lama''', setiap perubahan harus ditandai '''terpatroli''' satu per satu oleh Pengurus, dan dengan revisi yang cukup banyak seperti ini, akan membuang waktu yang cukup banyak.
* Dalam '''cara yang baru''' dengan menggunakan ''FlaggedRevs'', Pengurus cukup memeriksa revisi terakhir dari artikel tersebut. Bila revisi terakhir sudah bagus, maka revisi terakhir dapat ditandai sebagai "terperiksa" yang secara otomatis akan menandai seluruh revisi ke belakang sebagai terpatroli.

Sistem patroli lama ini sudah cukup lama menjadi perhatian Pengurus di hampir semua proyek wiki Wikimedia Foundation secara global dikarenakan cara pengoperasiannya yang kurang praktis untuk artikel-artikel yang memiliki banyak revisi.

Developer [[:mw:User:Voice of All|Aaron Schulz]] dan [[:mw:User:Jhb|Joerg Baach]] menulis kode program untuk ekstensi FlaggedRevs sejak pertengahan 2007 yang cukup mengakomodasi sistem patroli suntingan yang baru yang lebih memungkinkan kolaborasi pemantauan (patroli) perubahan terbaru yang lebih praktis. Ditambahkan pula sistem untuk menandai suatu suntingan sebagai versi stabil dengan dua kelompok pengguna baru, Editor dan Peninjau (''Reviewer'').

Sampai saat ini, hanya revisi-revisi yang disunting oleh Opsis yang secara otomatis mendapatkan tanda "terpatroli". Kelak, revisi oleh Editor dan Peninjau juga akan diberi tag secara otomatis sebagai "terpatroli".


== Hak status ==
== Hak status ==

Revisi per 10 Januari 2020 09.57

anya

untu

Hak status

Opsis memiliki hak untuk memberikan atau mencabut status Editor dari seorang Pengguna. Birokrat memiliki hak untuk memberikan atau mencabut status Peninjau dari seorang Pengguna.

Pengguna Opsis mendapatkan status Peninjau secara otomatis yang diset oleh Birokrat.