Wamacara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Pinerineks (bicara | kontrib)
k Menambah Kategori:Hindu menggunakan HotCat
Pinerineks (bicara | kontrib)
k Menambah Kategori:Buddhisme menggunakan HotCat
Baris 9: Baris 9:


[[Kategori:Hindu]]
[[Kategori:Hindu]]
[[Kategori:Buddhisme]]

Revisi per 18 November 2019 07.04

Wamacara (Sanskerta: वामाचार, pelafalan Sanskerta: [ʋaːmaːtɕaːɽɐ]) adalah istilah Sanskerta yang berarti "pencapaian kidal/menggunakan tangan kiri" dan bermakna sama dengan Wamamarga yang berarti "Jalan Kiri" atau "Jalan Tangan Kiri".[1][2][3] Istilah ini digunakan untuk menunjuk jenis praktik peribadatan atau sadhana tertentu yang tidak hanya heterodoks (Sanskerta: nastika) pada ajaran Weda umum, tetapi juga berada di tempat yang ekstrem dibandingkan dengan status quo.

Praktik ini secara umum sering dianggap memiliki orientasi Tantris. Daksinacara atau "Jalur Tangan Kanan", berkebalikan dengan Wamacara, tidak hanya menunjuk praktik aliran yang "ortodoks" atau Astika, tetapi juga jenis spiritualitas yang sejalan dengan ajaran Weda dan secara umum juga sesuai dengan status quo.

Praktik peribadatan beraliran kiri dan kanan ini kemungkinan membuktikan praktik heterodoks dan ortodoks dalam agama-agama India seperti Hinduisme, Jainisme, Sikhisme dan Buddhisme.

Catatan kaki

  1. ^ Bhattacharya, N. N. History of the Tantric Religion pp. 81, 447. (1999) ISBN 81-7304-025-7
  2. ^ Kaal Ugranand Saraswati differentiating “traditional Vamamarga” from conceptions of the word “vamamarga” Diarsipkan July 13, 2011, di Wayback Machine.
  3. ^ Tantra, Vamamarga (The Left Handed Path: Kaula sadhana) Diarsipkan 2012-05-23 di Wayback Machine.