Wikipedia:ProyekWiki Perkeretaapian/Stasiun kereta api: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RaFaDa20631 (bicara | kontrib)
RaFaDa20631 (bicara | kontrib)
Baris 157: Baris 157:
== Ketentuan peralihan ==
== Ketentuan peralihan ==
* Artikel-artikel yang dibuat sebelum tahun 2017 harus menyesuaikan dengan ketentuan di atas dengan menambahkan referensi serta foto-foto terkini untuk meningkatkan kualitas artikel tersebut.
* Artikel-artikel yang dibuat sebelum tahun 2017 harus menyesuaikan dengan ketentuan di atas dengan menambahkan referensi serta foto-foto terkini untuk meningkatkan kualitas artikel tersebut.
* Foto-foto stasiun harus berlisensi bebas (CC-BY-SA 3.0 ke atas atau GNU GFDL) dan disarankan dibuat di atas tahun {{#expr: {{CURRENTYEAR}}-4}}. Apabila menggunakan karya orang lain, harus ada pernyataan izin. Permintaan izin bisa diajukan di [[Wikipedia:Permintaan izin]]. Permintaan izin '''harus berbentuk surel (e-mail).''' Foto-foto stasiun juga diminta agar beresolusi tinggi. '''DILARANG KERAS MENGGUNAKAN FOTO YANG BERLISENSI PENGGUNAAN WAJAR ''FAIR USE''. HARUS DICARI GAMBAR BEBAS YANG EKUIVALEN.'''
* Foto-foto stasiun harus berlisensi bebas (CC-BY-SA 3.0 ke atas atau GNU GFDL), boleh digunakan kembali untuk tujuan apa pun, termasuk komersial, dan disarankan dibuat di atas tahun {{#expr: {{CURRENTYEAR}}-4}}. Apabila menggunakan karya orang lain, harus ada pernyataan izin. Permintaan izin bisa diajukan di [[Wikipedia:Permintaan izin]]. Permintaan izin '''harus berbentuk surel (e-mail).''' Foto-foto stasiun juga diminta agar beresolusi tinggi. '''DILARANG KERAS MENGGUNAKAN FOTO YANG BERLISENSI PENGGUNAAN WAJAR ''FAIR USE''. HARUS DICARI GAMBAR BEBAS YANG EKUIVALEN.'''
* Berkas-berkas yang diunggah secara lokal di Wikipedia dapat [[WP:MTC|dipindahkan]] ke Wikimedia Commons.
* Artikel-artikel yang dibuat di atas tahun 2017 harus menyesuaikan ketentuan di atas.
* Artikel-artikel yang dibuat di atas tahun 2017 harus menyesuaikan ketentuan di atas.



Revisi per 24 Oktober 2019 03.45

Sub-ProyekWiki Stasiun kereta api ini bertujuan untuk menyediakan standar format artikel stasiun kereta api baik di Indonesia maupun dunia. Termasuk di dalamnya: stasiun metro, LRT, MRT, stasiun heritage, atau trem.

Peserta

Proyek yang dikaitkan

Struktur artikel

Judul artikel

Judul artikel harus diawali dengan kata-kata sebagai berikut:

  • "Stasiun" (untuk stasiun kereta api umum, selain dari yang disebutkan di bawah)
  • "Stasiun metro", "Stasiun LRT", "Stasiun trem", atau "Stasiun MRT" untuk stasiun-stasiun yang melayani angkutan cepat atau kereta api perkotaan
  • "Halte" (untuk halte kereta api, yaitu perhentian yang dijaga oleh sekurang-kurangnya satu orang petugas yang biasanya merangkap antara penjual tiket, PPKA, dan kepala halte, tanpa memiliki persinyalan)

Paragraf pembuka

Paragraf pembuka (3–4 paragraf) ini dapat berisi nama stasiun kereta api sesuai dengan yang ada dalam peta lintas, beserta nama lainnya (dapat dijelaskan di paragraf selanjutnya). Dapat juga menjelaskan letak administratif, daerah operasi, ketinggian, serta jenis layanan yang biasanya berhenti di stasiun ini. Pada kalimat pembuka, diawali dengan kata-kata, seperti, "Stasiun Yogyakarta adalah..." atau "Stasiun [LRT/MRT/metro] Asrama Haji adalah..."

Sebelum paragraf pembuka, adakalanya perlu didahului dengan kotak info. Gunakan:

Tubuh artikel

Informasi yang seharusnya ada (terutama pada stasiun kelas besar Indonesia) adalah sejarah stasiun, termasuk tanggal pengoperasian stasiun. Semua kejadian yang historis terkait stasiun kereta api tersebut juga disertakan. Di samping itu, tempat-tempat terdekat, antarmoda pendukung, atau insiden/kecelakaan, juga disertakan.

Insiden ditulis dalam poin-poin, asalkan referensi yang didapatkan hanya cukup untuk menjawab 5W+1H. Insiden wajib memiliki referensi sumber tepercaya yang bisa diverifikasi, tidak harus media nasional, tetapi media lokal juga bisa. Catatan penting: Jangan menghilangkan bagian itu jika referensinya sudah tidak diragukan lagi validitas dan notabilitasnya.

Tabel yang menampilkan jalur kereta api, serta layanan kereta api (terutama pada kereta api perkotaan dalam bentuk templat {{s-line}} atau yang lebih sederhana, {{stasiun berdekatan}}, beserta stasiun sebelum dan sesudahnya juga disertakan. Tidak lupa, khususnya untuk stasiun kereta api Indonesia, harap sertakan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api atau tabel persilangan dan persusulan antarkereta api.

Contoh sintaksis untuk kereta komuter (dalam hal ini KRL Commuter Line sebagai contoh)

Stasiun sebelumnya     Stasiun berikutnya
Templat:KRL Jabodetabek lines

Templat ini dipasang pada kotak info artikel. Pada beberapa kasus, templat ini juga dapat ditempatkan pada bagian dengan judul "Layanan kereta api."

Contoh sintaksis untuk jalur kereta api (prasarana perkeretaapian)

Stasiun sebelumnya   Lintas Kereta Api Indonesia   Stasiun berikutnya
Templat:KAI lines

Kepentingan dan kelayakan

Umum

Pastikan sebelum membuat artikel baru tentang stasiun kereta api baik, panduan mengenai kelayakan artikel harus dibaca terlebih dahulu. Jika sudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Jangan menggunakan gaya bahasa seperti panduan perjalanan. Termasuk dalam hal ini: penyertaan pernyataan mengenai tarif kereta api, hotel terdekat, nomor telepon penting, nomor telepon stasiun/hotel/atau pengaduan layanan, atau tarif angkutan lanjutan/moda transportasi terkait (sebenarnya dapat juga digunakan Wikivoyage, tetapi saat ini versi bahasa Indonesia untuk Wikivoyage belum tersedia, masih masuk Incubator).
  • Tidak semua stasiun boleh dibuatkan artikelnya. Silakan kembangkan artikel stasiun yang sudah pernah ada sebelumnya dengan menyertakan sumber pihak ketiga (apa pun kejadiannya) serta independen terhadap subjek. Untuk artikel baru, pastikan sudah ada sumber-sumber pihak ketiga yang pernah membahas mengenai stasiun ini.
  • Sertakan peta rute dan diagram lintasan stasiun (opsional).
  • Jadwal sebaiknya tidak diubah saat hari-H perubahan. Misalnya, jika kereta api Argo Cheribon memang dipastikan diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 2019, jangan menyunting artikel bertopik stasiun tempat pemberhentian KA Argo Cheribon pada tanggal sebelum 16.
  • Suntingan yang tidak memiliki kepentingan apa pun dan/atau tidak memiliki referensi wajib dikembalikan.

Ketentuan berkas

  • Sertakan foto SATU BANGUNAN UTUH STASIUN (WAJIB). Terutama untuk stasiun kereta api nonaktif, foto stasiun setidaknya bisa membuktikan seperti apakah wajah stasiun ini pada kondisi sekarang, atau pada masa lampau selama stasiun ini masih aktif. Silakan jelajahi Wikimedia Commons untuk mencari gambar-gambar stasiun yang tersedia. Atau, unggah sendiri di halaman pengunggahannya.
  • Cari foto yang tersedia di Wikimedia Commons.
  • Unggah foto yang MURNI hasil karya Anda sendiri. Gunakan Upload Wizard.
  • Dilarang menggunakan foto orang lain dan screenshot dari penyedia media mengalir tanpa izin. Jika terpaksa, tunjukkan bukti izin Anda di Wikipedia:Permintaan izin. Untuk pengunggah di Commons, gunakan OTRS.
  • Foto-foto zaman dahulu dianggap sebagai domain publik, karena masa berlaku hak ciptanya hanyalah 50 tahun setelah dipublikasi (Pasal 59 ayat 2 UU 28/2014). Hal ini terpaksa harus dilakukan jika tidak ada foto yang relevan dari Tropenmuseum, Nationaal Archief, atau KITLV.
  • Tidak disarankan menggunakan foto dengan resolusi terlalu rendah. Sebaiknya gunakan foto dengan rasio 4:3 dengan panjang tidak kurang dari 1.000 piksel, dengan format JPG dan EXIF jangan sampai hilang.

Kepentingan stasiun

Kepentingan stasiun ditentukan menurut jumlah referensi serta kelas stasiun tersebut.

Kelas stasiun Jumlah sumber tepercaya Kepentingan
Besar >10 P
≤10 CP
I >10 P
≤10 CP
II >10 CP
≤10 KP
III >10 CP
≤10 KP
Halte >10 KP
≤10 KP

Layakkah subjek dibuatkan artikel?

Penentuan kelayakan artikel ditentukan berdasarkan data lapangan, jumlah referensi, keberadaan bangunan stasiun, serta ada ketersediaan dokumentasi untuk stasiun tersebut.

Status Keberadaan bangunan Jumlah referensi Dokumentasi Layak? Keterangan
Aktif Ada Banyak Ada Layak
Kurang Ada, minim, ataupun tidak ada Layak Silakan bantu menambahkan referensi dan/atau dokumentasi foto untuk stasiun ini.
Nonaktif Ada Cukup atau minim Cukup Sebagai rintisan Silakan dikembangkan, atau ditandai sebagai rintisan.
Tidak ada Cukup atau minim Cukup Sebagai rintisan
Tidak ada Minim Sangat kurang, atau tidak ada Tidak layak Harus dihapus.

Contoh sintaksis

Seluruh dunia

[Nama stasiun] adalah [stasiun kereta api/MRT/LRT/metro] yang terletak di 
[kota/daerah] dan melayani rute [nama layanan kereta api]. [Informasi lain disertakan
di sini, seperti jenis, kelas, situasi, dan lain-lain...]

Stasiun ini beralamat [alamat].  [Lokasi relatif juga disebutkan seperti apakah dekat
dengan perkantoran, pasar, kampus, atau tempat lain]. Stasiun ini mulai beroperasi pada
[tanggal].

==Sejarah==
[Paragraf sejarah kereta api ditempatkan di sini]

==Tempat terdekat==
* [Daftar tempat terdekat]

Indonesia (KAI)

[Nama stasiun] (singkatan stasiun) adalah stasiun kereta api [kelas stasiun] yang terletak di 
[kota/daerah]. Stasiun yang terletak pada ketinggian [ketinggian mdpl] ini termasuk dalam [Daop/Divre]
[Informasi lain disertakan di sini, seperti jenis, kelas, situasi, dan lain-lain...]

==Sejarah==
[Paragraf sejarah kereta api ditempatkan di sini]

==Bangunan dan tata letak==
[Paragraf mengenai situasi, diagram lintasan stasiun, jumlah jalur, dan arsitektur stasiun ditaruh di sini]

==Layanan kereta api==
* [Diisi seperti ini, sebut nama, kemudian relasi perjalanan dan via]

==Jadwal kereta api==
Berikut ini adalah jadwal kereta api yang berhenti di [nama stasiun] '''per [tanggal] (berdasarkan Gapeka
[tahun gapeka]).'''
{|class="wikitable sortable"
! No. KA !! KA !! Tujuan !! Kelas !! Tiba !! Berangkat
|-
| [nomor] || [nama KA] || [tujuan] || [kelas] || [tiba] || [berangkat] dst. (pengurutan berdasarkan waktu kedatangan)
|}

==Insiden==
[diisi dengan daftar insiden yang pernah terjadi]

==Antarmoda pendukung==
{|class="wikitable sortable"
! Jenis angkutan umum !! Trayek/rute !! Tujuan
|-
| [nama angkutan umum] || [trayek] || [tujuan]
|}


Ketentuan peralihan

  • Artikel-artikel yang dibuat sebelum tahun 2017 harus menyesuaikan dengan ketentuan di atas dengan menambahkan referensi serta foto-foto terkini untuk meningkatkan kualitas artikel tersebut.
  • Foto-foto stasiun harus berlisensi bebas (CC-BY-SA 3.0 ke atas atau GNU GFDL), boleh digunakan kembali untuk tujuan apa pun, termasuk komersial, dan disarankan dibuat di atas tahun 2020. Apabila menggunakan karya orang lain, harus ada pernyataan izin. Permintaan izin bisa diajukan di Wikipedia:Permintaan izin. Permintaan izin harus berbentuk surel (e-mail). Foto-foto stasiun juga diminta agar beresolusi tinggi. DILARANG KERAS MENGGUNAKAN FOTO YANG BERLISENSI PENGGUNAAN WAJAR FAIR USE. HARUS DICARI GAMBAR BEBAS YANG EKUIVALEN.
  • Berkas-berkas yang diunggah secara lokal di Wikipedia dapat dipindahkan ke Wikimedia Commons.
  • Artikel-artikel yang dibuat di atas tahun 2017 harus menyesuaikan ketentuan di atas.

Sumber-sumber daya yang dapat digunakan

Perkakas

Main tool page: toolserver.org
  • Reflinks – untuk menyunting referensi mentah menjadi lengkap – seperti menambahkan judul, tanggal akses, dll.
  • Checklinks – untuk menyunting atau memperbaiki pranala luar
  • Dab solver – untuk mengatasi pranala ambigu dengan cepat.
  • Peer reviewer – untuk menyediakan petunjuk dalam mengembangkan artikel.