Aksan Sjuman: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ah madsufi (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Ah madsufi (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 30: Baris 30:
== Karier musik ==
== Karier musik ==
=== Sebelum di Dewa 19 ===
=== Sebelum di Dewa 19 ===
Selama ia menekuni kuliah di bidang musik di [[Jerman]], Wong Aksan bersama beberapa teman sekolahnya dari lintas negara membentuk grup musik bernama "Chicken Takes Time" pada tahun 1993. Fokus dari grup musik Aksan ialah ke beberapa festival-festival tertentu. Namun setelah Wong Aksan menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke [[Indonesia]], nasib dari grup musik ini pun menjadi tidak jelas dan sisa anggotanya memutuskan untuk membubarkannya pada saat itu, tanpa menelurkan karya satupun.
Selama ia menekuni kuliah di bidang musik di [[Jerman]], Wong Aksan bersama beberapa teman sekolahnya dari lintas negara membentuk grup musik bernama "Chicken Takes Time" pada tahun 1993. Fokus dari grup musik ini ialah ke beberapa festival-festival tertentu. Namun setelah Wong Aksan menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke [[Indonesia]], nasib grup musik ini pun menjadi tidak jelas dan sisa anggotanya memutuskan untuk membubarkan diri pada saat itu, tanpa sempat menelurkan karya satupun.


=== Dewa 19 ===
=== Dewa 19 ===
Dari sinilah nama Aksan Sjuman lebih dikenal menjadi Wong Aksan. Ia bergabung sebagai drummer grup musik pop rock [[Dewa 19]] setelah album ''[[Terbaik Terbaik]]'' (1995) selesai. Penambahan Panggilan Wong di depan nama Aksan terkesan untuk mengisi kekosongan huruf W di inisial Dewa, di mana W sebelumnya merujuk kepada nama Wawan Juniarso, drumer dewa sebelumnya. (Dewa diambil dari inisial nama personilnya yaitu Dhani Ahmad, Erwin Prasetya, Wong Aksan, Andra Ramadhan & Ari Bernardus Lasso). Drummer pertama Dewa 19, Wawan Juniarso keluar dari Dewa 19 setelah album kedua [[Format Masa Depan]] (1994) dirilis. Sebelum Wong Aksan bergabung, posisi drummer Dewa 19 diisi oleh additional player yaitu [[Ronald Fristianto]] - eks drummer GIGI, Evo & DR.PM dan [[Rere Reza]] - eks drummer Grass Rock, Yovie and Nuno, Blackout & ADA Band. Namun setelah menyelesaikan pembuatan album ''[[Pandawa Lima]]'' (1997), pada tanggal 4 Juni 1998 Aksan dikeluarkan dari Dewa 19, rumor beredar alasan dikeluarkannya Aksan sebab pukulan drumnya dinilai mengarah ke musik [[jazz]]. Belakangan dikonfirmasi oleh mantan vokalis Dewa 19 Ari Lasso sendiri dalam sebuah interview bahwa alasan pemecatan Wong Aksan oleh Ahmad Dhani bukan karena perbedaan warna musik tetapi alasan kompleks yang Ari sendiri tidak ingin membeberkan.<ref>[http://www.dewa19.com/sejarah/ History of Dewa], diakses 30 Oktober 2007
Dari sinilah nama Aksan Sjuman lebih dikenal menjadi Wong Aksan. Ia bergabung sebagai [[drummer]] grup musik pop rock [[Dewa 19]] setelah album ''[[Terbaik Terbaik]]'' (1995) selesai. Penambahan panggilan "Wong" di depan nama Aksan dimaksudkan untuk mengisi kekosongan huruf W di inisial Dewa, dimana W sebelumnya merujuk kepada nama Wawan Juniarso, drummer dewa sebelumnya. (Dewa diambil dari inisial nama personilnya yaitu Dhani Ahmad, Erwin Prasetya, Wong Aksan, Andra Ramadhan, dan Ari Lasso). Drummer pertama Dewa 19, Wawan Juniarso, keluar dari grup setelah album kedua [[Format Masa Depan]] (1994) dirilis. Sebelum Aksan bergabung, posisi drummer Dewa 19 sempat diisi oleh additional player yaitu [[Ronald Fristianto]] - eks drummer GIGI, Evo, dan DR.PM dan [[Rere Reza]] - eks drummer Grass Rock, Yovie and Nuno, Blackout, dan ADA Band.
Namun setelah menyelesaikan pembuatan album ''[[Pandawa Lima]]'' (1997), pada tanggal 4 Juni 1998, Aksan dikeluarkan dari Dewa 19. Rumor yang beredar alasan dikeluarkannya Aksan sebab pukulan drumnya dinilai mengarah ke musik [[jazz]]. Belakangan saat dikonfirmasikan kepada mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso, dalam sebuah interview bahwa alasan pemecatan Aksan oleh Ahmad Dhani bukan karena perbedaan warna musik tetapi alasan yang kompleks yang Ari sendiri tidak ingin membeberkan.<ref>[http://www.dewa19.com/sejarah/ History of Dewa], diakses 30 Oktober 2007


[https://www.youtube.com/watch?v=LFFNTqoefiY #NGOBAM ARI LASSO | Durasi Hampir 2 Jam!]</ref>
[https://www.youtube.com/watch?v=LFFNTqoefiY #NGOBAM ARI LASSO | Durasi Hampir 2 Jam!]</ref>
Posisi Wong Aksan digantikan oleh [[Gabriel Bimo Sulaksono]] - eks Netral, Ahmad Band dan Romeo. Namun kehadiran Bimo di Dewa 19 hanya sebentar, posisi drum kemudian diisi oleh [[Tyo Nugros]].
Posisi Aksan kemudian digantikan oleh [[Gabriel Bimo Sulaksono]] - eks Netral, Ahmad Band, dan Romeo. Namun kehadiran Bimo di Dewa 19 hanya sebentar, posisi drum kemudian diisi oleh [[Tyo Nugros]].


=== Potret ===
=== Potret ===
Saat ini Aksan adalah drummer dari grup musik [[Potret (grup musik)|Potret]]. Aksan bergabung dengan Potret di album kompilasi [[From Dawn to Beyond]] - The Best of Potret (2001) menggantikam drummer sebelumnya, Arie Ayunir.
Saat ini Aksan adalah drummer dari grup musik [[Potret (grup musik)|Potret]]. Aksan bergabung dengan Potret di album kompilasi [[From Dawn to Beyond]] - The Best of Potret (2001) menggantikam drummer sebelumnya, Arie Ayunir.

Sebenarnya Aksan pernah sempat bergabung di Potret sebagai additional player pada sekitar 1998-1999 sesaat setelah dia dikeluarkan dari Dewa. Dan kini Aksan telah menjadi personil tetap di Potret.


== Kehidupan pribadi ==
== Kehidupan pribadi ==

Revisi per 24 Oktober 2019 03.44

Aksan Sjuman
Pekerjaanpemusik, penata musik, aktor
Tahun aktif1994 - sekarang

Sri Aksana Sjuman (EYD: Sri Aksana Syuman; lahir 22 September 1970), yang lebih dikenal dengan nama Wong Aksan atau Aksan Sjuman, adalah seorang musikus dan penata musik untuk film asal Indonesia. Ia juga adalah putra dari sutradara legendaris Indonesia, Sjuman Djaja, dari perkawinannya dengan Farida Oetoyo.

Karier musik

Sebelum di Dewa 19

Selama ia menekuni kuliah di bidang musik di Jerman, Wong Aksan bersama beberapa teman sekolahnya dari lintas negara membentuk grup musik bernama "Chicken Takes Time" pada tahun 1993. Fokus dari grup musik ini ialah ke beberapa festival-festival tertentu. Namun setelah Wong Aksan menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke Indonesia, nasib grup musik ini pun menjadi tidak jelas dan sisa anggotanya memutuskan untuk membubarkan diri pada saat itu, tanpa sempat menelurkan karya satupun.

Dewa 19

Dari sinilah nama Aksan Sjuman lebih dikenal menjadi Wong Aksan. Ia bergabung sebagai drummer grup musik pop rock Dewa 19 setelah album Terbaik Terbaik (1995) selesai. Penambahan panggilan "Wong" di depan nama Aksan dimaksudkan untuk mengisi kekosongan huruf W di inisial Dewa, dimana W sebelumnya merujuk kepada nama Wawan Juniarso, drummer dewa sebelumnya. (Dewa diambil dari inisial nama personilnya yaitu Dhani Ahmad, Erwin Prasetya, Wong Aksan, Andra Ramadhan, dan Ari Lasso). Drummer pertama Dewa 19, Wawan Juniarso, keluar dari grup setelah album kedua Format Masa Depan (1994) dirilis. Sebelum Aksan bergabung, posisi drummer Dewa 19 sempat diisi oleh additional player yaitu Ronald Fristianto - eks drummer GIGI, Evo, dan DR.PM dan Rere Reza - eks drummer Grass Rock, Yovie and Nuno, Blackout, dan ADA Band.

Namun setelah menyelesaikan pembuatan album Pandawa Lima (1997), pada tanggal 4 Juni 1998, Aksan dikeluarkan dari Dewa 19. Rumor yang beredar alasan dikeluarkannya Aksan sebab pukulan drumnya dinilai mengarah ke musik jazz. Belakangan saat dikonfirmasikan kepada mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso, dalam sebuah interview bahwa alasan pemecatan Aksan oleh Ahmad Dhani bukan karena perbedaan warna musik tetapi alasan yang kompleks yang Ari sendiri tidak ingin membeberkan.[1] Posisi Aksan kemudian digantikan oleh Gabriel Bimo Sulaksono - eks Netral, Ahmad Band, dan Romeo. Namun kehadiran Bimo di Dewa 19 hanya sebentar, posisi drum kemudian diisi oleh Tyo Nugros.

Potret

Saat ini Aksan adalah drummer dari grup musik Potret. Aksan bergabung dengan Potret di album kompilasi From Dawn to Beyond - The Best of Potret (2001) menggantikam drummer sebelumnya, Arie Ayunir.

Sebenarnya Aksan pernah sempat bergabung di Potret sebagai additional player pada sekitar 1998-1999 sesaat setelah dia dikeluarkan dari Dewa. Dan kini Aksan telah menjadi personil tetap di Potret.

Kehidupan pribadi

Aksan menikah dengan Titi Handayani Rajo Bintang yang lebih dikenal dengan Titi Sjuman, pada hari Minggu, 15 Agustus 2004, di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Prosesi lamarannya sendiri sudah dilangsungkan pada Tahun Baru 2004. Banyak yang menyangsikan keseriusan mereka karena perbedaan usia yang cukup jauh, Aksan lahir 22 September 1970, sedangkan Titi lahir 10 Februari 1981.[2] Aksan bercerai dari Titi pada 7 Maret 2013.

Diskografi

Bersama Dewa 19
Bersama Potret

Ilustrasi Musik Film

Filmografi

Iklan

Pranala luar

Referensi