Kandela: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
Baris 31: Baris 31:


{{Satuan SI}}
{{Satuan SI}}

{{Authority control}}

{{satuan-stub}}
{{satuan-stub}}



Revisi per 5 Oktober 2019 14.09

Kandela
Informasi umum
Satuan dasar SI
BesaranIntensitas cahaya
Simbolcd
Konversi
1 cd dalam ...... sama dengan ...
   international candle   0.981 cp
   Hefner Kerze   1.11 HK

Kandela (simbol: cd; dibaca [kandela]) adalah unit SI yang mengukur intensitas cahaya, yaitu daya berluminositas per satuan sudut ruang yang dipancarkan oleh titik sumber cahaya dalam arah tertentu. Kata kandela berarti "lilin" (bahasa Latin: candela; Inggris: candle).

Definisi

Konferensi Umum untuk Ukuran dan Timbangan (CGPM) ke-26 mendefinisikan ulang kandela pada tahun 2018.[1] Definisi baru, yang berlaku per tanggal 20 Mei 2019, yaitu:

Kandela [...] dijabarkan dengan mengambil nilai numerik tetap dari efikasi cahaya dari frekuensi radiasi monokromatik 540×1012 Hz, Kcd, sebesar 683 ketika dinyatakan dalam satuan lm⋅W−1, yang sama dengan cd⋅sr⋅W−1, atau cd⋅sr⋅kg−1⋅m−2⋅s3, di mana kilogram, meter dan detik dijabarkan dalam h, c dan ΔνCs.

Definisi ini menggambarkan bagaimana cara menghasilkan sumber cahaya yang per definisi memancarkan satu kandela. Sumber semacam itu kemudian dapat digunakan untuk mengkalibrasi alat-alat atau instrumen yang didesain untuk mengukur intensitas cahaya.

Referensi

  1. ^ "Convocation of the General Conference on Weights and Measures (26th meeting)" (pdf). Versailles: Bureau International des Poids et Mesures. 13 November 2018.