Masjid Agung Mamuju: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 15: Baris 15:
|dome_quantity =
|dome_quantity =
|dome_height_outer =
|dome_height_outer =
|minaret_quantity =
|minaret_quantity = 4
|minaret_height =
|minaret_height =
}}
}}

Revisi per 23 September 2019 05.50

Masjid Agung Mamuju
Berkas:Mesjid-raya-mamuju.jpg
Masjid Agung Mamuju
Agama
AfiliasiIslam
Lokasi
LokasiKota Mamuju, Sulawesi Barat
Arsitektur
TipeMasjid
Rampung2009
Spesifikasi
Kapasitas3000
Menara4

Masjid Agung Mamuju adalah sebuah masjid yang terdapat di Kota Mamuju Sulawesi Barat. Masjid ini memiliki 4 menara setinggi 75 meter. Masjid yang bernama asli Masjid Syuhada ini selesai dibangun dan mulai digunakan pada Bulan Ramadhan 2009.

Lokasi

Masjid Agung Mamuju atau Masjid Syuhada terletak di pusat Kota Mamuju, tepatnya di Jalan KH Abdul Ahadi, Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Deskripsi

Bangunan Masjid Agung Mamuju cukup besar dan dapat menampung lebih dari 10.000 jamaah. Terdapat dua lantai pada bangunan Masjid Agung Mamuju. Lantai pertama digunakan untuk berbagai fasilitas pendukung, seperti perpustakaan, Taman Pendidikan Alquran (TPA), Islamic Centre, tempat wudhu, dan sebagai tempat untuk pelaksanaan acara-acara keagamaan. Sedangkan untuk tempat sholat berjamaah disediakan ruang yang luas di lantai kedua.

Kubah masjid yang berjumlah tujuh buah merepresentasikan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi. Di bawah kubah induk tertera 25 nama nabi dan rasul. Nama-nama ini dibuat dari bahan kaca patri. Untuk menuju ruang ibadah utama, pengunjung harus memiliki tangga yang dilingkup oleh relung tembok. Masjid memiliki 33 anak tangga di tiga penjurunya. Jumlah 99 anak tangga tersebut memberi makna jumlah tasbih.

Hal yang istimewa di Masjid Agung Mamuju adalah terdapatnya kaligrafi yang terbuat dari emas murni dengan kandungan 22 karat yang diletakkan di atas mimbar. Kaligrafi yang bertuliskan “Allah” dan “Muhammad” itu memiliki diameter sekitar 170 cm. Selain itu terdapat juga sejumlah kaligrafi lain yang dipasang di bagian plafon masjid. Berbagai ornamen dan bagian-bagian bangunan masjid juga semakin menambah kesan cantik pada masjid ini karena dihiasi dengan cat yang berwarna-warni.

Masjid Agung Mamuju menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam di Kota Mamuju. Suasana yang ramai dan meriah akan tampak ketika bulan Ramadhan tiba. Masjid ini tidak akan pernah sepi dari berbagai kegiatan atau agenda yang berhubungan dengan aktivitas di bulan Ramadhan, dari berbuka puasa bersama, salat tarawih, tadarus, dan lain sebagainya

Pranala luar