Dopamin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 33: Baris 33:
}}
}}
}}
}}
'''Dopamin''' ({{lang-en|dopamine, prolactin-inhibiting factor, prolactin-inhibiting hormone, prolactostatin, PIF, PIH}}, singkatan dari 3,4-dihydroxyphenethylamine) adalah salah satu senyawa kimia organik berasal dari keluarga [[katekolamin]] dan [[fenetilamina]]. Dopamin berfungsi sebagai [[hormon]] dan [[neurotransmiter]] dan mempunyai peran pentik di dalam tubuh dan otak. Dopamin adalah senyawa [[amina]] yang disintesis dengan memindahkan gugus [[Asam alkanoat|karboksil]] dari senyawa [[prekursor]] [[L-DOPA]], yang disintesis di dalam otak dan ginjal.
'''Dopamin''' ({{lang-en|dopamine, prolactin-inhibiting factor, prolactin-inhibiting hormone, prolactostatin, PIF, PIH}}, singkatan dari 3,4-dihydroxyphenethylamine) adalah salah satu senyawa kimia organik berasal dari keluarga [[katekolamin]] dan [[fenetilamina]]. Dopamin berfungsi sebagai [[hormon]] dan [[neurotransmiter]] dan mempunyai peran penting di dalam tubuh dan otak. Dopamin adalah senyawa [[amina]] yang disintesis dengan memindahkan gugus [[Asam alkanoat|karboksil]] dari senyawa [[prekursor]] [[L-DOPA]], yang disintesis di dalam otak dan ginjal.


Di dalam otak berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata, dopamin adalah sejenis ''[[neurotransmiter]]'' (zat yang menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain).
Di dalam otak berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata, dopamin adalah sejenis ''[[neurotransmiter]]'' (zat yang menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain).

Revisi per 9 September 2019 11.01

Dopamin
Nama
Nama IUPAC
4-(2-aminoetil)benzena-1,2-diol
Nama lain
2-(3,4-dihidroksifenil)etilamina;
3,4-dihidroksifenetilamina;
3-hidroksitiramina; DA; Intropin; Revivan; Oksitiramina
Penanda
Model 3D (JSmol)
3DMet {{{3DMet}}}
ChemSpider
Nomor EC
Nomor RTECS {{{value}}}
  • C1=CC(=C(C=C1CCN)O)O
Sifat
C8H11NO2
Massa molar 153,18 g/mol
Titik lebur 128 °C (262 °F; 401 K)
60,0 g/100 ml
Bahaya
Frasa-S S26 S36
Kecuali dinyatakan lain, data di atas berlaku pada suhu dan tekanan standar (25 °C [77 °F], 100 kPa).
YaY verifikasi (apa ini YaYN ?)
Referensi

Dopamin (Inggris: dopamine, prolactin-inhibiting factor, prolactin-inhibiting hormone, prolactostatin, PIF, PIH, singkatan dari 3,4-dihydroxyphenethylamine) adalah salah satu senyawa kimia organik berasal dari keluarga katekolamin dan fenetilamina. Dopamin berfungsi sebagai hormon dan neurotransmiter dan mempunyai peran penting di dalam tubuh dan otak. Dopamin adalah senyawa amina yang disintesis dengan memindahkan gugus karboksil dari senyawa prekursor L-DOPA, yang disintesis di dalam otak dan ginjal.

Di dalam otak berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata, dopamin adalah sejenis neurotransmiter (zat yang menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain).

Dopamin adalah juga suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus. Fungsi utamanya sebagai hormon adalah menghambat pelepasan prolaktin dari kelenjar hipofisis.

Dopamin yang berlebihan dapat menyebabkan skizofrenia dan bila kekurangan dapat menyebabkan penyakit Parkinson.[1]

Sintesis

Dopamin disintesis dari asam amino tirosin, yang dibawa ke otak melalui mekanisme transpor aktif. Tirosin diproduksi di hati dari fenilalanin dengan bantuan enzim fenilalanin hidroksilase. Tirosin kemudian diangkut ke neuron yang mengandung dopamin di mana serangkaian reaksi mengubahnya menjadi dopamin. [2] Dopamin merupakan perantara bagi biosintesis hormon adrenalin dan noradrenalin.


Referensi

  1. ^ Efek Dopamin Pada Otak Anda
  2. ^ Ayano G. (2016). "Dopamine: Receptors, Functions, Synthesis, Pathways, Locations and Mental Disorders: Review of Literatures" (PDF). 2 (2): 1–4.  line feed character di |title= pada posisi 67 (bantuan)

Pranala luar